STANDAR SARANA DAN PRASARANA IBADAH
PADA SEKOLAH
SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI
STANDAR SARANA
DAN PRASARANA IBADAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN
ISLAM
DIREKORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SATUAN PENDIDIKAN
TAHUN 2010
BAB I
PENDAHUUAN
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, satuan pendidikan maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksud untuk peningkatan
potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti,
dan moral sebagai perwujudan dari
pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman,
dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan individual ataupun
kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada
akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan
visi ini mendorong dikembangkannya standar Sarana dan Prasarana Ibadah sesuai
dengan jenjang satuan pendidikan yang
secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian pemanfaatan dan pemberdayaan Sarana dan Prasarana Ibadah Pendidikan Agama Islam;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan penggunaan
Sarana dan Prasarana Ibadah untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Peran semua unsur satuan pendidikan, orang tua siswa dan masyarakat
sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama
Islam.
B. Tujuan
Sarana dan Prasarana Ibadah Pendidikan Agama Islam
di Satuan pendidikan bertujuan untuk:
- mendukung proses pembelajaran PAI dalam menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
- dalam rangka memperkuat akidah, berakhlak mulia, memperluas pengetahuan agama, dan rajin beribadah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Sarana dan Prasarana Ibadah Pendidikan
Agama Islam di Satuan pendidikan
meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
- Ketersediaan sarana dan prasarana ibadah;
- Pengelolaan sarana dan prasana ibadah;
- Kegiatan pelaksanaan ibadah wajib dan sunah pada waktu jam sekolah.
D. Kegiatan :
1. Menyediakan tempat atau ruangan yang memadai untuk pelaksanaan ibadah bagi pendidik
dan tenaga kependidikan serta peserta didik;
2. Menyediakan perlengkapan yang memadai untuk pelaksanaan ibadah bagi
pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik;
3. Menyediakan kitab suci Al-Qur’an;
4. Menyediakan Al-Qur’an dan terjemah;
5. Menyediakan buku Surat Yasin;
6. Menyediakan buku Iqra’;
7. Dapat menyediakan ruangan untuk perpustakaan PAI;
8. Dapat menyediakan ruangan
untuk laboratorium PAI;
9. Menyelenggarakan shalat jum’at
10. Menyelenggarakan shalat zhuhur berjama’ah;
11. Memfasilitasi penyelenggaraan ibadah sunah;
12. Apabila ada kegiatan sekolah sampai sore hari
menyelenggarakan shalat ashar berjama’ah;
13. Memfasilitasi penuntasan dapat membaca
Al-Qur’an;
14. Memfasilitasi penggalakan amal ibadah sosial;
15. Memfasilitasi amal ibadah ramadhan
BAB II
STANDAR SARANA DAN PRASARANA IBADAH PAI
A.
SD, SMP, SMA, SMK
1) Sarana dan Prasarana Ibadah dapat berupa masjid, mushalla sekolah, atau ruang
kelas atau ruangan lainnya, dengan kriteria
minimal luas : 10 x 10 m =
100 m, beralaskan karpet, daya
listrik minimal 450 watt.
2) Sarana Sarana dan Prasarana Ibadah PAI berfungsi sebagai alat bantu
mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3) Setiap satuan pendidikan dilengkapi sarana Sarana dan Prasarana Ibadah PAI
seperti tercantum pada Tabel 1
Tabel 1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Sarana dan Prasarana Ibadah PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan Sarana dan Prasarana Ibadah.
|
2
|
Meja dan
kursi petugas Sarana dan Prasarana Ibadah
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
3
|
Karpet/sajadah
seluas ruangan tempat ibadah
|
Suci,
bersih, aman, ukuran
memadai untuk peserta didik.
|
|
4
|
Mimbar dan kursi khatib
|
1 unit
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
4
|
Keset
|
2 lembar
|
Kuat,
stabil, aman, ukuran memadai.
|
5
|
Kipas angin
|
5 unit
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
6
|
Fasilitas untuk wudlu pria
|
1 ruangan
|
Jumlah keran dan ukuran proporsional
|
7
|
Fasilitas untuk wudlu perempuan
|
1 ruangan
|
Jumlah keran dan ukuran proporsional
|
8
|
Fasiltas toilet pria
|
2 unit
|
|
9
|
Fasilitas toilet perempuan
|
2 unit
|
|
Kitab/buku/kaset
|
|||
10
|
Kitab Suci
Al-Qur’an
|
20 – 30 buah
|
|
11
|
Al-Qur’an
dan terjemah
|
20 – 30 buah
|
|
12
|
Buku Iqra’
1-6
|
40 buah
|
|
13
|
Buku Surat
Yasin
|
40 buah
|
|
14
|
Kaset
bacaan kitab suci Al-Qur’an mujawwad
|
5 buah
|
|
15
|
Kaset
bacaan kitab suci Al-Qur’an murattal
|
5 buah
|
|
16
|
Buku khutbah
|
3 buah
|
|
17
|
Perlengkapan
Lain
|
||
18
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
19
|
Buku inventaris
|
1 buah
|
|
20
|
Tempat sampah
|
1 buah
|
|
21
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
22
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
23
|
Penunjuk waktu shalat
|
1 buah
|
|
24
|
Speker lengkap untuk ruangan
terbatas
|
1 unit
|
|
25
|
Kotak amal
|
1 buah
|
Aman untuk
mengumpulkan amal para jama’ah
|
26
|
Rehal
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, aman, suci, dan bersih, ukuran
memadai untuk alas kitab suci Al-Qur’an
|
27
|
Tape recorder
|
1 buah
|
|
28
|
Papan/witeboard
petugas pelaksana kegiatan tempat ibadah
|
1 buah
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
29
|
Papan/witeboard
utk pembelajaran
|
1 buah
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
30
|
Mukena
|
30 lembar
|
|
31
|
Sarung
|
30 lembar
|
|
32
|
Peci
|
30 buah
|
B. SDLB, SMPLB, dan SMALB
1.
Sarana dan Prasarana Ibadah dapat
berupa masjid, mushalla sekolah, atau ruang kelas atau ruangan lainnya, dengan kriteria minimal luas : 10 x 10 m = 100 m, beralaskan karpet, daya listrik minimal 450 watt.
2.
Sarana Sarana dan Prasarana
Ibadah PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan pembelajaran PAI;
3.
Setiap satuan pendidikan
dilengkapi sarana Sarana dan Prasarana Ibadah PAI seperti tercantum pada Tabel 2
Tabel 2 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Sarana dan Prasarana Ibadah PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1
|
Lemari/rak
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran
memadai untuk menyimpan seluruh
alat kelengkapan Sarana dan Prasarana Ibadah.
|
2
|
Meja dan
kursi petugas Sarana dan Prasarana Ibadah
|
1 buah
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
3
|
Karpet/sajadah
seluas ruangan tempat ibadah
|
Suci,
bersih, aman, ukuran
memadai untuk jama’ah.
|
|
4
|
Keset
|
2 lembar
|
Kuat,
stabil, aman, ukuran memadai.
|
5
|
Mimbar dan kursi khatib
|
1 unit
|
Kuat,
stabil, dan aman, ukuran
memadai untuk petugas.
|
6
|
Keset
|
2 lembar
|
Kuat,
stabil, aman, ukuran memadai.
|
7
|
Kipas angin
|
5 unit
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
8
|
Fasilitas untuk wudlu pria
|
1 ruangan
|
Jumlah keran dan ukuran proporsional
|
9
|
Fasilitas untuk wudlu perempuan
|
1 ruangan
|
Jumlah keran dan ukuran proporsional
|
10
|
Fasiltas toilet pria
|
2 unit
|
|
Kitab/buku/kaset
|
|||
11
|
Kitab Suci
Al-Qur’an braile
|
20 – 30 buah
|
|
12
|
Al-Qur’an
dan terjemah braile
|
20 – 30 buah
|
|
13
|
Buku Iqra’
1-6 braile
|
40 buah
|
|
14
|
Buku Surat
Yasin braile
|
40 buah
|
|
15
|
Kaset
bacaan kitab suci Al-Qur’an mujawwad
|
5 buah
|
|
16
|
Kaset
bacaan kitab suci Al-Qur’an murattal
|
5 buah
|
|
17
|
Buku khutbah
|
3 buah
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|||
18
|
Komputer
lengkap
|
1 unit
|
|
19
|
Buku inventaris
|
1 buah
|
|
20
|
Tempat sampah
|
1 buah
|
|
21
|
Kotak kontak
|
1 buah
|
|
22
|
Jam dinding
|
1 buah
|
|
23
|
Penunjuk waktu shalat
|
1 buah
|
|
24
|
Speker lengkap untuk ruangan
terbatas
|
1 unit
|
|
25
|
Kotak amal
|
1 buah
|
Aman untuk
mengumpulkan amal para jama’ah
|
26
|
Rehal
|
20 buah
|
Kuat,
stabil, aman, suci, dan bersih, ukuran
memadai untuk alas kitab suci Al-Qur’an
|
27
|
Tape recorder
|
1 buah
|
|
28
|
Papan/witeboard
petugas pelaksana kegiatan tempat ibadah
|
1 buah
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
29
|
Papan/witeboard
utk pembelajaran
|
1 buah
|
Kuat, stabil, ukuran proporsional
|
30
|
Mukena
|
30 lembar
|
|
31
|
Sarung
|
30 lembar
|
|
32
|
Peci
|
30 buah
|
BAB III
PENUTUP
Demikian pedoman
standar Sarana dan Prasarana Ibadah PAI disusun sebagai bahan acuan bersama dalam
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program di lingkungan Direktorat
Pendidikan Agama Islam pada Satuan pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam, Kementerian Agama RI.
Hal-hal yang
belum tercantum dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.
0 comments :
Post a Comment