Sunday 18 May 2014

MENGAPA ANDA BERAGAMA ISLAM? (BULETIN "AL FIKROH" Edisi - 1)

MENGAPA ANDA BERAGAMA ISLAM?
By : Ulin Nuha, M.Ag.


DOWNLOAD BULETIN "AL FIKROH" (edisi - 1)

Edisi Mei Minggu ke 1 - 2 Tahun 2014

Apa jawaban anda bila ditanya : “Mengapa anda beragama Islam?

Kemungkinan jawaban anda adalah karena orangtua anda beragama Islam, karena anda ikut-ikutan, karena pasangan menikah anda beragama Islam atau karena kesadaran sendiri.

Kalau anda beragama Islam karena orangtua, ikut-ikutan atau karena pasangan anda, berarti anda adalah orang yang tidak mempunyai konsistensi, tidak punya pendirian, dan tidak punya prinsip hidup. Anda bagaikan hidup di sebuah rumah mewah, lengkap, nyaman, asri, tenang. Tetapi semua indera anda tak berfungsi. Anda berjalan dalam kegelapan, tak merasakan kenyamanan, ketenangan, bahkan anda akan memecahkan perabot rumah tersebut karena kebutaan mata anda.

Ibarat rumah, mengenal agama Islam merupakam modal awal untuk memperkokoh keberagamaan. Dengan mengenal melalui belajar dan mengkaji Islam anda akan membantu fungsi” indera” anda untuk melihat dan merasakan keindahan, kebahagiaan,dan ketenangan dalam beragama Islam.

Bisa jadi anda akan menjawab bahwa anda beragama Islam karena zaman dan tempat. Kalau anda lahir 20 abad yang lalu mungkin akan menganut animisme atau agama yang eksis saat itu. Atau jika anda dilahirkan di Timur Tengah yang mayoritas muslim kemungkinan besarnya anda  akan beragama Islam.

Jawaban yang pasti adalah anda harus beragama Islam dengan kesadaran sendiri, melalui proses belajar, berpikir dan merasa, yang akan memperkokoh keimanan anda dan mengantarkan kebahagiaan dan ketenangan kehidupan anda di dunia dan akhirat. Barangkali anda bisa menjawab bahwa “Agama saya memang sama dengan orang tua, tapi saya sekarang beragama Islam bukan karena mereka lagi, tapi setelah melalui proses berpikir agar bisa sampai kepada keimanan yg kokoh.” Begitulah cara seseorang memperoleh keyakinan. Setelah seseorang dewasa bisa jadi punya pandangan hidup sendiri yang memiliki kemungkinan sama atau malah berbeda dengan orang tuanya. Inilah proses pencarian diri.

 Ada beberapa alasan mengapa beragama Islam, pertama, Islam adalah agama yang benar di sisi Allah SWT. Firman Allah SWT. “Sesungguhnya agama (yang diridlai) Allah SWT. hanya agama Islam” (QS Ali Imran : 19)

Kedua, Islam adalah agama yang diterima dan diridlai oleh Allah SWT. Firman Allah “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi” (QS Ali Imran : 85)

Ketiga, Islam adalah agama yang paling sempurna. Islam mengatur bagaimana berhubungan dengan Allah SWT., dengan sesama manusia dan dengan seluruh alam. Islam juga mengajarkan bagaimana memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Inilah diantara kesempurnaan agama Islam. Firman Allah SWT. “Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah kuridlai Islam itu sebagai agama bagimu” (QS Al Maidah : 3)

Belajar agama Islam menjadi sangat penting bahkan Imam Al Ghazali berpendapat bahwa belajar ilmu agama Islam hukumnya Fardlu ‘Ain. Belajar agama Islam menjadi suatu keharusan bagi setiap orang Islam untuk memperkuat keyakinan terhadap agama yang dianutnya. Dan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.


0 comments :

Post a Comment