Sunday, 20 July 2014

RPP KELAS X KURIKULUM 2013 - SEMANGAT MENUNTUT ILMU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

DOWNLOAD


Satuan Pendidikan      : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester          : X / 2
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Tema                           : Semangat Menuntut Ilmu.
                             Alokas Waktu              : 3 X 45 Menit (1 pertemuan)


A.           Kompetensi Inti           :
(K1)    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,  ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)    :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar                     
3.7. Memahami Q.S. At-Taubah (9):122 dan hadits terkait tentang semangat   menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5.   Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mampu menyebutkan keutamaan menuntut ilmu.
2.    Mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
3.    Menyebutkan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.

D.      TujuanPembelajaran    
Diharapkan siswa mampu:
1.      Menyebutkan keutamaan menuntut ilmu.
2.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
3.      Menyebutkan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.

E.       Materi Pembelajaran
1.      Semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
2.      Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadis terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan menyampaikan kepada sesama;
3.      Sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-taubah (9) : 122 dan hadis terkait.

F.       Model dan MetodePembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Inkuiri
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik

G.      Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an Digital
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

H.    Sumber Belajar
a.    Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan buku-buku hadits
b.    Buku Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013

I.         Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.    Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama
·      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.

b.    Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
·      Mengapa  harus menuntut ilmu?
·      Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
·      Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
·      Guru mengamati perilaku  contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
·      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
d.    Asosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
e.      Komunikasi.
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.

100
menit
3.
Penutup
a.         Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait. sebagai penutup materi pembelajaran;
b.        Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
c.         Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.        Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

25 menit


J.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Jenis                      : Perbuatan dan tulis
2.      Bentuk                  : Produk
3.      Prosedur Penilaian :

No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu penilaian
1
Sikap
Non Tes (Pengamatan)
Proses KBM
2
Pengetahuan
Tes
Setelah KBM
3
Keterampilan
Non Tes (Pengamatan)
Di luar KBM

4.      Instrumen Tes
Tugas
·         Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
Observasi
·      Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan  Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.

Portofolio
·      Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
·     Membuat paparan analisis tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.

Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.


2.


3


4.




Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)

No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Amar





2.           2
Amir





3.           3
Umar





Dst
Dst..........................







Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


    Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                               Ulin Nuha, M.Ag








0 comments :

Post a Comment