Sunday, 20 July 2014

RPP KELAS X - KURIKULUM 2013 - KONTROL DIRI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Satuan Pendidikan      : SMA  NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester          : X / 1
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Tema                           : Kontrol diri, Prasangka baik dan Ukhuwah
Alokas Waktu             : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti         :
(K1)     : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,  ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)     :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :   , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang control diri (Mujahadah an-   nafs), prasangka   baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs), prasangka baik (Husnuzzhan),  dan persaudaraan (al-Ukhuwah).
4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12  , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.

C.      Indikator PencapaianKompetensi
1.      Menganalisis isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :   , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang control diri (Mujahadah an-   nafs), prasangka   baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2.      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs), prasangka baik (Husnuzzhan),  dan persaudaraan (al-Ukhuwah).
3.      Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12  , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
  1. Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.

D.      TujuanPembelajaran    
1.      Menganalisis isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :   , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang control diri (Mujahadah an-   nafs), prasangka   baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2.      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs), prasangka baik (Husnuzzhan),  dan persaudaraan (al-Ukhuwah).
3.      Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12  , dan      QS.Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.      Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.


E.       Materi Pembelajaran
a.         Dalil al-Qur’an
-          QS. Al-Anfal (8) : 72
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang ber-iman dan berhijrah serta berjihad de-ngan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi perto-longan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melin-dungi  mereka, sampai mereka berhij-rah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali ter-hadap kaum yang telah terikat perjan-jian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

-          QS. Al-Hujurat/49 : 10
Artinya : orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
-          QS. Al-Hujurat/49 : 12

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”

b.      Hikmah Mujahadah An-Nafs (Kontrol Diri)
o   Tidak tergesa – gesa melakukan sesuatu.
Mujahadah al-nafs adalah perjuangan sungguh-sungguh atau jihad melawan egoisme (nafsu pribadi). Rasulullah bersabda :

قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا الْجِهَادُ اْلأَكْبَرِ؟ قاَلَ اَلْجِهَادُ فِى النَّفْسِ


Artinya : “Telah kembalilah kita dari sebuah perlawanan yang kecil (perang Badar dengan orang Kaum Kafir Quraisy waktu itu), menuju peperangan yang agung, bertanyalah para sahabat: Ya Rasulallah, apa yang engkau maksudkan peperangan yang besar, rasul menjawab: Perang melawan hawa nafsu”.

c.       Hikmah Prasangka Baik
1)      Percaya diri
2)      Meningkatkan focus.
3)      Lebih sukses dalam hidup 
4)      Akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.

d.      Hikmah Ukhuwah
1)      Mewujudkan persaudaraan,
2)      Menjaga persatuan dan kesatuan
3)      Menebarkan sifat rahmat bagi sesama manusia.
4)      Hidup menjadi mudah.

F.       Model dan MetodePembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Inkuiri
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik

G.      Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an Digital
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

H.      SumberBelajar
1.    Tafsir al-Quran dan buku-buku hadits
2.    Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3.    Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X

I.         Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
ü  Mencermati kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.

b.   Menanya
ü  Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
ü  Menanyakan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü  Menganalisis kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;

d.   Asosiasi
Membuat kesimpulan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10

e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.


100 menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


 20 menit


Pertemuan ke 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
ü  Mencermati isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.

b.   Menanya
ü  Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
ü  Menanyakan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü  Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;

d.   Asosiasi
Membuat kesimpulan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10

e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

100  menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit


Pertemuan ke 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
4.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
5.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
ü  Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10.
ü  Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.   Menanya
ü  Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10,
ü  Menanyakan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü  Menganalisis manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;

d.   Asosiasi
ü  Membuat kesimpulan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;

e.    Komunikasi.
ü  Menpresentasikan manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah pada QS. al-Hujurat (49): 10;
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.

100 menit
3.
Penutup
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü  Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü  Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

J.        Penilaian Hasil Belajar

1.      Tes (tulis)

NO.
Soal
Kunci Jawaban
1
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10

2
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10
1)      Isi Kandungan Qs. Al-Anfal:72 berisi perintah untuk hijrah dan berjihad.
2)      Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 12 berisi larangan untuk berprasangka buruk, mencari kesalahan orang lain dan menggunjing
3)      Isi Kandungan Qs. Al Hujurat: 10 berisi perintah untuk saling bersaudara.
3
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs) !
Tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu
4
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan) !
Terhindar dari berburuk sangka,
akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.

5
Jelaskan manfaat dan hikmah dari persaudaraan (ukhuwah) !
1)      Mewujudkan persaudaraan,
2)      Menjaga persatuan dan kesatuan
3)      Menebarkan sifat rahmat bagi sesama manusia.
4)      Hidup menjadi mudah.

2.      Tes Lisan

No
Nama Siswa
Aspek
Jumlah
NILAI
0 -100
0 – 100
0 – 100
Kelancaran
Ketepatan Tajwid
Irama Tartil
1






2






3






4






5






6








·         Tugas : mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah);

·         Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) terhadap teman sejawat atau orang lain;

·         Portofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik).






Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                               Ulin Nuha, M.Ag.


1 comments :

  1. kenapa gak bisa didownload ya??
    gak ada link yg lain admin>??

    ReplyDelete