RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Semangat
Menuntut Ilmu.
Alokas
Waktu : 3 X 45 Menit (1 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.7. Memahami Q.S. At-Taubah (9):122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5. Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam
semangat mencari ilmu.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan
keutamaan menuntut ilmu.
2. Mampu menjelaskan isi
kandungan Q.S. At-Taubah
(9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikan nya kepada sesama.
3. Menyebutkan makna dan
contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
D. TujuanPembelajaran
Diharapkan siswa mampu:
1. Menyebutkan keutamaan
menuntut ilmu.
2. Menjelaskan isi kandungan Q.S. At-Taubah (9) : 122
dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan
nya kepada sesama.
3. Menyebutkan makna dan
contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
E.
Materi Pembelajaran
1. Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada
sesama
2. Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan, dan menyampaikan kepada sesama;
3. Sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-taubah (9) : 122 dan hadis terkait.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan
Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power
Point, al-Qur’an Digital
b.
Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H. Sumber Belajar
a.
Al Quran terjemahan Departemen
Agama RI dan buku-buku hadits
b.
Buku Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
d.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e. Menanyakan materi yang pernah
diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mencermati bacaan teks tentang Q.S.
At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
·
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar
peserta didik bertanya)
·
Mengapa harus
menuntut ilmu?
·
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
·
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi
pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
·
Guru mengamati perilaku contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan
di sekolah.
·
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada
sesama di rumah.
d.
Asosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
e.
Komunikasi.
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
sebagai penutup
materi pembelajaran;
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
c.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
J.
Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
1.
Jenis : Perbuatan dan tulis
2.
Bentuk : Produk
3.
Prosedur
Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes
(Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
4.
Instrumen Tes
Tugas
·
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
Observasi
· Peserta didik melakukan
pengamatan terhadap perilaku semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah
(9) : 122 dan hadits terkait melalui lembar pengamatan di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
Portofolio
·
Melaporkan hasil obervasi
berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya
kepada sesama;
·
Membuat paparan analisis tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya
kepada sesama.
Tes
Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
||
2.
|
||
3
|
||
4.
|
Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 –
79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru
PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag
0 comments :
Post a Comment