Sunday, 20 July 2014

RPP KELAS X KURIKULUM 2013 - MENGHINDARKAN DIRI DARI PERGAULAN BEBAS DAN PERBUATAN ZINA



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

DOWNLOAD


Nama Sekolah             :  SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti
Kelas/Semester            : X (sepuluh) / 1
Materi Pokok              :  Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit (2 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti  :
(K1)          : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)         : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,  ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)         :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)         :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
3.3     Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits  tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4     Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar..

C.  Indikator Pencapaian Pembelajaran
1.    Peserta didik dapat menganalisis isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
2.    Peserta didik dapat menjelaskan manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.    Peserta didik dapat membaca dengan benar dan lancar Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2
4.      Peserta didik dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan benar dan lancar

D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu:
  1. menganalisis isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
  2. menjelaskan manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
  3. membaca dengan benar dan lancar Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2
  4. mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan benar dan lancar

E.     Materi Pembelajaran
1.    Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
2.      Manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.      Isi Kandungan  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2    

F.     Model dan MetodePembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Inkuiri
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik

G.      Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an Digital
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

H.      SumberBelajar
1.    Tafsir al-Quran dan buku-buku hadits
2.    Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3.    Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X

I.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka  pelajaran  dengan  berdoa
b.      Membaca  Al Quran ayat  pilihan
c.       Menjelaskan tujuan  pelajaran  yang  akan  dilakukan
d.      Melakukan  appersepsi


15  menit

Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·         Membagi  peserta  didik  menjadi  3  kelompok  dan  masing-masing  melalui  tutor  sebaya  untuk menelaah isi kandungan  
Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits tentang   larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
·         Menyimak manfaat  perilaku  sosial yang menjauhkan  diri  dari  pergaulan  bebas dan  berbuat  zina 
b.   Menanya
·         Melalui  motivasi  dari  seorang  guru, peserta  didik  bertanya tentang  isi  kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2
·         Mengajukan  pertanyaan  akibat  seseorang  yang  melakukan  pergaulan  bebas dan  berbuat  zina
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
·         Membaca  buku sumber  secara  bersama  anggota  kelompok untuk  memperoleh  isi  kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2
·           Mencari  jawaban  akibat  pergaulan  bebas dan  berbuat  zina  dari  kitab  tafsir
d.   Asosiasi
·      Mengambil  manfaat dari  perilaku  seseorang  yang  menjauhkan  diri  dari  pergaulan  bebas  dan  berbuat  zina terhadap 
e.    Komunikasi.
·         Menyampaikan  hasil  diskusi kelompok  tentang  isi  kandungan  dan  perilaku  menjauhkan  diri  dari  pergaulan  bebas  dan  berbuat  zina  sesuai  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2   di depan  kelas  secara  bergantian
·            Mencatat  masukan-masukan  dan  menjawab  pertanyaan dari  kelompok  lain


100  menit
3.
Penutup
·      Memberi  kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk  melakukan  refleksi
·      Melakukan  tindak  lanjut
·      Memberikan  tugas  mandiri  terstruktur


25  menit



Pertemuan ke 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka  pelajaran  dengan  berdoa
b.      Membaca  Al Quran ayat  pilihan
c.       Menjelaskan tujuan  pelajaran  yang  akan  dilakukan
d.      Melakukan  appersepsi


15  menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
a.    Mengamati
-   Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24):2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.    Menanya
-       Menanyakan tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits terkait.
-       Menanyakan hukum bacaan tajwid Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan sebab-sebab larangan dalam pergaulan bebas dan perbuatan zina
-       Mendiskusikan manfaat dan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
d.    Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits terkait.
-          Membuat kesimpulan tentang  manfaat dan larangan pergaulan bebas dan   perbuatan zina   
e.    Mengkomunikasikan:
-       Mempraktikkan cara membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang sebab-sebab, manfaat dan hikmah mengapa pergaulan bebas dan perbuatan zina dilarang oleh agama islam.

100  menit

3.
Penutup
  1. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait  sebagai penutup materi pembelajaran;
  2. Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur  (24): 2, serta hadits yang terkait
  3. Pendidik meminta agar salah satu dari peserta didik membacakan kesimpulan dari Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina
  4. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
5.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

25  menit

J.      Lembar Penilaian
1.   Tugas
-          Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
2.   Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
3.   Portofolio
-       Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.   Tes tulis
-  Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan  uraian tentang  kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
5.   Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya

Lembar Soal
1.    Tes Tulis

No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32,) !
 Ayat ini menjelaskan tentang larangan berbuat zina !
2.
Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nur  (24 !): 2
Ayat ini menjelaskan tentang  hukuman bagi orang yang berzina
3.
Jelaskan mengapa pergaulan bebas dan perbuatan zina dilarang!
Karena merusak martabat manusia dan bisa meresahkan masyarakat serta tergolong perbuatan dosa
4.
Jelaskan manfaat dilarangnya pergaulan bebas dan zina!
 Karena bisa menjaga kehormatan manusia dan menghindari penyakit.


2.    Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Amar





2.           2
Amir





3.           3
Umar





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


    Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                      
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                            Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                        Ulin Nuha, M.Ag



1 comments :