
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348

SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
7.1 Membaca QS Ali
Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
|
Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü
Tatap muka
Guru
- Menjelaskan
tata cara membaca dengan fasih Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menjelaskan identifikasi tajwid Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S.Ali Imran : 159 dan
QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas Terstruktur
-
Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
- izhar safawi
- ikhfa’ safawi
- idgham mimi
|
·
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
·
Mampu
mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
|
Tugas
Individu
|
Praktek membaca Alqur’an
|
Membuat resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Kerja
Keras, Mandiri, Rasa Ingin
Tahu, Gemar Membaca, Peduli
Tanggung-jawab
|
||
7. .2 Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menerjemahkan Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas
Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis
bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati bertemu huruf hijaiyyah.
|
Mampu menyebutkan arti Q.S.Ali Imran : 159
dan QS. Asy-Syura : 38
Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali
Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Mandiri,
Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca,
Tanggung-jawab
|
||
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS
Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
- Mengidentifikasikan
perilaku hiduo demokratis
- Mempraktikkan perilaku demokratis sesuai QS. Ali
Imran 159 dan QS. Asyura: 38
- Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku demokratis
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku demokratis dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
· Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
· Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.

SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348

SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akidah
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
.8. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
Beriman kepada
Malaikat :
Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.
|
ü
Tatap muka
Guru
-Menjelaskan pengertian
beriman pada malaikat
-Menjelaskan tanda-tanda beriman pada
malaikat
ü
Tugas Terstruktur
-
Mengumpulkan ayat
tentang beriman pada malaikat
Tugas
Mandiri
-Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun
iman
- Menyebutkan sepuluh malaikat beserta tugasnya
|
·
Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
|
Tugas
Individu
|
Membaca Alqur-anl
|
Membaca Alqur-an tentang beriman pada malaikat
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
8.2
Menampilkan contoh-contoh
perilaku beriman kepada Malaikat
|
Beriman kepada
Malaikat :
Contoh-contoh
perilaku beriman kepada malaikat
|
ü Tatap Muka
Guru
-Menjelaskan contoh – contoh perilaku beriman pada
malaikat
Menampilkan contoh perilaku beriman pada malaikat
ü
Tugas
Terstruktur
- Menyimpulkan kandungan ayat tentang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun iman
-
- Meresume contoh perilaku
beriman pada malaikat
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume ayat tentang beriman pada malaikat
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
8.3
Menampilkan perilaku
sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
-
Mengidentifikasi perilaku beriman pada malaikat
-
Memberikan contoh perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan dan mereview
perilaku sebagai orang yang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku beriman pada malaikat
dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
- Mengkliping tentang perilaku beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata
melalui media cetak dan internet
|
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.

SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
![]() |
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
9.1
Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu.
|
Pengertian:
Adab
dalam berpakaian.
Adab dalam berhias
Adab
dalam perjalanan
Adab
dalam bertamu dan menerima tamu
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan tentang Pengertian Adab dalam berpakaian. Adab dalam berhias Adab dalam
perjalanan, Adab dalam bertamu dan menerima tamu
Tugas
terstruktur :
ü
-Menyimpulkan tentang
pengertian berpakaian islami, adab perjalanan dan bertamu serta menerima tamu
ü
Tugas
Mandiri :
ü
-Mengumpulkan klippig
tentang berpakaian islami, adab perjalanan, bertamu dan menerima tamudan
pendapatnya masing-masing
|
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Menyebutkan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, , Kreatif, Mandiri,
Bersahabat/Komuniktif, Peduli Lingkungan,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
|
Contoh-contoh adab dalam :
berpakaian
berhias,
perjalanan
bertamu atau menerima tamu.
|
ü Tatap Muka
Guru
-Menampilkan contoh-contoh perilaku
beriman kepada Malaikat
ü
Tugas
Terstruktur
Menjelaskan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, brtamu dan
menerima tamu.
Tugas Mandiri
-Mengumpulkan contoh kisah nyata tentang bepakaian islami
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume tata cara bertahias, berpakaian, bertamu dan
menerima tamu
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
9.3
Mempraktikkan adab
dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari
|
Praktik adab dalam:
Berpakaian
Berhias
Perjalanan
Bertamu dan atau
menerima tamu.
|
ü Tatap Muka
Guru
- Mempraktikkan adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang cerminzn praktek dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang
perilaku berpakaian, berhias, brtamu
dan menerima tamu dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·
Mampu
mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.


SUNAN DJA’FAR SHADIQ
TERAKREDITASI A
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
![]() |
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
10.
Menghindari Perilaku Tercela
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
10.1
Menjelaskan pengertian
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
|
Perilaku Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian Aniaya
Pengertian Diskriminasi.
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
Tugas
Terstruktur
-Mengumpulkan
macam- macam perilaku tercela
Tugas
Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan
membuat daftar sifat – sifat tercela
|
·
Mampu
menjelaskan pengertian hasad
·
Mampu
menjelaskan pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian diskriminasi
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Menyebutkan bahaya sifat tercela
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab, Rasa Ingin Tahu,
|
||
.10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
|
Contoh-contoh
perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
diskriminasi
|
ü Tatap Muka
Guru
- Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
ü
Tugas
Terstruktur
Menyebutkan contoh perilaku hasad,
riya, aniaya dan diskriminasi
Tugas mandiri
-Mengumpulkan macam-macam sifat tercela selain tersebut
di atas
|
.
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume macam-macam sifat tercela selain tersebut di
atas
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin
Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
.Menghindari perilaku
hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi
|
ü Tatap Muka
Guru
Menghindari perilaku hasad,
riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang bahaya perilaku hasad, riya, aniaya,
dan diskriminasi dan menghindarinya
Tugas mandiri
-Mengkliping tentang
perilaku hasad, riya’ aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu
menghindari perilaku hasad.
·
Mampu
menghindari perilaku riya.
·
Mampu
menghindari perilaku aniaya.
·
Mampu
menghindari perilaku diskriminasi.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Mandiri,
Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli
Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.

SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348

SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Fikih
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
11. . Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkronisasi antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf
|
Perundang-undangan
tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf
ü
Tugas Terstruktur
-Mengumpulkan kitab undang-undang tentang zakat, haji an
wakaf
ü
Tugas
mandiri
-Peserta didik ditugasi mencari data tentang pengelolan
zakat, haji dan wakaf
|
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Perundangan-undangan tentang zakat, haji dan wakaf
|
2
jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
yang relevan.
- Buku UU tentang
zakat dan wakaf
|
Religius, Disiplin, Kerja
Keras, Kreatif, Mandiri,
Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
.11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan
wakaf
|
Contoh-contoh
pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.
|
ü Tatap Muka
Guru
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
ü
Tugas
Terstruktur
ü
--Mencari data tentang pengelola zakat, pengelola haji,
dan pengelola wakaf di daerah tempat tinggal
Tugas mandiri
-Mengumpulkan data pengelola zakat, haji dan wakaf di
desa, kecamatan dan kabupaten
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Survey tempat pengelolaan zakat, haji dan wakaf
|
1 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
yang relevan.
- Buku UU tentang
zakat dan wakaf
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Semangat
Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
11.3
Menerapkan ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
Ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf
|
ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan
penerapan perundang-undangan zakat, haji dan wakaf
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang perlunya perundang-undangan zakat,
haji dan wakaf
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang
penerapan ketentuan perundang-undangan pengelolaan zakat, haji dan wakaf
dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
1 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.

SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
![]() |
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Tarikh
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
12.
Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat
periode Madinah
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode
Madinah
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
-
Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
ü Tatap muka
Guru
Menceritakan sejarah dakwah
Rasulullah periode Madinah
Tugas
Terstruktur
-Mengumpulkan
bacaan sejarah tentang dakwah Rasul periode Madinah
Tugas Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan
meresume sejarah dakwah Rasul periode Madinah
|
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Megumpulkan sejarah dakwah Rasul periode Madinah
|
2
jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, ,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
12.2
Mendeskripsikan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode
Madinah
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
-
Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
ü Tatap Muka
Guru
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
ü
Tugas
Terstruktur
Meneladani Rasul dan strategi
dakwahperiode Madinah
Tugas mandiri
-Mengkliping
strategi dakwah Rasul periode Madinah dari sumber yang ada
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Keteladanan Rasul dan strategi dakwah periode Madinah
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan.
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, ,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS
dan PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkrantar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
1.1
Membaca
QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
|
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S.
Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
|
ü Tatap muka
Guru
- Menjelaskan tata cara membaca
dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
- Menjelaskan identifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
- Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S Al-Baqoroh
30, Q.S Al-Mukminun 12-14, Q.S Al-Nahl 78
ü Tugas Terstruktur
- Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar
Halqi
b. Idgham
Bighunnah
c. Idgham
Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’
|
· Membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat:
56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
· Mengidentifikasikan tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14;
56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
· Mempraktekkan
bacaan Tajwid.
- Q.S. Al-Baqarah;
30
- Q.S. Al-Mukminun;
12-14
- Q.S. Az-Zariyat;
56
- Q.S. An Nahl: 78
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
1.2
Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
|
ü
Tatap Muka
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
- Menerjemahkan Q.S. Almukminun;
12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl:78
- Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
ü Tugas Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait
dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.
|
· Mengartikan per-kata Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
· Mengartikan per-ayat Q.S. Almukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An Nahl: 78
· Menerjemahkan Q.S. Almukminun;
12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
· Menyimpulkan isi
kandungan
- QS. Al-Baqarah;
30
- Q.S. Al-Mukminun;
12-14
- Q.S. Az-Zariyat;
56
- Q.S. An Nahl: 78
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
1.3
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di
bumi seperti terkandung dalam QS Al
Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
· QS. Al-Baqarah;
30
· QS. Al-Mukminun;
12-14
·
QS. Az-Zariyat; 56
QS. An
Nahl; 78
|
ü Tatap
Muka
Guru
- Mengidentifikasikan perilaku
Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
- Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
- Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku sebagai khalifah
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan nyata
melalui media cetak atau Internet.
|
· Mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Quran
tentang keikhlasan dalam beribadah.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
SinkroSK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
2.1
Membaca QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan tata cara
membaca dengan fasih Q.S. Al-An’am;
162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Menjelaskan
identifikasi tajwid Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S.
Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
ü Tugas Terstruktur
- Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar
Halqi
b. Idgham
Bighunnah
c. Idgham
Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’
|
·
Membaca
QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar.
·
Mengidentifikasikan tajwid Q.S.
Al-An’am; 162-163
Q.S.
Al-Bayyinah: 5
·
Mempraktekkan bacaan Tajwid.
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S.
Al-Bayyinah: 5
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
2.2 Menyebutkan arti QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan arti perkata Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
- Menerjemahkan Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü Tugas Terstruktur
- - Menyimpulkan Kandungan Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait
dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.
|
· Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
· Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
· Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS
Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü Tatap
Muka
Guru
Mengidentifikasikan
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai Q.S. Al-An’am;
162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah dalam
kehidupan sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku ikhlas beribadah
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku tentang ikhlas betbadah dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
·
Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas
dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·
Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas
dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·
Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam
beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Aqidah
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi :
3 . Meningkatkan keimanan kepada Allah
melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
.3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan 10 sifat
Allah dalam Asmaul Husna
ü Tugas Terstruktur
-Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
,
|
·
Mampu
menyebutkan arti sifat Allah.
·
Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
·
Mampu menunjukkan bukti-bukti kebesaran
Allah Swt yang sesusi dengan 10 Asmaul
Husna
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’
Ulumuddin : Imam Ghozali.
|
||
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna dan arti nya
Tugas Terstruktur
ü Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna dan artinya
ü Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan dalil nakli tentang 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna.
|
· Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·
Mampu
menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna beserta artinya
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’
Ulumuddin : Imam Ghozali
|
|||
3. .3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap 10 Asmaul Husna
|
ü Tatap
Muka
Guru
-Menjelaskan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
.
Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku yang mencerminkan 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna dalam kehidupan
nyata melalui media cetak atau Internet.
|
|
TugasKeompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’ Ulumuddin : Imam Ghozali
|
|||
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
. 4.1 Menyebutkan pengertian
perilaku husnuzhan
|
Husnu zhan :
- Pengertian Perilaku Husnu zhan
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan Pengertian
Perilaku Husnu zhan Tugas Terstruktur
-Menyebutkan Pengertian Perilaku
Husnu zhan
|
,
|
|
Tugas Individu
|
Praktek
berperilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesame manusia
|
Membuat
resume tentang perilaku husnuzhan
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
- LCD
|
|
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
Husnu
zhan :
-
Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
ü
Tatap Muka
Guru
husnu
zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
Tugas Terstruktur
husnu
zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
ü Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan macam-macam perilaku
husnuzhan .
|
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Membuat contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
- LCD
|
||
4. 3 Membiasakan
perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Husnu
zhan :
- Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
ü Tatap
Muka
Guru
·
Mempraktikkan Perilaku Husnu zhan dalam
kehidupan sehari-hari
Tugas Terstrukur
Mendiskusikan
perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
- Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
|
Tugas Keompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
LCD
|
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek :
Fikih
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum
taklifi, dan hikmah ibadah
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
5.1 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan
fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
Sumber hukum Islam:
Al-Quran
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Al-Hadits
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Ijtihad
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
|
ü Tatap muka
Guru
Menyebutkan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al
Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü Tugas Terstruktur
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan
fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü
Tugas Mandiri
Mengumpulkan
macam-macam hadits
|
|
Tugas Individu
|
Diskusi
|
Kedudukan dan fungsi
Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul
Hadis
|
||
5. 2
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi
dalam hukum Islam
|
Hukum
Taklifi :
· Pengertian hukum
taklifi.
· Kedudukan hukum
taklifi.
· Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum
Islam
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum
Islam
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan macam-macam hukum taklifi
|
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
2
jam
|
-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul Hadis
|
||
5.3
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum
taklifi :
- Penerapan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
ü Tatap
Muka
Guru
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan hukum taklifi
ü Tugas Mandiri
- Mencari info
Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari rmasi tentang
|
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul
Hadis
|
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Tarikh
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
6.1
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
|
Keteladanan Rasulullah SAW :
- Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
|
ü Tatap muka
Guru
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
ü Tugas Terstruktur
Menyebutkan sejarah dakwah Rasulullah
SAW periode Mekkah
Tugas Mandiri
Mengumpulkan
cerita tentang dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
|
|
Tugas Individu
|
Praktek
|
Meneladani
ajaran Rasul
|
2 jam
|
- Al-Quran
dan terjemah.
- Buku PAI
kelas X.
- Sirah
Nabawi DR Sallabi
Peta Negara timur tengah
|
||
6.2
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
Keteladanan
Rasulullah SAW :
-Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
Pembuatan peta dakwah rasullullah.S.A.W di
jazirah arab.
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan
substansi dan strategi dakwah Rasuk periode Mekkah
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan sejarah dakwah Rasul
periode Mekkah
|
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Sejarah dakwah Rasul Peroide Mekkah
|
2
jam
|
- Al-Quran
dan terjemah.
- Buku PAI
kelas X.
- Sirah
Nabawi DR Sallabi
Peta jazirah
arab
VCD
Dakwah
Rasulullah
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
0 comments :
Post a Comment