Friday 4 May 2012

Silabus PAI Genap


                    
BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
 

SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Al-Quran
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : 7. Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
7.1  Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38

Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü  Tatap muka
Guru
-  Menjelaskan tata cara membaca dengan fasih  Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
-  Menjelaskan identifikasi  tajwid Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü   Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü  Tugas Terstruktur
-  Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
- izhar safawi
- ikhfa’ safawi
- idgham mimi


·        Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·        Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

Tugas Individu

Praktek membaca  Alqur’an
Membuat resume bacaan tajwid pada ayat terkait.


2 jam





-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
Religius, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Peduli Tanggung-jawab

7. .2  Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38

Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü   Tatap Muka
Guru
-  Menjelaskan arti perkata Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
-  Menjelaskan arti per-ayat Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
-  Menerjemahkan Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü   Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü   Tugas Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü   Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati bertemu huruf hijaiyyah.


Mampu menyebutkan arti Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.

Tugas Kelompok

Diskusi

Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.

2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Tanggung-jawab

7.3  Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari


Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü  Tatap Muka
Guru
-  Mengidentifikasikan  perilaku hiduo demokratis
-  Mempraktikkan perilaku demokratis sesuai QS. Ali Imran 159 dan QS. Asyura: 38
-  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü  Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku demokratis
ü  Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku demokratis dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.


·       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
·       Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab


Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.









BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
 

SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Akidah
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : .8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.


Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat


Beriman kepada Malaikat :
Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.

ü  Tatap muka
Guru
-Menjelaskan pengertian beriman pada malaikat
-Menjelaskan tanda-tanda beriman pada malaikat
ü                                                   Tugas Terstruktur
-  Mengumpulkan ayat tentang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
-Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun iman
- Menyebutkan sepuluh malaikat beserta tugasnya



  • Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
·         Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
  • Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.


Tugas Individu


Membaca Alqur-anl

Membaca Alqur-an tentang beriman pada malaikat

2 jam





- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

8.2     Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat


Beriman kepada Malaikat :
Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
ü   Tatap Muka
Guru
-Menjelaskan contoh – contoh perilaku beriman pada malaikat
Menampilkan contoh perilaku beriman pada malaikat

ü   Tugas Terstruktur
- Menyimpulkan kandungan  ayat tentang  beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun iman
-      - Meresume contoh perilaku beriman pada malaikat


.
  • Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
  • Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
Tugas Kelompok

Diskusi

Resume ayat tentang beriman pada malaikat
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

8.3     Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari


Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü  Tatap Muka
Guru
- Mengidentifikasi perilaku beriman pada malaikat
- Memberikan contoh perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman

ü  Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan dan mereview perilaku sebagai orang yang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
-  Mengkliping tentang perilaku  beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet


  • Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
  • Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab



Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.

BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348


 
SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Akhlak
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : 9. Membiasakan perilaku terpuji


Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
9.1     Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.


Pengertian:
Adab dalam berpakaian.
Adab dalam berhias
Adab dalam perjalanan
Adab dalam bertamu dan menerima tamu

ü  Tatap muka
Guru
Menjelaskan tentang Pengertian Adab dalam berpakaian. Adab dalam berhias Adab dalam perjalanan, Adab dalam bertamu dan menerima tamu
Tugas terstruktur :
ü                                                   -Menyimpulkan tentang pengertian berpakaian islami, adab perjalanan dan bertamu serta menerima tamu
ü                                                   Tugas Mandiri :
ü                                                   -Mengumpulkan klippig tentang berpakaian islami, adab perjalanan, bertamu dan menerima tamudan pendapatnya masing-masing



  • Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
  • Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
  • Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
  • Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

Tugas Individu

Diskusi
Menyebutkan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
2 jam





- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, , Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

9.2     Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.


Contoh-contoh adab dalam :
berpakaian
berhias,
perjalanan
bertamu atau menerima tamu.
ü   Tatap Muka
Guru
-Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
ü   Tugas Terstruktur
Menjelaskan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, brtamu dan menerima tamu.
Tugas Mandiri
-Mengumpulkan contoh kisah nyata tentang bepakaian islami


.
  • . Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
  • Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
  • Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
  • Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

Tugas Kelompok

Diskusi

Resume tata cara bertahias, berpakaian, bertamu dan menerima tamu
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

9.3     Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari


Praktik adab dalam:
Berpakaian
Berhias
Perjalanan
Bertamu dan atau menerima tamu.
ü  Tatap Muka
Guru
- Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang cerminzn praktek dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang perilaku  berpakaian, berhias, brtamu dan menerima tamu dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet


·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.

Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab


Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.




BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
TERAKREDITASI  A
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348


 
SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Akhlak
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : 10. Menghindari Perilaku Tercela

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
10.1 Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi



Perilaku Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian Aniaya
Pengertian Diskriminasi.

ü  Tatap muka
Guru
Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
Tugas Terstruktur
-Mengumpulkan macam- macam perilaku tercela
Tugas Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan membuat daftar sifat – sifat tercela



·       Mampu menjelaskan pengertian hasad
·       Mampu menjelaskan pengertian riya.
·       Menjelaskan pengertian riya.
·       Menjelaskan pengertian diskriminasi


Tugas Individu

Diskusi
Menyebutkan bahaya sifat tercela
2 jam





- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Toleransi, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab, Rasa Ingin Tahu,

.10.2           Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.



Contoh-contoh perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
diskriminasi

ü   Tatap Muka
Guru
- Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.


ü   Tugas Terstruktur
Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
Tugas mandiri
-Mengumpulkan macam-macam sifat tercela selain tersebut di atas


.
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Tugas Kelompok

Diskusi

Resume macam-macam sifat tercela selain tersebut di atas
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.



.Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi
ü  Tatap Muka
Guru
Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang bahaya perilaku hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi dan menghindarinya
Tugas mandiri
-Mengkliping tentang perilaku  hasad, riya’ aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet


·         Mampu menghindari perilaku hasad.
·         Mampu menghindari perilaku riya.
·         Mampu menghindari perilaku aniaya.
·         Mampu menghindari perilaku diskriminasi.

Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab


Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.







BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
 

SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Fikih
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : 11. . Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkronisasi antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
11.1  Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf


Perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.

ü  Tatap muka
Guru
 Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
ü   Tugas Terstruktur
-Mengumpulkan kitab undang-undang tentang zakat, haji an wakaf
ü   Tugas mandiri
-Peserta didik ditugasi mencari data tentang pengelolan zakat, haji dan wakaf




·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
Tugas Individu

Diskusi
Perundangan-undangan tentang zakat, haji dan wakaf
2 jam





Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Buku UU tentang zakat dan wakaf


Religius, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

.11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf


Contoh-contoh pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.

ü   Tatap Muka
Guru
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
ü   Tugas Terstruktur
ü   --Mencari data tentang pengelola zakat, pengelola haji, dan pengelola wakaf di daerah tempat tinggal
Tugas mandiri
-Mengumpulkan data pengelola zakat, haji dan wakaf di desa, kecamatan dan kabupaten




.
  • Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
  • Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
  • Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
Tugas Kelompok

Diskusi

Survey tempat pengelolaan zakat, haji dan wakaf
1 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Buku UU tentang zakat dan wakaf

Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

11.3    Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.


Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf
ü  Tatap Muka
Guru
Menjelaskan penerapan perundang-undangan zakat, haji dan wakaf
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang perlunya perundang-undangan zakat, haji dan wakaf
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang penerapan ketentuan perundang-undangan pengelolaan zakat, haji dan wakaf dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet



·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
1 jam
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348


 
SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                                     :  Tarikh
Kelas/Semester                                                    : X / 2                                    
Standar Kompetensi                                           : 12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat
Nilai Karakter

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah

Keteladanan Rasulullah SAW:
- Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.
ü  Tatap muka
Guru
 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
Tugas Terstruktur
-Mengumpulkan bacaan sejarah tentang dakwah Rasul periode Madinah
Tugas Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan meresume sejarah dakwah Rasul periode Madinah



  • . Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
  • Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.

Tugas Individu

Diskusi
Megumpulkan sejarah dakwah Rasul periode Madinah
2 jam





Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab


12.2    Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah


Keteladanan Rasulullah SAW:
- Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
ü   Tatap Muka
Guru
Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah
ü   Tugas Terstruktur
Meneladani  Rasul dan strategi dakwahperiode Madinah
Tugas mandiri
-Mengkliping  strategi dakwah Rasul periode Madinah dari sumber yang ada


.
  • Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
  • .Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Tugas Kelompok

Diskusi

Keteladanan Rasul dan strategi dakwah periode Madinah
2 jam
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
  yang  relevan.
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab



Kudus,    Januari 2012
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.Shodiqun,M.Ag.                                                                                                                                                                     Ulin Nuha, M. Ag.





















SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Al-Quran
Kelas/Semester                                    : X / 1                         
Standar Kompetensi                            : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkrantar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
1.1   Membaca  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78


Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
ü Tatap muka
Guru
-  Menjelaskan tata cara membaca dengan fasih  Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
-  Menjelaskan identifikasi  tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
-  Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S Al-Baqoroh 30, Q.S Al-Mukminun 12-14, Q.S Al-Nahl 78
ü Tugas Terstruktur
-  Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar Halqi
b. Idgham Bighunnah
c. Idgham Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’



·    Membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
·    Mengidentifikasikan tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
·    Mempraktekkan bacaan Tajwid.
-  Q.S. Al-Baqarah; 30
-  Q.S. Al-Mukminun; 12-14
-  Q.S. Az-Zariyat; 56
-  Q.S. An Nahl: 78



Tugas Individu

Praktek membaca  Alqur’an
Membuat resume bacaan tajwid pada ayat terkait.


2 jam





-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
1.2   Menyebutkan arti  QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78

Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
ü Tatap Muka
Guru
-  Menjelaskan arti perkata Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
-  Menjelaskan arti per-ayat Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
-  Menerjemahkan Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl:78
-  Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
ü Tugas Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan
  Q.S. Al-Baqarah; 30
  Q.S. Al-Mukminun; 12-14
  Q.S. Az-Zariyat; 56
   Q.S. An Nahl: 78
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.


·    Mengartikan per-kata Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
·    Mengartikan per-ayat Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·    Menerjemahkan Q.S.  Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·    Menyimpulkan isi kandungan
-     QS. Al-Baqarah; 30
-     Q.S. Al-Mukminun; 12-14
-     Q.S. Az-Zariyat; 56
-     Q.S. An Nahl: 78

Tugas Kelompok

Diskusi

Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.

2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
1.3   Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam   QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78

· QS. Al-Baqarah; 30
· QS. Al-Mukminun; 12-14
·    QS. Az-Zariyat; 56
QS. An Nahl; 78
ü Tatap Muka
Guru
-  Mengidentifikasikan  perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
-  Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
-  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku sebagai khalifah
ü Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.


·       Mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·       Mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·       Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD

                                                                                                                                                                                                Kudus,    Juli 2010.

Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                      Ulin Nuha, M. Ag.


SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Al-Quran
Kelas/Semester                                    : X / 1                         
Standar Kompetensi                           : 2. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang keikhlasan dalam beribadah.

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
SinkroSK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
2.1   Membaca  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5


ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan tata cara membaca dengan fasih  Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Menjelaskan identifikasi  tajwid Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
ü Tugas Terstruktur
-  Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar Halqi
b. Idgham Bighunnah
c. Idgham Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’



·      Membaca  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5  dengan baik dan benar.
·      Mengidentifikasikan tajwid Q.S. Al-An’am; 162-163
      Q.S. Al-Bayyinah: 5

·      Mempraktekkan bacaan Tajwid.
      Q.S. Al-An’am; 162-163
      Q.S. Al-Bayyinah: 5

Tugas Individu

Praktek membaca  Alqur’an
Membuat resume bacaan tajwid pada ayat terkait.


2 jam





-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
2.2 Menyebutkan arti  QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5

ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan arti perkata Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
-  Menjelaskan arti per-ayat Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
-  Menerjemahkan Mendiskusikan arti dan kandungan  Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü Tugas Terstruktur
-  - Menyimpulkan Kandungan Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.


·      Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
·      Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
·      Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163


Tugas Kelompok

Diskusi

Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.

2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5

ü Tatap Muka
Guru
Mengidentifikasikan  perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah dalam kehidupan sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku ikhlas beribadah
ü Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku tentang ikhlas betbadah dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.


·         Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·         Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·         Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163


Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Buku-buku
-  Tajwid , CV Putra Semarang
-  Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
-  LCD


                                                                                                                                                                                                            Kudus,    Juli 2010.

Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                                  Ulin Nuha, M. Ag.

















SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Aqidah
Kelas/Semester                                    :  X / 1                        
Standar Kompetensi                           :  3 . Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
.3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan 10 sifat Allah dalam  Asmaul Husna
ü Tugas Terstruktur
-Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
,


·         Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
·         Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
·         Mampu menunjukkan bukti-bukti kebesaran Allah Swt  yang sesusi dengan 10 Asmaul Husna


Tugas Individu

Praktek membaca  Alqur’an
Membuat resume 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
2 jam






- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’ Ulumuddin : Imam Ghozali.
3.2 Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna dan arti nya
Tugas Terstruktur
ü Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna dan artinya
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan dalil nakli tentang 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.



·      Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·      Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia

Tugas Kelompok

Diskusi

10 sifat Allah dalam Asmaul Husna beserta artinya
2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’ Ulumuddin : Imam Ghozali
3. .3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna


Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna

ü Tatap Muka
Guru
-Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
.
Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

ü Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku yang mencerminkan 10 sifat Allah dalam  Asmaul Husna dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.



  • Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna


     TugasKeompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam

Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’ Ulumuddin : Imam Ghozali













                                                                                                                                                                                                            Kudus,    Juli 2010
Mengetahui                                                                                                                                                                             .
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                                  Ulin Nuha, M. Ag.



SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Akhlak
Kelas/Semester                                    : X / 1                         
Standar Kompetensi                           : 4. Membiasakan perilaku terpuji.

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
. 4.1 Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan

Husnu zhan :
- Pengertian Perilaku Husnu zhan

ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan Pengertian Perilaku Husnu zhan Tugas Terstruktur
-Menyebutkan Pengertian Perilaku Husnu zhan
,


  • Mampu menyebutkan pengertian husnu zhan terhadap Allah
  • Mampu menyebutkan pengertian dan hikmah husnu zhan terhadap diri sendiri.
  • Mampu menyebutkan pengertian dan hikmah husnu zhan terhadap sesama manusia

Tugas Individu

Praktek berperilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesame manusia
Membuat resume tentang perilaku husnuzhan
2 jam





-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Tazkiyatunnafsi Imam Al-Ghozali.
-  LCD
4.2 Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia

Husnu zhan :
- Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

ü Tatap Muka
Guru
husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
Tugas Terstruktur
husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan macam-macam perilaku husnuzhan .



  • Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap Allah
  • Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap diri sendiri.
  • Mampu menyebutkan contoh husnu zhan terhadap sesama manusia.

Tugas Kelompok

Diskusi

Membuat contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
2 jam
-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Tazkiyatunnafsi Imam Al-Ghozali.
-  LCD
4. 3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari

Husnu zhan :
- Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
ü Tatap Muka
Guru
·         Mempraktikkan Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari
 Tugas Terstrukur
Mendiskusikan perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
- Tugas Mandiri
-  Mencari informasi tentang perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.



  • Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
  • Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
  • Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.



Tugas Keompok

Diskusi

Unjuk kerja

2 jam

-  Al-Quran dan terjemah
-  Buku PAI kelas X.
-  Tazkiyatunnafsi Imam Al-Ghozali.
LCD

                                                                                                                                                                                                            Kudus,    Juli 2010

Mengetahui                                                                                                                                                                             .
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                                  Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Fikih
Kelas/Semester                                    : X / 1                         
Standar Kompetensi                           : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah

Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
5.1  Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

Sumber hukum Islam:
Al-Quran
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Al-Hadits
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Ijtihad
Pengertian
Kedudukan
Fungsi


ü Tatap muka
Guru
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü Tugas Terstruktur
 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi   Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü Tugas Mandiri
Mengumpulkan macam-macam hadits



  • Mampu menyebutkan pengertian Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  • Mampu menjelaskan kedudukan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
  • Mampu menjelaskan fungsi Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
  • Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Quran.
  • Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.


Tugas Individu


Diskusi

Kedudukan dan fungsi   Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

2 jam






- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis  HM. Assidiqi

Ulumul Hadis
5. 2  Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

Hukum Taklifi :
·      Pengertian hukum taklifi.
·      Kedudukan hukum taklifi.
·      Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam

ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan macam-macam hukum taklifi


  • Menjelaskan pengerti hukum taklifi dalam hukum Islam
  • Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
  • Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
Tugas Kelompok

Diskusi

Resume fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
2 jam

-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis  HM. Assidiqi

Ulumul Hadis
5.3  Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari

Hukum taklifi :
- Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
ü Tatap Muka
Guru
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan hukum taklifi
ü Tugas Mandiri
-  Mencari info Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari rmasi tentang


  • Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
  • Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
  • Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

Kelompok
Diskusi
Unjuk kerja
2 jam

-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis  HM. Assidiqi

Ulumul Hadis


                                                                                                                                                                                                            Kudus,    Juli 2010

Mengetahui                                                                                                                                                                             .
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                                  Ulin Nuha, M. Ag.













SILABUS dan PENILAIAN

Mata Pelajaran                                    :  Pendidikan Agama Islam
Aspek                                                             :  Tarikh
Kelas/Semester                                    : X / 1                         
Standar Kompetensi                           : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.


Kompotensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Sinkr antar SK/KD
Sinkronisasi antar mata pelajaran
Indikator Pencapaian

Penilaian


Alokasi Waktu


Sumber/Bahan /Alat

Jenis

Bentuk
Contoh instrumen
6.1   Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah


Keteladanan Rasulullah SAW :
- Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah

ü Tatap muka
Guru
Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
ü Tugas Terstruktur
 Menyebutkan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
Tugas Mandiri
Mengumpulkan cerita tentang dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah




  • Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
  • Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode makkah.
  • Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.
  • Mampu mengamalkan dan meneladani ajaran Rasulullah

Tugas Individu


Praktek

Meneladani ajaran Rasul

2 jam






- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Sirah Nabawi DR Sallabi
 Peta Negara timur tengah

6.2   Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah


Keteladanan Rasulullah SAW :
-Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
Pembuatan peta dakwah rasullullah.S.A.W di jazirah arab.

ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan substansi dan strategi dakwah Rasuk periode Mekkah
ü Tugas Mandiri
-      Mengumpulkan sejarah dakwah Rasul periode Mekkah


  • Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
  • Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
  • .Menuju membuat peta dakwah Rasulullah S.A.W
Tugas Kelompok

Diskusi

Resume Sejarah dakwah Rasul Peroide Mekkah
2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Sirah Nabawi DR Sallabi
Peta jazirah arab
VCD
Dakwah Rasulullah



                                                                                                                                                                                                            Kudus,    Juli 2010.
Mengetahui                                                                                                                                                                            
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus                                                                                                                                                    Guru Mata Pelajaran PAI



Drs. H.M.Munawar Cholil                                                                                                                                                                  Ulin Nuha, M. Ag.


0 comments :

Post a Comment