RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas
/ Semester : X / 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Tema : Iman Kepada
Malaikat Allah SWT.
Alokas
Waktu : 9 X 45 Menit (3
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.6 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menentukan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.
Menjelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.
Mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT.
4.
Memberi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
2.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menentukan
tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
3.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menjelaskan
makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
4.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat
mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan
baik.
5.
Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memberi contoh
perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT. dengan baik.
E.
Materi pembelajaran
1.
Tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.
Makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.
Hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.
Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.
F. Model dan MetodePembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b. Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik
G. Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power
Point, al-Qur’an Digital
b. Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H.
Sumber Belajar
a.
Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan buku-buku hadits
b.
Margiono,
2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Yudistira
I.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran
siswa.
2. Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat
pilihan
3. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4. Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan,
langkah, dan manfaat pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5. Siswa menyimak penjelasan cakupan materi
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Inti
|
MENGAMATI
1. Siswa
mencermati bacaan teks tentang nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.
2. Menyimak
penjelasan materi diatas melalui tayangan vidio atau media lainnya
MENANYA
1. Siswa berdiskusi tentang nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman
dan bahasa yang santun.
2. Siswa berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan oleh orang yang
beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA
/EKSPLORASI
1. Siswa mendiskusikannilai-nilai
dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
1. Siswa secara individual memahami nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
dengan baik
dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
1. Siswa menampilkan hasil identifikasi nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan
bertanggung jawab.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan.
3.
Guru melaksanakan
evaluasi.
4.
Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
25 menit
|
Pertemuan ke-2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran
siswa.
2. Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat
pilihan.
3. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan,
langkah, dan manfaat pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5. Siswa menyimak penjelasan cakupan materi
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Inti
|
MENGAMATI
1.
Siswa mencermati bacaan teks tentang makna
dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.
Menyimak penjelasan materi diatas
melalui tayangan vidio atau media lainnya
MENANYA
3. Siswa berdiskusi tentang mengapa kita harus beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan
saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
4. Siswa berdiskusi tentang makna dan hikmah beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan saling menghargai pendapat teman dan
bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA
/EKSPLORASI
5. Siswa menyimpulkan makna
dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
6. Siswa secara individual memahami makna dan hikmah beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.denganbaik dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
7. Siswa menampilkan hasil identifikasi makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan.
3. Guru melaksanakan evaluasi.
4. Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
25 menit
|
Pertemuan ke-3
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran
siswa.
2. Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat
pilihan.
3. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4. Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan,
langkah, dan manfaat pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5. Siswa menyimak penjelasan cakupan materi
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Inti
|
MENGAMATI
1. Siswa
mencermati bacaan teks tentang contoh perilaku beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.
2. Menyimak
penjelasan materi diatas melalui tayangan vidio atau media lainnya
MENANYA
3. Siswa berdiskusi tentang contoh-contoh prilaku beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan
saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA
/EKSPLORASI
4. Siswa menyimpulkan contoh-contoh prilaku beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
5. Siswa secara individual memahami contoh-contoh prilaku beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan bahasa yang baik dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
6. Siswa menampilkan hasil identifikasi contoh-contoh prilaku beriman kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
|
100 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan.
3. Guru melaksanakan evaluasi.
4. Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
25 menit
|
J.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Jenis :
Perbuatan dan tulis
2. Bentuk :
Produk
3. Prosedur Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
4.
Instrumen tes
No
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!
|
|
2.
|
Jelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!
|
|
3
|
Jelaskan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!
|
|
4.
|
Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!
|
Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta
didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan : Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik =
60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag
maturnuwun sanget pak, saya izin mengcopy dan mempelajari. :)
ReplyDeleteTerimakasih pak sangat membantu
ReplyDeletematur suwun pak
ReplyDeletemaaf pak, saya klik download kok ga bisa download ya, hanya masuk ke site ziddu saja. terimaksih
ReplyDelete