BADAN
PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN
DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL
MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
LEMBAR
SOAL
Mata
Pelajaran : Ke NU an
Kelas : X (Sepuluh)
Hari/Tanggal
: Ahad, 28 November 2010
Waktu : 09.30 – 11.00 WIB.
Petunjuk
Umum :
1.
Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor peserta.
2. Kerjakan semua soal pada
lembar jawab dengan menggunakan bolpoin.
3. Periksa dan baca dengan
teliti petunjuk khusus dan soal sebelum menjawab.
4. Dahulukan menjawab
soal-soal yang mudah.
5. Periksalah kembali
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Petunjuk
Khusus :
A.
Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d atau e sebagai
jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Secara bahasa kata "pondok" yang berarti ruang
tidur, wisma, hotel sederhana berasal dari bahasa Arab, yaitu ….
a. Khandaq d.
khodzaf
b. Funduq d.
Qodla
c. Pundaq
2. Salah satu Walisongo yaitu
Syekh Maulana Malik Ibrahim disebut juga sebagai sunan …
a. Sunan Gresik d.
Sunan Kalijaga
b. Sunan Muria e.
Sunan Bonang
c. Sunan Kudus
3. Metode yang digunakan kyai di
pondok pesantren dengan cara membacakan, menterjemahkan, mengulas isi kitab dan
santri mencatat buah pikirannya disebut …
a. Sorogan d. Jam'iyah
b. Bandongan e.
Musyawarah
c. Mudarasah
4. Lima elemen pondok
pesantren yang dapat membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya adalah ….
a. kyai, santri,
masjid, asrama, kitab kuning
b. kyai,
kurikulum, masjid, kitab kuning
c. kurikulum,
santri, asrama, majalah, pengurus
d. ustadz,
asrama, masjid, kitab kuning, dana
e. santri,
asrama, kyai, kurikulum, ustadz
5. Firman Allah
yang dijadikan dasar pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berdasarkan Tafaqqahu Fiddin
adalah ….
a. QS. Ali Imran
: 122 d.
QS. At Taubah 122
b. Q.S. At Taubah
: 194 e. QS. Al Qashas : 77
c. QS. Al Hujurat
: 11
6. Santri
dibiasakan hidup dalam kesalehan ritual dan kyai sebagai peimpin yang
kharismatik merupakan ciri dalam ….
a. pondok
pesantren salafi d.
pondok pesantren toriqot
b. pondok
pesantren khalafi e.
pesantren kilat
c. pondok pesantren modern
7. Tunduknya santri pada kyai dan
santri sangat begantung pada restu kyai merupakan ….
a. Dasar pendidikan pondok
pesantren
b. Fungsi pondok pesantren
c. Tujuan pondok pesantren
d. Pola hidup santri di pondok
psantren
e. Unsur pondok pesantren
8. Pondok pesantren berhasil
mencetak para kader-kader yang menguasai dalam bidang agama dan mampu
berkhidmat pada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya Izzul Islam
wal Muslimin merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
b. peran pondok pesantren sebagai
penghabdian masyarakat
c. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
d. peran pondok pesantren sebagai
lembaga masyarakat
e. peran pondok pesantren sebagai
tempat penyaluran tenaga kerja
9. Pondok pesantren mempunyai
fungsi untuk membebaskan para santri dari belenggu kebodohan juga menjadi
proses pembentukan mukmin sejati yang memiliki kualitas dan moral
intelektualnya merupakan peran dari ….
a. pondok pesantren sebagai
penginapan santri
b. pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
c. pondok pesantren sebagai tempat
menghabiskan waktu
d. pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
e. pondok pesantren sebagai tempat
pengabdian dan pelayanan masyarakat
10. Para
santri yang dididik dalam pondok pesantrem memiliki sudut pandang kehidupan
sebagai peribadatan dan kesanggupan untuk memberikan pengorbanan apapun bagi
kehidupan masyarakat merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
b. peran pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
c. peran pondok pesantren sebagai
tempat mempersiapkan wiraswasta
d. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pengabdian
e. peran pondok pesantren sebagai
tempat menjadi pegawai negeri
11. Sebelum NU
lahir sebenarnya para ulama telah membentuk kelompok diskusi yang diberi nama
….
a. Tashwirul
Afkar d.
Tashwirul Wathon
b. Nahdlatul
Wathon e.
Nahdlatul Tujjar
c. Tashwirul Tujjar
12. Kiprah para
pemuda sebelum NU terbentuk telah terwadahi dalam organisasi kepemudaan yang
bernama ….
a. Tashwirul
Afkar d.
Nahdlatul Syubban
b Nahdlatul
Wathon e.
Tashwirul Tujjar
c. Nahdlatul
Tujjar
13. Lahirnya NU
tidak bisa terlepas dari pesantren, bisa dikatakan bahwa miniatur NU ada di
pesantren yang bisa ditelusuri buktinya secara ….
a. Kosmologis-Knowledge d.
Empiris-Embrio
b. Historis-Geografis e.
Historis-Empiris
c. Historis-Kosmologis
14. Pelopor
kelompok diskusi yang akhirnya KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan NU, namun
ada tokoh lain yang masuk Muhammadiyah yaitu ….
a. KH. Hasyim
Asy'ari d.
KH. Ahmad Dahlan
b. Dr. Amin Rais e. KH. Mas Mansur
c. Dr. Din
Syamsudin
15.
Pesantren-pesantren yang terdapat di pedesaan kebanyakan pesantren yang menjadi
kekuatan NU, karena memang sejak berdirinya pesantren sebagai Jam'iyyah
Ijtim'iyyah yang berati ….
a. Organisasi
sosial keagamaan
b. Organisasi
politik dan budaya
c. Organisasi
sosial politik
d. Organisai
pertahanan militer
e. Organisasi Politik
16. Komite Hijaz yang
bertugas menemui Raja Saudi (Ibnu Suud) telah berhasil dalam mengemban misinya.
Akhirnya Komite Hijaz akan dibubarkan, namun tidak diperkenankan. Tetapi
ada tugas baru untuk membentuk organisasi NU yang mendapat restu dari
pembentukannya dari …
a. KH. Abdurrahman Wahid d.
KH. Hasyim Asy’ari Jombang
b. KH. Ridwan Abdullah Surabaya e.
KH. M. Cholil Bangkalan
c. KHR. Asnawi Kudus
17. Berdirinya NU merupakan peran
dua tokoh yang kharismatik dalam perjuangannya demi kemashlahatan masyarakat,
kemajuan bangsa dan harkat martabat manusia, beliau adalah …
a. KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Dahlan Ahyad
b. KH. Bisri Syamsuri dan KH. Ridwan
c. KH. Hasyim ASy’ari dan KH. Ahmad Dahlan
d. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
e. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mas Mansyur
18. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
pertama adalah Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, sedangkan periode 1999
sampai sekarang adalah …
a. KH. M.A. Sahal Mahfudz d.
KH. Ali Maksum
b. KH. Wahid HAsyim e.
KH. Ilyas Ruhyat
c. KH. Abdul Wahab Hasbullah
19. Pimpinan tertinggi dalam
Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang terdiri dari para ulama pilihan yang bertugas
sebagai pembina, pengendali dan penentu kebijaksanaan NU adalah ….
a.Tanfidziyah d.
Lajnah
b. Muhtasayar e,
MWC
c. Syuriah
20. Lembaga penasehat NU yang
terdiri dari beberapa kyai yang bertugas memberikan masukan dan nasehat kepada
pengurus NU bila diperlukan dikenal dengan jabatan ….
a. Tanfidziyah d.
Syuriyah
b. Muhtasyar e. Lesbumi
c. Lajnah
21. Dalam kepengurusan Tanfidziyah
di tingkat pusat sudah sembilan kali mengalami pergantian. Ketua Umum
Tanfidziyah yang ke-8 adalah ….
a. KH. Hasyim Muzadi d.
KH. Mahfudz Siddiq
b. KH. M. Dahlan e.
KH. Abdurrahman Wahid
c. KH. Wahid Hasyim
22. Memelihara, melestarikan,
mengamalkan ajaran Islam yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah,
mengikuti salah satu empat madzhab demi terwujudnya tatanan masyarakat
yang demokratis demi kemashlahatan dan kesejahteraan umat merupakan ….
a. Visi dan Misi NU d. Azaz NU
b. Landasan Ideal e. Banom NU
c. Tujuan NU
23. Struktur Organisasi Lajnah,
Banom dan Lembaga adalah sebagai berikut…
a. PP (Pimpinan Pusat ) untuk tingkat Pusat
b. PW (Pimpinan Wilayah) untuk tingkat Wilayah
c. PC (Pimpinan Cabang) untuk tingkat Propinsi
d. PAC (Pimpinan Anak Cabang) untuk tingkat Kecamatan)
e. Ranting untuk tingkat
Kelurahan/Desa dan Komisariat untuk kepengurusan di suatu tempat tertentu
24. Struktur Organisasi NU yang
berada di wilayah tingkat propinsi dikenal dengan nama ….
a. PCNU d.
PWNU
b. MWC e. Pengurus Ranting
c. PBNU
25. Dalam Anggaraan Dasar (AD) NU
yang terdiri dari 18 pasal, NU juga memiliki Anggaran Rumah Tangga dalam
pelaksanaan organisasinya. Anggaran Rumah Tangga (ART) NU terdiri dari ….
a. IV Bab 37 Pasal d.
IX Bab 34 Pasal
b. IV Bab 36 Pasal e.
VIII Bab 36 pasal
c. VI Bab 38 Pasal
26. Struktur Lembaga Kepengurusan
NU terdiri dari ....
a. Mustasyar, Syuriah, Lajnah dan Anggota
b. Syuriyah, Tanfidziyah, Anggota dan Lajnah
c. Banom, Anggota Syuriah, Lajnah
d. Tanfidziyah, Muhtasyar, Lajnah dan Anggota
e. Mustasyar, Syuriah, Tanfidziyah dan Anggota
27. Lembaga yang bertugas
melaksanakan kebijakan dalam pendidikan dan pengajaran formal dibawah naungan
….
a. LPNU d.
LPBHNU
b. CPNU e.
LWPNU
c. LP Ma’arif NU
28. Perangkat departemen
organisasi dalam NU yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan yang berkaitan
dengan bidang tertentu disebut ….
a. Tanfidziyah d.
Mustasyar
b. Lembaga e.
Banom
c. Lajnah
29. KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul
Wathan, Taswirul Afkar, juga menjadi utusan ke Hijaz untuk menemui Raja
Ibnu Suud karena itu beliau dalam organisasi NU dikenal sebagai ….
a. Pendiri Nahdlatul Ulama
b. Pendobrak Nahdlatul Ulama
c. Motor utama berdirinya
Nahdlatul Ulama
d. Penyelamat Nahdlatul Ulama
30. Belau terkenal cerdas dan rajin
belajar. Sejak umur 13 tahun telah membantu ayahnya mengajar para santri. Umur
14 tahun mulai berkelana dari pesantren ke pesantren lain, bahkan pendidikannya
sampai ke Mekah yang mendapat ijazah untuk mengajar Shahih Bukhari dan Shahih
Muslim dan dikenal sebagai ahli hadits. Beliau adalah ….
a. Syaichona Muhammad Cholil
b. Hadratus Syeikh KH. Hasyim
Asy'ari
c. KH. A. Wahid Hasyim
d. KH. Abdurrahman Wahid
e. KH. Hasyim Muzadi
31. Beliau bergabung dengan Mas
Mansur di Muhammadiyah dan mempakarsai tradisi jurnalistik dalam Nahdlatul
Ulama, pendiri majalah Soeara NU, jago debat, pernah mengganti pemimpin PBNU,
dan berkali-kali menjadi anggota DPR/DPA. Ungkapan tersebut yang dimaksud
adalah ….
a. KH.
Abdul Wahab Hasbullah d.
KH. Abdurrahman Wahid
b.
KH.M.Hsyim Asy'ari e.
KH. Ahmad Sidiq
c. KH.Mas
Mansur
32. KH. Hasyim Asy'ari wafat
ketika benteng pertahanan Hizbullah Sabilillah di Singosari Malang direbut tentara Belanda.
Beliau meninggalkan banyak jasa bagi generasi penerusnya dengan meninggalakan
karya yang dapat dijadikan rujukan bagi para ulama yang berjudul ….
a. Risalah
Ahlussunnah Wal Jama'ah
b. Matan
Ahlussunnah Wal Jama'ah
c. Hasyiah
Ahlussunnah Wal Jama'ah
d. Mukhtasyar
Ahlussunnah Wal Jama'ah
e. Risalah
Tauhid
33. Restu guru dalam mendirikan NU
diberikan oleh KH. Hasyim Asy'ari karena beliau sebagai guru spiritual ulama
nusantara sangat ta'dhim terhadap tanah haram. Guru tersebut yang
dimaksud adalah ….
a. KH.R. Asnawi
b. KH. M Cholil Bangkalan
c. Hadratus Syaikh KH.Muhammad
Hayim Asy'ari
d. KH. Halim Cirebon
e. Syeikh Ahmad Ghanaim Mesir
34. Muhammad Cholil putra dari KH.
Abdul Latif Bangkalan, belajar pada K. Muhammad Nur, KH. Asyik Saguto dan
belajar ke Mekah bersama Syeikh Nawawi Banten dan kawan-kawan akhirnya menjadi
ahli nahwu, hasil karyanya banyak. Yang Bukan karya beliau adalah …
a.
Terjemahan Alfiyah Ibnu Malik
b. Shalawat
Tibbul Qulub
c. Asliyah
Fi Bayan Nikah
d. Nahwu
Wadheh
e. Al
Hakibah
35. Sejak kecil ia belajar dengan
ayahnya KH. Muhammad Siddiq kemudian melanjutkan ke Tebuireng lalu menetap ke
Mekah. Saat di Mekah terkenal ahli debat dan ahli pidato. Beliau adalah ….
a. KH. Abdurrahman Wahid d. KH. Hafid Siddiq
b.KH. Wahid Hasyim e.
KH. Mahfud Siddiq
c. KH. Muhammad Mahfud
36. Kyai yang
dimaksud dari soal di atas tergolong pemuda yang progesif, sampai menguasai
Bahasa Arab, Inggris, Belanda dan Latin, aktif menulis, juga sebagai pemimpin
redaksi Soeara NU. Belaiau mengusulkan dalam tubuh NU agar dibentuk ….
a. IPNU-IPPNU d.
PBNU
b. Lesbumi e.
Anshor NU
c. Fatayat
37. KH.A.Wahid
Hasyim dalam usia 15 tahun telah mampu menguasai tiga bahasa yaitu Arab,
Inggris dan Belanda. Pada masa pemerintahannya mengusulkan pada Jepang agar
para santrinya dilatih militer. Maka pada tanggal 14 Oktober tebentuklah ….
a. Menteri Negara
d.
BPKNIP
b. Menteri agama e.
PPKI
c. KNIP
38. Perjalanan NU
telah panjang demi pengabdian masyarakat, bangsa dan agama. NU selalu
memperhatikan gejolak yang muncul demi terwujudnya Khairu Ummah. Dalam Muktamar
ke-27 di Situbondo berhasil memilih KH. Ahmad Siddiq menjadi Rais Am PBNU.
Beliau juga terkenal menjadi ….
a. Pemrakarsa NU
ke percanturan politik
b. Pemrakarsa
pembentuk PKB
c. Pemrakarsa pembentuk
MIAI
d. Pemrakarsa NU
tandingan
e. Pmrakarsa NU kembali ke Khittah
NU 1926
39. Tokoh NU yang menjadi Ketua
Umum PBNU selam 3 peiode yakni lewat Muktamar 27 di Situbondo, Muktamar 28 di
Jogjakarta dan Muktamr 29 di Cipasung adalah ….
a. KH. Abdurrahman Wahid
b. KH. Raden Asad Syamsul Arifin
c. KH. Ali Maksum
d. KH. Wahid Hasyim
e. KH. Hasyim Muzadi
40. Ketua Umum Nahdlatul Ulama
periode 2010-2015 yang terpilih saat Muktamar di Banjarmasin adalah ….
a. KH. Hasyim Muzadi d.
KH. Mustofa Bisri
b. KH. Said Agil Siraj e.
KH. Maemun Zubeir
c. KH. Sahal Mahudz
B. Jawablah pertanyaaan di
bawah ini!
1. Jelaskan pengertian pondok pesantren
secara bahasa dan istilah!
2. Sebutkan dan jelaskan lima elemen pondok
pesantren!
3. Jelaskan proses berdirinya Nahdlatul
Ulama!
4. Jelaskan biografi singkat KH.
Hasyim Asy'ari!
5. Sebutkan 5 tokoh yang termasuk
pendiri Nahdlatul Ulama!
BADAN
PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN
DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL
MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
LEMBAR
SOAL
Mata
Pelajaran : Ke NU an
Kelas : X (Sepuluh)
Hari/Tanggal
:
Waktu :
Petunjuk
Umum :
1.
Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor peserta.
2. Kerjakan semua soal pada
lembar jawab dengan menggunakan bolpoin.
3. Periksa dan baca dengan
teliti petunjuk khusus dan soal sebelum menjawab.
4. Dahulukan menjawab
soal-soal yang mudah.
5. Periksalah kembali
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Petunjuk
Khusus :
A.
Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d atau e sebagai
jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Kata pondok yang berarti ruang
tidur, wisma, hotel sederhana berasal dari bahasa Arab, yaitu … :
a. Funduq b. Khandaq c. Pundaq d. Dodzaf d. Qodla
2. Metode yang digunakan kyai di
pondok pesantren dengan cara membacakan, menterjemahkan, mengulas isi kitab dan
santri mencatat buah pikirannya disebut …
a. Musyawarah d. Jam'iyah
b. Bandongan e. Taqrir
c. Mudarasah
3. Salah satu Walisongo yaitu
Syekh Maulana Malik Ibrahim disebut juga sebagai sunan …
a. Sunan Bonang d. Sunan
Kalijaga
b. Sunan Muria e.
Sunan Gresik
c. Sunan Kudus
4. Firman Allah yang dijadikan
dasar pondok pesantren sebagi lembaga pendidikan yang berdasarkan Tafaqqahu
Fiddin adalah ….
a. Q.S. At Taubah : 194 d. QS. Ali Imran :
122
b. QS. At Taubah 122 e. QS. Al Qashas : 77
c. QS. Al Hujurat : 11
5. Lima elemen pondok pesantren yang dapat
membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya adalah ….
a. kyai, kurikulum, masjid, kitab
kuning
b. santri, asrama, kyai,
kurikulum, ustadz
c. kurikulum, santri, asrama,
majalah, pengurus
d. ustadz, asrama, masjid, kitab
kuning, dana
e. kyai , santri, masjid, asrama,
kitab kuning
6. Tunduknya santri pada kyai dan
santri sangat begantung pada restu kyai merupakan ….
a. Tujuan pondok pesantren
b. Fungsi pondok pesantren
c. Dasar pendidikan pondok
pesantren
d. Pola hidup santri di pondok
psantren
e. Unsur pondok pesantren
7. Santri dibiasakan hidup dalam
kesalehan ritual dan kyai sebagai peimpin yang kharismatik merupakan ciri dalam
….
a. pesantren kilat
b. pondok pesantren khalafi
c. pondok pesantren modern
d. pondok pesantren toriqot
e. pondok pesantren salafi
8. Pondok pesantren mempunyai
fungsi untuk membebaskan para santri dari belenggu kebodohan juga menjadi
proses pembentukan mukmin sejati yang memiliki kualitas dan moral
intelektualnya merupakan peran dari ….
a. pondok pesantren sebagai
penginapan santri
b. pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
c. pondok pesantren sebagai tempat
menghabiskan waktu
d. pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
e. pondok pesantren sebagai tempat
pengabdian dan pelayanan masyarakat
9. Pondok pesantren berhasil
mencetak para kader-kader yang menguasai dalam bidang agama dan mampu
berkhidmat pada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya Izzul Islam
wal Muslimin merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai
tempat penyaluran tenaga kerja
b. peran pondok pesantren sebagai
lembaga masyarakat
c. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
d. peran pondok pesantren sebagai
penghabdian masyarakat
e. peran pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
10. Para
santri yang dididik dalam pondok pesantrem memiliki sudut pandang kehidupan
sebagai peribadatan dan kesanggupan untuk memberikan pengorbanan apapun bagi
kehidupan masyarakat merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai
tempat menjadi pegawai negeri
b. peran pondok pesantren sebagai
tempat mempersiapkan wiraswasta
c. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pendidikan
d. peran pondok pesantren sebagai
lembaga pengabdian
e. peran pondok pesantren sebagai
lembaga dakwah
11. Lahirnya NU tidak bisa
terlepas dari pesantren, bisa dikatakan bahwa miniatur NU ada di pesantren yang
bisa ditelusuri buktinya secara ….
a. Historis-Empiris d. Empiris-Embrio
b. Historis-Kosmologis e. Kosmologis-Knowledge
c. Historis-Geografis
12. Sebelum NU lahir sebenarnya
para ulama telah membentuk kelompok diskusi yang diberi nama ….
a. Tashwirul Wathon d. Tashwirul
Afkar
b. Nahdlatul Tujjar e. Nahdlatul
Wathon
c. Tashwirul Tujjar
13. Pelopor kelompok diskusi yang
akhirnya KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan NU, namun ada tokoh lain yang
masuk Muhammadiyah yaitu ….
a. KH. Mas Mansur d. KH. Ahmad
Dahlan
b. KH. Hasyim Asy'ari e. Dr. Amin Rais
c. Dr. Din Syamsudin
14. Kiprah para pemuda sebelum NU
terbentuk telah terwadahi dalam organisasi kepemudaan yang bernama ….
a. Tashwirul Afkar d. Nahdlatul
Syubban
b. Nahdlatul Tujjar e. Nahdlatul
Wathon
c. Tashwirul Tujjar
15. Pesantren-pesantren yang
terdapat di pedesaan kebanyakan pesantren yang menjadi kekuatan NU, karena
memang sejak berdirinya pesantren sebagai Jam'iyyah Ijtim'iyyah yang
berati ….
a. Organisasi sosial keagamaan
b. Organisasi politik dan budaya
c. Organisasi sosial politik
d. Organisai pertahanan militer
e. Organisasi politik
16. Berdirinya NU merupakan peran
dua tokoh yang kharismatik dalam perjuangannya demi kemashlahatan masyarakat,
kemajuan bangsa dan harkat martabat manusia, beliau adalah …
a. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mas Mansyur
b. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
c. KH. Hasyim ASy’ari dan KH. Ahmad Dahlan
d. KH. Bisri Syamsuri dan KH. Ridwan
e. KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Dahlan Ahyad
17. Komite Hijaz yang
bertugas menemui Raja Saudi (Ibnu Suud) telah berhasil dalam mengemban misinya.
Akhirnya Komite Hijaz akan dibubarkan, namun tidak diperkenankan. Tetapi
ada tugas baru untuk membentuk organisasi NU yang mendapat restu dari
pembentukannya dari …
a. Syaikhoni Cholil Bangkalan
b. KH. Hasyim Asy’ari Jombang
c. KHR. Asnawi Kudus
d. KH. Ridwan Abdullah Surabaya
e. KH. Majid Nawawi Pasuruan
18. Pimpinan tertinggi dalam
Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang terdiri dari para ulama pilihan yang bertugas
sebagai pembina, pengendali dan penentu kebijaksanaan NU adalah ….
a.Tanfidziyah
b. Muhtasayar
b. Muhtasayar
c. Syuriah
d. Lajnah
e, MWC
19. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
pertama adalah Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, sedangkan periode 1999
sampai sekarang adalah …
a. KH. M.A. Sahal Mahfudz
b. KH. Wahid HAsyim
c. KH. Abdul Wahab Hasbullah
d. KH. Ali Maksum
e. KH. Ilyas Ruhyat
20. Lembaga penasehat NU yang
terdiri dari beberapa kyai yang bertugas memberikan masukan dan nasehat kepada
pengurus NU bila diperlukan dikenal dengan jabatan ….
a. Tanfidziyah
b. Muhtasyar
c. Lajnah
d. Syuriyah
e. Lesbumi
21. Dalam kepengurusan Tanfidziyah
di tingkat pusat sudah sembilan kali mengalami pergantian. Ketua Umum
Tanfidziyah yang ke-8 adalah ….
a. KH. Hasyim Muzadi
b. KH. M. Dahlan
c. KH. Wahid Hasyim
d. KH. Mahfudz Siddiq
e. H. Hasan Gipo
22. Memelihara, melestarikan,
mengamalkan ajaran Islam yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah,
mengikuti salah satu empat madzhab demi terwujudnya tatanan masyarakat
yang demokratis demi kemashlahatan dan kesejahteraan umat merupakan ….
a. Visi dan Misi NU
b. Landasan Ideal
c. Tujuan NU
d. Azaz NU
e. Banom NU
23. Mengikuti salah satu madzhab
empat dalam bidang aqidah tertuang dalam Anggaran Dasar (AD) NU pasal ….
a. Pasal 3
b. Pasal 2
c. Pasal 4
d. Pasal 6
e. PAsal 5
24. Dalam Anggaraan Dasar (AD) NU
yang terdiri dari 18 pasal, NU juga memiliki Anggaran Rumah Tangga dalam
pelaksanaan organisasinya. Anggaran Rumah Tangga (ART) NU terdiri dari ….
a. IV Bab 37 Pasal
b. IV Bab 36 Pasal
c. VI Bab 38 Pasal
d. IX Bab 34 Pasal
e. VIII Bab 36 pasal
25. Struktur Organisasi NU yang
berada di wilayah tingkat propinsi dikenal dengan nama ….
a. PCNU
b. MWC
c. PBNU
d. PWNU
e. Pengurus Ranting
26. Struktur Lembaga Kepengurusan
NU terdiri dari
a. Mustasyar, Syuriah, Lajnah dan Anggota
b. Syuriyah, Tanfidziyah, Anggota dan Lajnah
c. Banom, Anggota Syuriah, Lajnah
d. Tanfidziyah, Muhtasyar, Lajnah dan Anggota
e. Mustasyar, Syuriah, Tanfidziyah dan Anggota
27. Perangkat departemen
organisasi dalam NU yang berfungsi sebagai pelaksanan kebijakan yang berkaitan
dengan bidang tertentu disebut ….
a. Tanfidziyah
b. Lembaga
c. Lajnah
d. Mustasyar
e. Banom
28. Lembaga yang bertugas
melaksanakan kebijakan dalam pendidikan dan pengajaran formal dibawah naungan
….
a. LPNU
b. CPNU
c. LP Ma’arif NU
d. LPBHNU
e. LWPNU
29. KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul
Wathan, Taswirul Afkar, juga menjadi utusan ke Hijaz untuk menemui Raja
Ibnu Suud karena itu beliau dalam organisasi NU dikenal sebagai ….
a. Pendiri Nahdlatul Ulama
b. Pendobrak Nahdlatul Ulama
c. Motor utama berdirinya
Nahdlatul Ulama
d. Penyelamat Nahdlatul Ulama
e. Reformis Nahdlatul Ulama
30. Beliau bergabung dengan Mas
Mansur di Muhammadiyah dan mempakarsai tradisi jurnalistik dalam Nahdlatul
Ulama, pendiri majalah Soeara NU, jago debat, pernah mengganti pemimpin PBNU,
dan berkali-kali menjadi anggota DPR/DPA. Ungkapan tersebut yang dimaksud
adalah ….
a. KH.
Abdul Wahab Hasbullah d. KH.
Abdurrahman Wahid
b.
KH.M.Hsyim Asy'ari e.
KH. Ahmad Sidiq
c. KH.Mas
Mansur
31. Belau terkenal cerdas dan rajin
belajar. Sejak umur 13 tahun telah membantu ayahnya mengajar para santri. Umur
14 tahun mulai berkelana dari pesantren ke pesantren lain, bahkan pendidikannya
sampai ke Mekah yang mendapat ijazah untuk mengajar Shahih Bukhari dan Shahih
Muslim dan dikenal sebagai ahli hadits. Beliau adalah ….
a. Syaichona Muhammad Cholil
b. Hadratus Syeikh KH. Hasyim
Asy'ari
c. KH. A. Wahid Hasyim
d. KH. Abdurrahman Wahid
e. KH. Hasyim Muzadi
32. KH. Hasyim Asy'ari wafat
ketika benteng pertahanan Hizbullah Sabilillah di Singosari Malang direbut tentara
Belanda. Beliau meninggalkan banyak jasa bagi generasi penerusnya dengan
meninggalakan karya yang dapat dijadikan rujukan bagi para ulama yang berjudul
….
a. Risalah
Ahlussunnah Wal Jama'ah
b. Matan
Ahlussunnah Wal Jama'ah
c. Hasyiah
Ahlussunnah Wal Jama'ah
d. Mukhtasyar
Ahlussunnah Wal Jama'ah
e. Risalah
Tauhid
33. Restu guru dalam mendirikan NU
diberikan oleh KH. Hasyim Asy'ari karena beliau sebagai guru spiritual ulama
nusantara sangat ta'dhim terhadap tanah haram. Guru tersebut yang
dimaksud adalah ….
a. KH.R. Asnawi
b. Syaichona Muhammad Cholil
Bangkalan
c. Hadratus Syaikh KH.Muhammad
Hayim Asy'ari
d. KH. Halim Cirebon
e. Syeikh Ahmad Ghanaim Mesir
34. Muhammad Cholil putra dari KH.
Abdul Latif Bangkalan, belajar pada K. Muhammad Nur, KH. Asyik Saguto dan
belajar ke Mekah bersama Syeikh Nawawi Banten dan kawan-kawan akhirnya menjadi
ahli nahwu, hasil karyanya banyak. Yang Bukan karya beliau adalah …
a.
Terjemahan Alfiyah Ibnu Malik
b. Shalawat
Tibbul Qulub
c. Asliyah
Fi Bayan Nikah
d. Nahwu
Wadheh
e. Al
Hakibah
35. Sejak kecil ia belajar dengan
ayahnya KH. Muhammad Siddiq kemudian melanjutkan ke Tebuireng lalu menetap ke
Mekah. Saat di Mekah terkenal ahli debat dan ahli pidato. Beliau adalah ….
a. KH. Abdurrahman Wahid
b.KH. Wahid Hasyim
c. KH. Muhammad Mahfud
d. KH. Hafid Siddiq
e. KH. Mahfud Siddiq
36. Kyai yang dimaksud dari soal
di atas tergolong pemuda yang progesif, sampai menguasai Bahasa Arab, Inggris,
Belanda dan Latin, aktif menulis, juga sebagai pemimpin redaksi Soeara NU.
Belaiau mengusulkan dalam tubuh NU agar dibentuk ….
a. IPNU-IPPNU b. Lesbumi c.
Fatayat d. PBNU e. Anshor NU
37. KH.A.Wahid Hasyim dalam usia
15 tahun telah mampu menguasai tiga bahasa yaitu Arab, Inggris dan Belanda.
Pada masa pemerintahannya mengusulkan pada Jepang agar para santrinya dilatih
militer. Maka pada tanggal 14 Oktober tebentuklah ….
a. Menteri Negara d.
BPKNIP
b. Menteri agama e. PPKI
c. KNIP
38. Perjalanan NU telah panjang
demi pengabdian masyarakat, bangsa dan agama. NU selalu memperhatikan gejolak
yang muncul demi terwujudnya Khairu Ummah. Dalam Muktamar ke-27 di Situbondo
berhasil memilih KH. Ahmad Siddiq menjadi Rais Am PBNU. Beliau juga terkenal
menjadi ….
a. Pemrakarsa NU ke percanturan
poltik
b. Pemrakarsa pembentuk PKB
c. Pemrakarsa pembentuk MIAI
d. Pemrakarsa NU tandingan
e. Pmrakarsa NU kembali ke Khittah
NU 1926
39. Tokoh NU yang menjadi Ketua
Umum PBNU selam 3 peiode yakni lewat Muktamar 27 di Situbondo, Muktamar 28 di
Jogjakarta dan Muktamr 29 di Cipasung adalah ….
a. KH. Wahid Hasyim
b. KH. Hasyim Muzadi
c. KH. Ali Maksum
d. Kh. Abdurrahman Wahid
e. KH. Raden Asad Syamsul Arifin
40. KH. Sahal Mahfudz karena
kahliannya dalam ilmu Fikih abad modern. Oleh karena itu Universitas Islam
Negeri Jakarta memberikan gelar ….
a. Syuriah NU d.
Mustasyar NU
b. Sarjana NU e.
Mujaddid NU
c. Doktor Honoris Causa (DRG)
B. Jawablah pertanyaaan di bawah
ini!
1. Sebutkan 3 tujuan khusus pondok
pesantren!
2. Jelaskan Visi dan Misi NU!
3. Bagaimana kegiatan IPNU dan
IPPNU di sekolahmu agar maju?
4. Jelaskan biografi singkat KH.
Hasyim Asy'ari!
5. Siapa tokoh NU yang kamu
teladani? Mengapa?
kelas 11 dan 12 mana?
ReplyDeletekhhoir
ReplyDelete