RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Strategi
Dakwah Rasulullah di Madinah.
Alokas
Waktu : 6 X 45 Menit (2 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.10.2 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
4.8.1.1 Menjelaskan
perkembangan Agama Islam di Periode Madinah
4.8.1.2 Menjelaskan Sistem dan tatacara dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
4.8.1.3 Meneladani
Prilaku terpuji Rasulullah dalam dawah penyebaran Islam di Madinah
4.8.1.4 Menerapkan perilaku
terpuji Rasulullah Saw.dalam berdawah di
Madinah pada kehidupan siswa sehari-hari
D. TujuanPembelajaran.
Melalui metode inquary learning peserta didik
dapat :
1. Menjelaskan perjalanan
dawah Rasulullah Saw di Madinah melalui perjuangan dengan kegigihan dan
berakhlak mulia.
2. Menjelaskan
tatacara penyebaran Agama Islam oleh
Rasulullah Saw. di Madinah.
3. Meneladani perilaku terpuji Rasululllah Saw. dalam penyebaran Islam di
Madinah
4. Menerapkan strategi penyebaran Agama Islam melalui
akhlak terpuji yang dilaksanakan Rasulullah SAW periode Madinah pada masa sekarang
E. Materi Pembelajaran
Dalam membina
masyarakat Islam di Madinah strategi dakwah yang dilakukan
Rasulullah SAW antara lain :
1.
Mendirikan Masjid.
2.
Mempersaudarakan
kaum Muhajirin dan Ansor.
3.
Perjanjian
Perdamaian dengan kaum Yahudi.
4.
Meletakkkan
dasar-dasar Politik, Ekonomi dan Sosial untuk masyarakat Islam.
5.
Memelihara
dan mempertahankan masyarakat Islam.
Adapun substansi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
dapat dilihat dari perubahan yang di bawa oleh Nabi Muhammad SAW meliputi segala
segi dan bidang kehidupan antara lain :
1.
At-Tauhid.
Bangsa
Arab di zaman jahiliyah, mereka menyembah patung-patung, batu-batu berhala dan
mereka menyembelih hewan-hewan qurban dihadapan patung-patung untuk
memulyakannya. Mereka tenggelam dalam kemusyrikan dan hidupnya saling berpecah
belah, saling membunuh dan bermusuhan. Kemudian datanglah Rasulullah SAW membawa
risalah Al-Qur’an yang menjelaskan bahwa tak ada Tuhan yang berhak di sembah
kecuali Allah SWT yang telah menciptakan seluruh isi alam ini. Kitab Al-Qur’an
benar-benar telah
2.
menghidupkan jiwa dan merubah
kepercayaan mereka, hingga mereka hanya menyebah satu Tuhan yaitu Allah
SWT.
3.
Al-Ikha’ (persaudaraan). Persaudaraan
merupakan azas yang sangat penting dalam masyarakat Islam yang diletakkan
Rasulullah SAW. Bangsa Arab yang sebelumnya lebih menonjolkan identitas
kesukuannya, setelah memilih Islam diganti dengan identitas baru yaitu ukhuwah
islamiyah. Atas dasar ini pula kaum muhajirin dan ansor dipersaudarakan
sebagaimana telah diceritakan di depan. Banyak
sekali ayat-ayat dan hadits yang menjelaskan tentang persaudaraan ini.
4.
Al-Musyawwamah
(persamaan). Rasulullah SAW dengan tegas mengajarkan seluruh manusia
adalah keturunan Adam yang diciptakan dari tanah, seorang Arab tidak lebih
mulia dari seorang ajam (bukan Arab) demikian pula sebaliknya, orang yang
paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa kepada Allah SWT (Al-Hujurot
:13). Atas dasar inilah setiap warga masyarakat memiliki hak kemerdekaan,
kebebasan (al-hurriyah). Dengan dasar ini Rasulullah SAW menganjurkan kepada
para sahabatnya untuk memerdekaan hamba-hamba sahaya yang dimilki oleh bangsawan-bangsawan
Quraiys.
5.
At-Tasamuh
(toleransi). Hal ini bisa kita lihat dalam piagam Madinah, dimana umat
islam siap berdampingan dengan kaum Yahudi atau bangsa apapun di dunia atas
dasar saling menghormati dengan pemeluk agama lain (Al-Kafirun : 6) Karena terbukti
orang Yahudi telah mengusik keyakinan umat Islam dan berusaha mencelekai
Rasulullah SAW, maka satu persatu mereka di usir dari Madinah.
6.
At-Tasyawur
(musyawarah). Kendatipun Rasulullah SAW mempunyai kedudukan yang sangat
tinggi dan terhormat dalam masyarakat, acap kali beliau meminta pendapat para
sahabat dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan
dengan urusan-urusan dunia dan sosial budaya. Manakala argumentasi para sahabat itu dianggap benar,
tidak jarang beliau mengikuti pendapat mereka. (lihar Ali Imron :159,
Asy-Syuro’ : 38)
7.
At-Ta’awun
(tolong menolong). Tolong menolong
sesama muslim, antara lain telah ditujukan dalam bentuk persaudaraan antara
kaum Muhajirin dan Ansar, juga saling membantu antara penduduk Madinah dengan
fihak lain. (lihat Al-Maidah : 21)
8.
Al-‘Adalah
(keadilan). Hal ini berkaitan erat dengan hak dan kewajiban setiap
individu dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan posisinya masing-masing.
Di satu sisi seseorang memperoleh haknya, sementara disisi lain ia berkewajiban
memberikan hak orang lain kepada yang berhak menerimanya. Prinsip ini berpedoman pada surat Al-Maidah : 8 dan
An-Nisa : 58.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan
Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power
Point, al-Qur’an Digital
b. Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H. SumberBelajar
1. Tafsir al-Qur’an dan buku-buku
hadits
2. Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3. Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X
I.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah
seorang peserta didik dengan khusuk
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca Asmaul Husna.
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran;
d. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
e.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan tema
f.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
g.
Menyampaikantahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan
menyampailan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
b.
Menanya
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
-
Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
d.
Asosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah.
e.
Komunikasi.
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
25 menit
|
Pertemuan Ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan khusuk
b. Memulai pembelajaran dengan membaca Asmaul Husna.
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan
memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran;
d. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
e. Mengajukan pertanyaan secara
komunikatifberkaitan dengan tema
f. Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang
akan dicapai;
g. Menyampaikantahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampailan, menanggapi dan
membuat kesimpulan hasil diskusi
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
b. Menanya
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
-
Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
d. Asosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah.
e. Komunikasi.
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan
atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
25 menit
|
J.
Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
1.
Jenis : Perbuatan dan tulis
2.
Bentuk : Produk
3.
Prosedur
Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes
(Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes
(Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
4.
Instrumen Tes
Tugas
·
Browsing
internet tentang stategi dan substansi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait
dengan
·
menceritakan isi gambar tentang
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang isi perjanjian hudaibiyah
Tes
·
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap dakwah Rasulullah
SAW periode Madianh
·
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati diskusi.
·
Tes Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Kapan
Rasulullah mulai berakwah di Mdinah?
|
|
2.
|
Apakah substansi
dakwah Rasulullah di madinah?
|
|
3
|
Strategi apakah
yang lakukan Rasulullah pada saat dakwah di Madinah?
|
|
4.
|
Apakah hikmah
yang dapat kita ambil dari perjuangan Rasulullah di madinah?
|
Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 –
79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru
PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag
0 comments :
Post a Comment