Sunday 20 July 2014

RPP KELAS X KURIKULUM 2013 - IMAN KEPADA MALAIKAT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

DOWNLOAD


Satuan Pendidikan      : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester          : X / 2
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Tema                           : Iman Kepada Malaikat Allah SWT.
Alokas Waktu             : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti   :
(K1)    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,  ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)     :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
3.6     Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4     Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menentukan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.      Menjelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.      Mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.      Memberi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menentukan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menjelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
4.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasikan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.
5.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memberi contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik.

E.     Materi pembelajaran
1.      Tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.      Makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
3.      Hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
4.      Contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.

F.       Model dan MetodePembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Inkuiri
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik

G.      Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an Digital
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

H.    Sumber Belajar
a.       Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan buku-buku hadits
b.      Margiono, 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Yudistira

I.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran siswa.
2.    Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat pilihan
3.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan, langkah, dan  manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.    Siswa menyimak penjelasan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

15 menit

Inti

MENGAMATI
1.    Siswa mencermati bacaan teks tentang nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.    Menyimak penjelasan materi diatas melalui tayangan vidio atau media lainnya

MENANYA
1.      Siswa berdiskusi tentang nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
2.    Siswa berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA /EKSPLORASI
1.      Siswa mendiskusikannilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
1.      Siswa secara individual memahami nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan baik dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
1.      Siswa menampilkan hasil identifikasi nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.


100 menit








Penutup
1.    Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.    Guru  melaksanakan evaluasi.
4.    Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5.    Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
25 menit

Pertemuan ke-2
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat pilihan.
3.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan, langkah, dan  manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa menyimak penjelasan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

15 menit
Inti
MENGAMATI
1.      Siswa mencermati bacaan teks tentang makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.    Menyimak penjelasan materi diatas melalui tayangan vidio atau media lainnya

MENANYA
3.    Siswa berdiskusi tentang mengapa kita harus beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
4.    Siswa berdiskusi tentang makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA /EKSPLORASI
5.    Siswa menyimpulkan makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
6.    Siswa secara individual memahami makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.denganbaik dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
7.      Siswa menampilkan hasil identifikasi makna dan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
100 menit



Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Guru melaksanakan evaluasi.
4.      Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5.      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

25 menit


Pertemuan ke-3
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Siswa merespon salam dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Siswa melafalkan asmaul husnah/Tadarus ayat pilihan.
3.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan, langkah, dan  manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.    Siswa menyimak penjelasan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

15 menit
Inti
MENGAMATI
1.      Siswa mencermati bacaan teks tentang contoh perilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
2.    Menyimak penjelasan materi diatas melalui tayangan vidio atau media lainnya

MENANYA
3.    Siswa berdiskusi tentang contoh-contoh prilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT. dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
MENGUMPULKAN DATA /EKSPLORASI
4.    Siswa menyimpulkan contoh-contoh prilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
MENGASOSIASI
5.      Siswa secara individual memahami contoh-contoh prilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan bahasa yang baik dan benar.
MENGKOMUNIKASIKAN
6.      Siswa menampilkan hasil identifikasi contoh-contoh prilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.dengan jujur dan bertanggung jawab.
100 menit

Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
3.      Guru melaksanakan evaluasi.
4.      Siswa dan guru melakukan umpan balik.
5.      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

25 menit

J.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Jenis                      : Perbuatan dan tulis
2.      Bentuk                  : Produk
3.      Prosedur Penilaian :

No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu penilaian
1
Sikap
Non Tes (Pengamatan)
Proses KBM
2
Pengetahuan
Tes
Setelah KBM
3
Keterampilan
Non Tes (Pengamatan)
Di luar KBM

4.      Instrumen  tes


Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan tanda-tanda keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!

2.
Jelaskan makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!

3
Jelaskan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!

4.
Sebutkan contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.!


Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)

No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Amar





2.           2
Amir





3.           3
Umar





Dst
Dst..........................







Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


    Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                                           
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                     Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                                      Ulin Nuha, M.Ag





4 comments :

  1. maturnuwun sanget pak, saya izin mengcopy dan mempelajari. :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih pak sangat membantu

    ReplyDelete
  3. maaf pak, saya klik download kok ga bisa download ya, hanya masuk ke site ziddu saja. terimaksih

    ReplyDelete