BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
7.1 Membaca QS Ali
Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
|
Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü
Tatap muka
Guru
- Menjelaskan
tata cara membaca dengan fasih Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menjelaskan identifikasi tajwid Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S.Ali Imran : 159 dan
QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas Terstruktur
-
Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
- izhar safawi
- ikhfa’ safawi
- idgham mimi
|
·
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
·
Mampu
mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
|
Tugas
Individu
|
Praktek membaca Alqur’an
|
Membuat resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Kerja
Keras, Mandiri, Rasa Ingin
Tahu, Gemar Membaca, Peduli
Tanggung-jawab
|
||
7. .2 Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
- Menerjemahkan Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.Ali
Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas
Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis
bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati bertemu huruf hijaiyyah.
|
Mampu menyebutkan arti Q.S.Ali Imran : 159
dan QS. Asy-Syura : 38
Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali
Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Mandiri,
Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca,
Tanggung-jawab
|
||
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS
Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
- Mengidentifikasikan
perilaku hiduo demokratis
- Mempraktikkan perilaku demokratis sesuai QS. Ali
Imran 159 dan QS. Asyura: 38
- Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku demokratis
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku demokratis dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
· Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
· Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra
Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof.
Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akidah
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
.8. Meningkatkan keimanan kepada
Malaikat.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
Beriman kepada
Malaikat :
Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat.
|
ü
Tatap muka
Guru
-Menjelaskan pengertian
beriman pada malaikat
-Menjelaskan tanda-tanda beriman pada
malaikat
ü
Tugas Terstruktur
-
Mengumpulkan ayat
tentang beriman pada malaikat
Tugas
Mandiri
-Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun
iman
- Menyebutkan sepuluh malaikat beserta tugasnya
|
·
Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
|
Tugas
Individu
|
Membaca Alqur-anl
|
Membaca Alqur-an tentang beriman pada malaikat
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
8.2
Menampilkan contoh-contoh
perilaku beriman kepada Malaikat
|
Beriman kepada
Malaikat :
Contoh-contoh
perilaku beriman kepada malaikat
|
ü Tatap Muka
Guru
-Menjelaskan contoh – contoh perilaku beriman pada
malaikat
Menampilkan contoh perilaku beriman pada malaikat
ü
Tugas
Terstruktur
- Menyimpulkan kandungan ayat tentang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun iman
-
- Meresume contoh perilaku
beriman pada malaikat
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume ayat tentang beriman pada malaikat
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
8.3
Menampilkan perilaku
sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
Q.S.Ali Imran : 159 dan QS. Asy-Syura : 38
|
ü Tatap Muka
Guru
-
Mengidentifikasi perilaku beriman pada malaikat
-
Memberikan contoh perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan dan mereview
perilaku sebagai orang yang beriman pada malaikat
Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku beriman pada malaikat
dalam kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
- Mengkliping tentang perilaku beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata
melalui media cetak dan internet
|
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
9.1
Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu.
|
Pengertian:
Adab
dalam berpakaian.
Adab dalam berhias
Adab
dalam perjalanan
Adab
dalam bertamu dan menerima tamu
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan tentang Pengertian Adab dalam berpakaian. Adab dalam berhias Adab dalam
perjalanan, Adab dalam bertamu dan menerima tamu
Tugas
terstruktur :
ü
-Menyimpulkan tentang
pengertian berpakaian islami, adab perjalanan dan bertamu serta menerima tamu
ü
Tugas
Mandiri :
ü
-Mengumpulkan klippig
tentang berpakaian islami, adab perjalanan, bertamu dan menerima tamudan
pendapatnya masing-masing
|
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Menyebutkan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, , Kreatif, Mandiri,
Bersahabat/Komuniktif, Peduli Lingkungan,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
|
Contoh-contoh adab dalam :
berpakaian
berhias,
perjalanan
bertamu atau menerima tamu.
|
ü Tatap Muka
Guru
-Menampilkan contoh-contoh perilaku
beriman kepada Malaikat
ü
Tugas
Terstruktur
Menjelaskan tata cara berpakaian, berhias, perjalanan, brtamu dan
menerima tamu.
Tugas Mandiri
-Mengumpulkan contoh kisah nyata tentang bepakaian islami
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume tata cara bertahias, berpakaian, bertamu dan
menerima tamu
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
9.3
Mempraktikkan adab
dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari
|
Praktik adab dalam:
Berpakaian
Berhias
Perjalanan
Bertamu dan atau
menerima tamu.
|
ü Tatap Muka
Guru
- Mempraktikkan adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang cerminzn praktek dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang
perilaku berpakaian, berhias, brtamu
dan menerima tamu dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·
Mampu
mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
TERAKREDITASI A
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
10.
Menghindari Perilaku Tercela
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
10.1
Menjelaskan pengertian
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
|
Perilaku Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian Aniaya
Pengertian Diskriminasi.
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
Tugas
Terstruktur
-Mengumpulkan
macam- macam perilaku tercela
Tugas
Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan
membuat daftar sifat – sifat tercela
|
·
Mampu
menjelaskan pengertian hasad
·
Mampu
menjelaskan pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian diskriminasi
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Menyebutkan bahaya sifat tercela
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab, Rasa Ingin Tahu,
|
||
.10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
|
Contoh-contoh
perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
diskriminasi
|
ü Tatap Muka
Guru
- Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
ü
Tugas
Terstruktur
Menyebutkan contoh perilaku hasad,
riya, aniaya dan diskriminasi
Tugas mandiri
-Mengumpulkan macam-macam sifat tercela selain tersebut
di atas
|
.
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume macam-macam sifat tercela selain tersebut di
atas
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin
Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
.Menghindari perilaku
hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi
|
ü Tatap Muka
Guru
Menghindari perilaku hasad,
riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang bahaya perilaku hasad, riya, aniaya,
dan diskriminasi dan menghindarinya
Tugas mandiri
-Mengkliping tentang
perilaku hasad, riya’ aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu
menghindari perilaku hasad.
·
Mampu
menghindari perilaku riya.
·
Mampu
menghindari perilaku aniaya.
·
Mampu
menghindari perilaku diskriminasi.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Mandiri,
Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli
Lingkungan, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Fikih
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
11. . Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkronisasi antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf
|
Perundang-undangan
tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf
ü
Tugas Terstruktur
-Mengumpulkan kitab undang-undang tentang zakat, haji an
wakaf
ü
Tugas
mandiri
-Peserta didik ditugasi mencari data tentang pengelolan
zakat, haji dan wakaf
|
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Perundangan-undangan tentang zakat, haji dan wakaf
|
2
jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
yang relevan.
- Buku UU tentang
zakat dan wakaf
|
Religius, Disiplin, Kerja
Keras, Kreatif, Mandiri,
Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
.11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan
wakaf
|
Contoh-contoh
pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf.
|
ü Tatap Muka
Guru
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
ü
Tugas
Terstruktur
ü
--Mencari data tentang pengelola zakat, pengelola haji,
dan pengelola wakaf di daerah tempat tinggal
Tugas mandiri
-Mengumpulkan data pengelola zakat, haji dan wakaf di
desa, kecamatan dan kabupaten
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Survey tempat pengelolaan zakat, haji dan wakaf
|
1 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas 10.
- Buku-buku
yang relevan.
- Buku UU tentang
zakat dan wakaf
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Semangat
Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial,
Tanggung-jawab
|
||
11.3
Menerapkan ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
Ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat
Haji
Wakaf
|
ü Tatap Muka
Guru
Menjelaskan
penerapan perundang-undangan zakat, haji dan wakaf
Tugas Terstrukur
-Diskusi tentang perlunya perundang-undangan zakat,
haji dan wakaf
Tugas Mandiri
-Mengkliping tentang
penerapan ketentuan perundang-undangan pengelolaan zakat, haji dan wakaf
dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
1 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja Keras, Kreatif,
Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah
Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
BADAN PELAKSANA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil
Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Tarikh
Kelas/Semester :
X / 2
Standar Kompetensi :
12.
Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat
periode Madinah
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata
pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
Nilai Karakter
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode
Madinah
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
-
Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
ü Tatap muka
Guru
Menceritakan sejarah dakwah
Rasulullah periode Madinah
Tugas
Terstruktur
-Mengumpulkan
bacaan sejarah tentang dakwah Rasul periode Madinah
Tugas Mandiri
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan
meresume sejarah dakwah Rasul periode Madinah
|
|
Tugas
Individu
|
Diskusi
|
Megumpulkan sejarah dakwah Rasul periode Madinah
|
2
jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, ,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
||
12.2
Mendeskripsikan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode
Madinah
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
-
Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
ü Tatap Muka
Guru
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
ü
Tugas
Terstruktur
Meneladani Rasul dan strategi
dakwahperiode Madinah
Tugas mandiri
-Mengkliping
strategi dakwah Rasul periode Madinah dari sumber yang ada
|
.
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Keteladanan Rasul dan strategi dakwah periode Madinah
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
yang relevan.
|
Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras,
Kreatif, Mandiri, Demokratis,
Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif,
Cinta Damai, Gemar Membaca, ,
Peduli Sosial, Tanggung-jawab
|
Kudus,
Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.Shodiqun,M.Ag. Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS
dan PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkrantar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
1.1
Membaca
QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78
|
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S.
Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
|
ü Tatap muka
Guru
- Menjelaskan tata cara membaca
dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
- Menjelaskan identifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.
Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
- Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S Al-Baqoroh
30, Q.S Al-Mukminun 12-14, Q.S Al-Nahl 78
ü Tugas Terstruktur
- Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar
Halqi
b. Idgham
Bighunnah
c. Idgham
Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’
|
· Membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat:
56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
· Mengidentifikasikan tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14;
56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
· Mempraktekkan
bacaan Tajwid.
- Q.S. Al-Baqarah;
30
- Q.S. Al-Mukminun;
12-14
- Q.S. Az-Zariyat;
56
- Q.S. An Nahl: 78
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
1.2
Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14,
Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78
|
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
|
ü
Tatap Muka
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
- Menerjemahkan Q.S. Almukminun;
12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl:78
- Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
ü Tugas Terstruktur
- Menyimpulkan Kandungan
Q.S. Al-Baqarah; 30
Q.S. Al-Mukminun; 12-14
Q.S. Az-Zariyat; 56
Q.S. An Nahl: 78
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait
dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.
|
· Mengartikan per-kata Q.S.
Almukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
· Mengartikan per-ayat Q.S. Almukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An Nahl: 78
· Menerjemahkan Q.S. Almukminun;
12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
· Menyimpulkan isi
kandungan
- QS. Al-Baqarah;
30
- Q.S. Al-Mukminun;
12-14
- Q.S. Az-Zariyat;
56
- Q.S. An Nahl: 78
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
1.3
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di
bumi seperti terkandung dalam QS Al
Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
|
· QS. Al-Baqarah;
30
· QS. Al-Mukminun;
12-14
·
QS. Az-Zariyat; 56
QS. An
Nahl; 78
|
ü Tatap
Muka
Guru
- Mengidentifikasikan perilaku
Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az
Zariyah;56, dan An Nahl;78
- Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai QS
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
- Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku sebagai khalifah
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku sebagai khalifah dalam kehidupan nyata
melalui media cetak atau Internet.
|
· Mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al
Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
· Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Al-Quran
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Quran
tentang keikhlasan dalam beribadah.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
SinkroSK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
2.1
Membaca QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan tata cara
membaca dengan fasih Q.S. Al-An’am;
162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Menjelaskan
identifikasi tajwid Mempraktekkan bacaan tajwid Q.S.
Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
ü Tugas Terstruktur
- Mengumpulkan bacaan tajwid tentang
a. Idzhar
Halqi
b. Idgham
Bighunnah
c. Idgham
Bilaghunnah
d. Iqlab
e. Ikhfa’
|
·
Membaca
QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar.
·
Mengidentifikasikan tajwid Q.S.
Al-An’am; 162-163
Q.S.
Al-Bayyinah: 5
·
Mempraktekkan bacaan Tajwid.
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S.
Al-Bayyinah: 5
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume bacaan tajwid pada ayat terkait.
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
2.2 Menyebutkan arti QS Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan arti perkata Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
- Menjelaskan arti per-ayat Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
- Menerjemahkan Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü Tugas Terstruktur
- - Menyimpulkan Kandungan Q.S Al An;am: 162-163 Q.S Al-Bayyinah : 5
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait
dengan hukum mim mati atau tanwin bertemu huruf hijaiyyah.
|
· Mampu mengartikan per-kata Q.S Al-An’am: 162-163
· Mampu mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163
· Mampu menterjemahkan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Kandungan Alqur’an ayat terkait.
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
||
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS
Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Q.S. Al-An’am; 162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
|
ü Tatap
Muka
Guru
Mengidentifikasikan
perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai Q.S. Al-An’am;
162-163
Q.S. Al-Bayyinah: 5
Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah dalam
kehidupan sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan perilaku ikhlas beribadah
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku tentang ikhlas betbadah dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
·
Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas
dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·
Mampu mempraktikkan perilaku ikhlas
dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163
·
Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam
beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Buku-buku
- Tajwid , CV Putra Semarang
- Tafsir Al-Misbah; Prof. Dr. M. Quraisysyhab
- LCD
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Aqidah
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi :
3 . Meningkatkan keimanan kepada Allah
melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
|||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||||
.3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna :
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan 10 sifat
Allah dalam Asmaul Husna
ü Tugas Terstruktur
-Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna
|
,
|
·
Mampu
menyebutkan arti sifat Allah.
·
Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
·
Mampu menunjukkan bukti-bukti kebesaran
Allah Swt yang sesusi dengan 10 Asmaul
Husna
|
Tugas Individu
|
Praktek
membaca Alqur’an
|
Membuat
resume 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’
Ulumuddin : Imam Ghozali.
|
||
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Asmaul Husna :
- 10 Asmaul Husna dan artinya
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna dan arti nya
Tugas Terstruktur
ü Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna dan artinya
ü Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan dalil nakli tentang 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna.
|
· Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·
Mampu
menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna beserta artinya
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’
Ulumuddin : Imam Ghozali
|
|||
3. .3 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap 10 Asmaul Husna
|
ü Tatap
Muka
Guru
-Menjelaskan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap 10 Asmaul Husna
.
Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
ü Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku yang mencerminkan 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna dalam kehidupan
nyata melalui media cetak atau Internet.
|
|
TugasKeompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2 jam
|
Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
-Ihya’ Ulumuddin : Imam Ghozali
|
|||
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Akhlak
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
. 4.1 Menyebutkan pengertian
perilaku husnuzhan
|
Husnu zhan :
- Pengertian Perilaku Husnu zhan
|
ü Tatap muka
Guru
Menjelaskan Pengertian
Perilaku Husnu zhan Tugas Terstruktur
-Menyebutkan Pengertian Perilaku
Husnu zhan
|
,
|
|
Tugas Individu
|
Praktek
berperilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesame manusia
|
Membuat
resume tentang perilaku husnuzhan
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
- LCD
|
|
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
Husnu
zhan :
-
Contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
|
ü
Tatap Muka
Guru
husnu
zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
Tugas Terstruktur
husnu
zhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
ü Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan macam-macam perilaku
husnuzhan .
|
|
Tugas Kelompok
|
Diskusi
|
Membuat contoh perilaku husnu zhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesama manusia
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
- LCD
|
||
4. 3 Membiasakan
perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Husnu
zhan :
- Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
ü Tatap
Muka
Guru
·
Mempraktikkan Perilaku Husnu zhan dalam
kehidupan sehari-hari
Tugas Terstrukur
Mendiskusikan
perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.
- Tugas Mandiri
- Mencari informasi tentang perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. dalam
kehidupan nyata melalui media cetak atau Internet.
|
|
Tugas Keompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
- Al-Quran dan terjemah
- Buku PAI kelas X.
- Tazkiyatunnafsi
Imam Al-Ghozali.
LCD
|
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek :
Fikih
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum
taklifi, dan hikmah ibadah
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
5.1 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan
fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
Sumber hukum Islam:
Al-Quran
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Al-Hadits
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
Ijtihad
Pengertian
Kedudukan
Fungsi
|
ü Tatap muka
Guru
Menyebutkan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al
Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü Tugas Terstruktur
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan
fungsi Al Qur’an, Al Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
ü
Tugas Mandiri
Mengumpulkan
macam-macam hadits
|
|
Tugas Individu
|
Diskusi
|
Kedudukan dan fungsi
Al Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2 jam
|
- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul
Hadis
|
||
5. 2
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi
dalam hukum Islam
|
Hukum
Taklifi :
· Pengertian hukum
taklifi.
· Kedudukan hukum
taklifi.
· Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum
Islam
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum
Islam
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan macam-macam hukum taklifi
|
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
|
2
jam
|
-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul Hadis
|
||
5.3
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum
taklifi :
- Penerapan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
|
ü Tatap
Muka
Guru
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari
ü Tugas Terstrukur
- Mendiskusikan hukum taklifi
ü Tugas Mandiri
- Mencari info
Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari rmasi tentang
|
|
Kelompok
|
Diskusi
|
Unjuk kerja
|
2
jam
|
-Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas X.
Pengantar Ilmu Hadis HM. Assidiqi
Ulumul
Hadis
|
Kudus, Juli 2010
Mengetahui .
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
SILABUS dan
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Aspek : Tarikh
Kelas/Semester : X / 1
Standar
Kompetensi : 6. Memahami keteladanan
Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
Kompotensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sinkr antar SK/KD
|
Sinkronisasi antar mata pelajaran
|
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan /Alat
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||
6.1
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
|
Keteladanan Rasulullah SAW :
- Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah
|
ü Tatap muka
Guru
Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode
Mekkah
ü Tugas Terstruktur
Menyebutkan sejarah dakwah Rasulullah
SAW periode Mekkah
Tugas Mandiri
Mengumpulkan
cerita tentang dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
|
|
Tugas Individu
|
Praktek
|
Meneladani
ajaran Rasul
|
2 jam
|
- Al-Quran
dan terjemah.
- Buku PAI
kelas X.
- Sirah
Nabawi DR Sallabi
Peta Negara timur tengah
|
||
6.2
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
|
Keteladanan
Rasulullah SAW :
-Substansi
dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
Pembuatan peta dakwah rasullullah.S.A.W di
jazirah arab.
|
ü
Tatap Muka
Guru
Menjelaskan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
ü Tugas Terstruktur
Menyimpulkan
substansi dan strategi dakwah Rasuk periode Mekkah
ü
Tugas Mandiri
-
Mengumpulkan sejarah dakwah Rasul
periode Mekkah
|
|
Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
Resume Sejarah dakwah Rasul Peroide Mekkah
|
2
jam
|
- Al-Quran
dan terjemah.
- Buku PAI
kelas X.
- Sirah
Nabawi DR Sallabi
Peta jazirah
arab
VCD
Dakwah
Rasulullah
|
Kudus, Juli 2010.
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma'ruf Kudus Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. H.M.Munawar
Cholil Ulin Nuha, M. Ag.
0 comments :
Post a Comment