STANDAR PERPUSTAKAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH
SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI
STANDAR PERPUSTAKAAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN
ISLAM
DIREKORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SATUAN PENDIDIKAN
TAHUN 2010
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, satuan pendidikan maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksud untuk peningkatan
potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti,
dan moral sebagai perwujudan dari
pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman,
dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan individual ataupun
kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan
visi ini mendorong dikembangkannya standar perpustakaan sesuai dengan jenjang
satuan pendidikan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian pemanfaatan dan pemberdayaan perpustakaan Pendidikan Agama Islam;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan penggunaan
perpustakaan untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peran semua
unsur satuan pendidikan, orang tua siswa dan masyarakat sangat
penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Perpustakaan Pendidikan Agama Islam di Satuan
pendidikan bertujuan untuk:
- mendukung proses pembelajaran PAI dalam menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
- dalam rangka memperkuat akidah, berakhlak mulia, memperluas pengetahuan agama, dan rajin beribadah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Perpustakaan Pendidikan Agama Islam
di Satuan pendidikan meliputi
aspek-aspek sebagai berikut:
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
D. Kegiatan :
1. Menyediakan kitab/buku referensi utama
PAI;
2. Menyediakan buku-buku pendukung
pembelajaran PAI;
3. Menyediakan buku-buku fiksi terkait
dengan PAI;
4. Menyediakan journal, buletin, majalah terkait dengan PAI;
5. Menyediakan modul pengajaran PAI.
BAB II
STADAR PERPUSTAKAAN PAI
A.
Sekolah Dasar
1) Perpustakaan PAI dapat memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla sekolah,
ruang kelas, dengan kriteria
luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC,
kedap suara, beralaskan karpet, daya
listrik minimal 450 watt.
2) Sarana perpustakaan PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3) Setiap satuan pendidikan dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti
tercantum pada Tabel 1
Tabel 1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
2
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
3
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
|
Kitab/buku
|
|
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan dasar
|
10 buah
|
|
5
|
Buku aqidah
Islamiyah
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
|
40 buah
|
|
7
|
Buku Fiqh
|
10 buah
|
|
8
|
Buku akhlaq
|
10 buah
|
|
9
|
Buku hadits
|
10 buah
|
|
10
|
Buku sejarah
kebudayaan Islam
|
10 buah
|
|
11
|
Novel
Islami 10 judul
|
Masing-masig 10 buah
|
|
17
|
Modul PAI
untuk pendidikan dasar
|
20 – 30 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
|
Globe
|
1 buah
|
|
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
18
|
Buku inventaris
|
1 buah
|
|
19
|
Tempat sampah
|
1 buah
|
|
20
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
21
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
B. Sekolah Dasar Luar Biasa
1) Perpustakaan PAI dapat memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla satuan
pendidikan, ruang kelas, dengan
kriteria luas : 6 x 7 m = 42
m, ber AC, kedap suara, beralaskan karpet, daya
listrik minimal 450 watt.
2) Sarana perpustakaan PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3) Setiap satuan pendidikan dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti
tercantum pada Tabel 2
Tabel 2.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an braile
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah braile
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan dasar braile
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
braile
|
40 buah
|
|
7
|
Kaset
pembelajaran aqidah
|
2 buah
|
|
8
|
Kaset
pembelajaran Al-Qur’an
|
2 buah
|
|
9
|
Kaset
pembelajaran hadits
|
2 buah
|
|
10
|
Kaset
pembelajaran akhlaq
|
2 buah
|
|
11
|
Kaset
pembelajaran shalat, puasa, zakat, haji
|
2 buah
|
|
12
|
Kaset
pembelajaran sejarah kebudayaan Islam
|
2 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
13
|
Globe
|
1 buah
|
|
14
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
15
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
16
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
17
|
Tape recorder
|
1 buah
|
|
C. Sekolah Menengah Pertama
1.
Perpustakaan PAI dapat
memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla satuan pendidikan, ruang kelas, dengan kriteria luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC, kedap suara, beralaskan
karpet, daya listrik minimal 450 watt.
2.
Sarana perpustakaan PAI berfungsi
sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3.
Setiap satuan pendidikan
dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti tercantum pada Tabel 3
Tabel 3 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan menengah pertama
|
10 buah
|
|
5
|
Buku aqidah
Islamiyah
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
|
40 buah
|
|
7
|
Buku Fiqh
|
10 buah
|
|
8
|
Buku akhlaq
|
10 buah
|
|
9
|
Buku hadits
|
10 buah
|
|
10
|
Buku
sejarah kebudayaan Islam
|
10 buah
|
|
11
|
Buku ilmu
tajwid
|
10 buah
|
|
12
|
Novel
Islami 15 judul
|
Masing-masig 10 buah
|
|
13
|
Majalah
Islami
|
1 buah
|
|
14
|
Surat kabar
Islami
|
1 buah
|
|
15
|
Modul PAI
untuk pendidikan menengah pertama
|
20 – 30 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
16
|
Globe
|
1 buah
|
|
17
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
18
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
20
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
D. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa
1. Perpustakaan
PAI dapat memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla satuan pendidikan, ruang
kelas, dengan kriteria luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC, kedap suara,
beralaskan karpet, daya
listrik minimal 450 watt.
2. Sarana perpustakaan PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3. Setiap satuan
pendidikan dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti tercantum pada Tabel 4
Tabel 4.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an braile
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah braile
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan dasar braile
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
braile
|
40 buah
|
|
7
|
Kaset
pembelajaran aqidah
|
2 buah
|
|
8
|
Kaset
pembelajaran Al-Qur’an
|
2 buah
|
|
9
|
Kaset
pembelajaran hadits
|
2 buah
|
|
10
|
Kaset
pembelajaran akhlaq
|
2 buah
|
|
11
|
Kaset
pembelajaran shalat, puasa, zakat, haji
|
2 buah
|
|
12
|
Kaset
pembelajaran mu’amalat
|
|
|
13
|
Kaset
pembelajaran sejarah kebudayaan Islam
|
2 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
14
|
Globe
|
1 buah
|
|
15
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
16
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
17
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
18
|
Tape recorder
|
1 buah
|
|
E. Sekolah Menengah Atas
1.
Perpustakaan PAI dapat
memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla satuan pendidikan, ruang kelas, dengan kriteria luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC, kedap suara, beralaskan
karpet, daya listrik minimal 450 watt.
2.
Sarana perpustakaan PAI berfungsi
sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3.
Setiap satuan pendidikan
dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti tercantum pada Tabel 5
Tabel 5 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan menengah atas
|
10 buah
|
|
5
|
Buku aqidah
Islamiyah
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
|
40 buah
|
|
7
|
Buku ilmu
tajwid
|
10 buah
|
|
8
|
Buku Fiqh
|
10 buah
|
|
9
|
Buku akhlaq
|
10 buah
|
|
10
|
Buku hadits
|
10 buah
|
|
11
|
Buku
sejarah kebudayaan Islam
|
10 buah
|
|
12
|
Buku fiqh
mu’amalah
|
10 buah
|
|
13
|
Buku fiqh
munakahah
|
10 buah
|
|
14
|
Buku fiqh
jinayah
|
10 buah
|
|
15
|
Buku fiqh
siyasah
|
10 buah
|
|
16
|
Novel
Islami 20 judul
|
Masing-masig 10 buah
|
|
17
|
Journal
Islami
|
1 buah
|
|
18
|
Buletin
Islami
|
1 buah
|
|
19
|
Majalah
Islami
|
1 buah
|
|
20
|
Surat kabar
Islami
|
1 buah
|
|
21
|
Modul PAI
untuk pendidikan menengah atas
|
20 – 30 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
22
|
Globe
|
1 buah
|
|
23
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
24
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
25
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
F. Menengah Atas Luar Biasa
1.
Perpustakaan PAI dapat memanfaatkan raungan di masjid, di mushalla satuan
pendidikan, ruang kelas, dengan
kriteria luas : 6 x 7 m = 42
m, ber AC, kedap suara, beralaskan karpet, daya
listrik minimal 450 watt.
2. Sarana perpustakaan PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3. Setiap satuan
pendidikan dilengkapi sarana perpustakaan PAI seperti tercantum pada Tabel 6
Tabel 6.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Perpustakaan PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
|
|
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan perpustakaan.
|
|
Meja dan
kursi petugas perpustakaan
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
|
Meja dan
kursi untuk peserta didik
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
2
|
Kitab Suci
Al-Qur’an braile
|
20 – 30 buah
|
|
3
|
Al-Qur’an
dan terjemah braile
|
20 – 30 buah
|
|
4
|
Buku PAI
untuk pendidikan dasar braile
|
10 buah
|
|
6
|
Iqra’ 1-6
braile
|
40 buah
|
|
7
|
Kaset
pembelajaran aqidah
|
2 buah
|
|
8
|
Kaset
pembelajaran Al-Qur’an
|
2 buah
|
|
9
|
Kaset
pembelajaran hadits
|
2 buah
|
|
10
|
Kaset
pembelajaran akhlaq
|
2 buah
|
|
11
|
Kaset
pembelajaran shalat, puasa, zakat, haji
|
2 buah
|
|
12
|
Kaset
pembelajaran fiqh mu’amalat
|
|
|
13
|
Kaset
pembelajaran fiqh mu’amalah
|
10 buah
|
|
14
|
Kaset
pembelajaran fiqh munakahah
|
10 buah
|
|
15
|
Kaset
pembelajaran fiqh jinayah
|
10 buah
|
|
16
|
Kaset
pembelajaran fiqh siyasah
|
10 buah
|
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|
|
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
17
|
Globe
|
1 buah
|
|
18
|
Peta
negara-negara Islam atau mayoritas berpenduduk Islam
|
1 buah
|
|
19
|
Tempat sampah
|
1 buah
|
|
20
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
21
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
BAB III
PENUTUP
Demikian pedoman
standar Perpustakaan PAI disusun
sebagai bahan acuan bersama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
program di lingkungan Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Satuan pendidikan,
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Hal-hal yang
belum tercantum dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.
0 comments :
Post a Comment