RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMA
NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester : X / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Pengelolaan Wakaf.
Alokas
Waktu : 9 X 45 Menit (3
pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf.
C. Indikator
3.9.1
Menjelaskan
pengertian Wakaf,
3.9.2. Menjelaskan ketentuan wakaf
3.9.3. Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan
wakaf.
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui metode problem solving, peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian wakaf
dengan benar
2.
Menjelaskan ketentuan wakaf
dengan benar
3.
Menjelaskan hal-hal yang
berkaitan dengan pengelolaan wakaf dalam masyarakat
E. Materi Pembelajaran
- Pengertian
akaf
- Hukum
wakaf
- Ketentuan
wakaf
- Tata cara pengelolaan wakaf
- Simulasi
ikrar wakaf
- Tata cara pengelolaan wakaf dalam
masyarakat
Dalil-dalil
tentang wakaf adalah sebagai berikut :
1.
Q.S Ali
Imran (3) : 92
`s9 (#qä9$oYs? §É9ø9$# 4Ó®Lym (#qà)ÏÿZè? $£JÏB cq6ÏtéB 4 $tBur (#qà)ÏÿZè? `ÏB &äóÓx« ¨bÎ*sù ©!$# ¾ÏmÎ/ ÒOÎ=tæ ÇÒËÈ
“Kamu tidak akan
memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu
cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha
Mengetahui”. (Q.S Ali Imran (3) : 92
)
2.
Sabda Nabi SAW
Artinya
: “Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Apabila seorang muslim meninggal, maka amalannya terputus kecuali dari
tiga perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang
mendoakannya.".(H.R. Abu Dawud ).
Ulama
telah sepakat bahwa yang dimaksud dengan shadaqah jariyah dalam Hadits tersebut
adalah wakaf.
Amal perbuatan Nabi SAW mendirikan
masjid Quba dan masjid Madinah atau masjid Nabawi.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a.
Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point,
al-Qur’an Digital
b.
Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H.
Sumber Belajar
1.
Buku teks pegangan siswa PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA
2.
UU Perwakafan dan peraturan lainnya tentang wakaf
3.
Buku lain yang
memadai
I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat
b.
Memulai
pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema wakaf
d.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
e.
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya,
berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat
kesimpulan hasil diskusi
f.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
g.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik
dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
- Mencermati bacaan teks
tentang pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan
wakaf.
- Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
video atau media lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa wakaf harus dikelola?
-
Bagaimana cara mengelola wakaf?
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik
mendiskusikan makna dan ketentuan wakaf serta pengeloalaannya.
d.
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi makna dan ketentuan wakaf serta
pengelolaan wakaf.
e.
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi
pengelolaan wakaf.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untukperbaikan langkah selanjutnya
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang
menguasasi materi
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikut
d. Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
e. Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 2
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b. Memulai pembelajaran dengan tadarus Al
Qur`an
c. Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan tema wakaf
d. Menyampaikan kompetensi dasar dan
tujuan yang akan dicapai
e. Menyampaikan tahapan kegiatan yang
meliputi kegiatan mengamati, simulasi, menyimak, menanya, berdiskusi,
mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan
hasil diskusi dan mempraktikkan
f. Menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator
yang akan dicapai.
g. Menanyakan materi yang pernah
diajarkan (Appersepsi).
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik
dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
- Mencermati bacaan teks
tentang dalil wakaf.
- Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa harus ada dalil wakaf harus dikelola?
-
Bagaimana dalil aqli dan naqli
wakaf?
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan dalil wakaf
d.
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi dalil
wakaf.
e.
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi dalil wakaf.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untukperbaikan langkah selanjutnya
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan menmberi tugas individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
menguasasi materi
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikut
d. Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
e. Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 3
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat
b.
Memulai
pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.
Guru
menyapa peserta didik dengan memotivasinya
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema wakaf
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
f.
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya,
berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat
kesimpulan hasil diskusi
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang pengelolaan wakaf.
-
Menyimak penjelasan materi di atas melalui simulasi
ikrar wakaf.
b.
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa harus ada pengelolaan wakaf harus dikelola?
-
Bagaimana pengelolaan wakaf dalam masyarakat?
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan pengelolaan wakaf dalam masyarakat
d.
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi pengelolaan wakaf dalam masyarakat.
e.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengelolaan wakaf di masyarakat.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi
peserta didik yang menguasasi materi
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikut
|
25
menit
|
J.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis :
Perbuatan dan tulis
2.
Bentuk :
Produk
3.
Prosedur Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
4.
Instrumen Tes
Tugas
- Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang pengelolaan wakaf).
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati cara pengelolaan wakaf.
Portofolio
-
Membuat paparan dan menganalisis tentang
pengelolaan wakaf.
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
ketentuan dan pengelolaan wakaf.
Tes lisan
- Memaparkan hasil
pengamatan tentang pengelolaan wakaf.
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 =E
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf
Kudus Guru PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag
0 comments :
Post a Comment