STANDAR LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH
SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI
STANDAR LABORATORIUM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SEKOLAH
KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN
ISLAM
DIREKORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SEKOLAH
TAHUN 2010
BAB I
STANDAR LABORATORIUM PAI
A. Latar Belakang
Agama
memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama
menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan
bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat
manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi
menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan agama dimaksud untuk peningkatan
potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti,
dan moral sebagai perwujudan dari
pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman,
dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut
dalam kehidupan individual ataupun
kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti
tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan
manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan
untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling
menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan
visi ini mendorong dikembangkannya standar laboratorium sesuai dengan jenjang
persekolahan yang secara nasional
ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian pemanfaatan dan pemberdayaan laboratorium Pendidikan Agama Islam;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan
manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta
aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan
peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam
menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup
lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan penggunaan
laboratorium untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peran semua
unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam
mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Laboratorium Pendidikan Agama Islam di Sekolah
bertujuan untuk:
- mendukung proses pembelajaran PAI dalam menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
- Menyediakan alat peraga dan laboratorium dalam rangka memperkuat akidah, berakhlak mulia, memperluas pengetahuan agama, dan rajin beribadah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Laboratorium Pendidikan Agama Islam
di Sekolah meliputi aspek-aspek sebagai
berikut:
- Al-Qur’an dan Hadits
- Aqidah
- Akhlak
- Fiqih
- Tarikh dan Kebudayaan Islam
D. Tujuan
laboratorium :
1. Memberi keterampilan dan pelatihan mengajar pada siswa.
2. Membuat media pembelajaran agama.
3. Mengevaluasi proses belajar mengajar di sekolah dan mengembangkannya.
E. Kegiatan :
1. Mengatur kegiatan pembelajaran di
sekolah.
2. Mengatur dan melaksanakan kegiatan
pembekalan Praktek Pelatihan Lapangan.
3. Mengadakan pelatihan dan penyeliaan
pengajaran bagi guru PAI.
4. Mengadakan eksperimen dan diskusi-diskusi tentang teori-teori pengajaran
dan pendidikan agama Islam.
5. Membuat modul dan media pengajaran agama
Islam.
F. Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas, disesuaikan dengan kebutuhan tiap sekolah dengan
luas minimum 42 m² atau 6 m x 7 m, kedap
suara, beralaskan karpet.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
pendidikan agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel dibawah ini.
4) Mempunyai daya
listrik minimal 450 Watt
Ruang Laboratorium :
-
Luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC
-
Kedap suara
-
Beralaskan karpet.
Isi Laboratorium :
- 1 Set multimedia :
-
Komputer : CPU, Monitor, keyboard
-
Printer.
- LCD
Proyektor
- Layar
LCD
- VCD/DVD
player
- Fasilitas internet, hotsport, dan jaringan SIAMOLEK
- Almari
- Meja dan kursi Operator
- Meja dan kursi peserta didik : 30 set
- Model tubuh manusia : untuk praktek memandikan jenazah
- Daya listrik minimal 450 Watt
- CD Pembelajaran PAI berbasis IT
- CD Pembelajaran PAI
- CD Manasik Haji
- CD Pelaksanaan Sholat
- CD Pelaksanaan Wudhu
- CD Al Qur’an : yang dapat mencari ayat, kalimat dan terjemahannya
- CD Al Hadits : yang dapat mencari hadit tertentu, kalimat dan terjemahannya
- CD Tafsier Alqur’an
- CD penciptaan alam semesta : Harun Yahya
- Kit Alqur’an
- Maket Ka’bah
- Maket : Sai, thawaf, wukuf di Arafah, Mabil di Mina
- Gambar peraga wudhu,
- Gambar peraga sholat dua dimensi / tiga dimensi
- Kain Ikhrom
- Kompas penentu arah kiblat
- Theodolic : untuk melihat /menentukan awal bulan, akhir bulan, awal ramadhan
- Peta, globe
- Peta negara-negara Islam, dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam
BAB II
STANDAR LABORATORIUM PAI
A.
Sekolah Dasar
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas, dengan criteria luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC, kedap suara, beralaskan
karpet, daya listrik minimal 450 watt.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel
1
Tabel 1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1
|
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman. Ukuran me-madai untuk me-nyimpan seluruh alat peraga. Tertutup dan dapat dikunci. Dapat memanfaatkan lemari yang terdapat di ruang kelas.
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
2
|
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
|
3
|
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
|
4
|
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
|
5
|
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
|
6
|
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
|
Media
Pendidikan
|
|||
7
|
Peralatan
Multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya
terdiri dari
-1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer),
- TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
-
Fasilitas internet, hotsport, dan jarinan SIAMOLEK
|
8
|
CD Pembelajaran
PAI berbasis IT
|
1 set/sekolah
|
|
9
|
CD
pelaksanaan salat
|
1 set/sekolah
|
|
10
|
CD
pelaksanaan wudlu
|
1 set/sekolah
|
|
11
|
CD
pelaksanaan ibadah haji
|
1 set/sekolah
|
|
12
|
CD
pelaksanaan ibadah lain
|
1 set/sekolah
|
|
13
|
CD pembelajaran PAI berbasis IT untuk SD
|
1 set/sekolah
|
|
14
|
CD Al Qur’an :
yang da-pat mencari ayat, kalimat dan terjemahannya
|
1 set/sekolah
|
|
15
|
CD Al Hadits :
yang dapat mencari hadit tertentu, kalimat dan terjemahannya
|
1 set/sekolah
|
|
16
|
CD Tafsier
Alqur’an
|
||
17
|
CD penciptaan
alam semesta : Harun Yahya
|
||
18
|
Kit Alqur’an
|
1 set/sekolah
|
|
19
|
Maket Ka’bah
|
1 set/sekolah
|
|
20
|
Maket : Sai,
thawaf, wukuf di Arafah, Mabil di Mina
|
1 set/sekolah
|
|
21
|
Gambar peraga
wudhu
|
1 set/sekolah
|
|
22
|
Gambar peraga
sholat dua dimensi / tiga dimensi
|
1 set/sekolah
|
|
23
|
Kain Ikhrom
|
20
set/sekolah
|
|
24
|
Kompas penentu
arah kiblat
|
1 set/sekolah
|
|
25
|
Theodolic :
|
1 set/sekolah
|
untuk melihat menentukan awal bulan,
akhir bulan, awal ramadhan
|
26
|
Peta, globe
|
1 set/sekolah
|
|
27
|
Peta
negara-negara Islam, dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam
|
1 set/sekolah
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|||
28
|
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
|
29
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
30
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
|
31
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
|
32
|
Model tubuh
manusia
|
1 buah/sekolah
|
Untuk
praktek me-mandikan,
mengka-fani, dan mensalat-kan mayat
dan pe-mulasaraannya. Tinggi minimum
125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat
dibongkar pasang. Mudah dibawa.
|
B.
Sekolah Dasar Luar Biasa
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
praktek agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel 2.3.
Tabel 2.3. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
1
|
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang terdapat di
ruang kelas.
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
2
|
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
|
3
|
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
|
4
|
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
|
5
|
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
|
6
|
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
|
7
|
Media
Pendidikan
|
||
8
|
Peralatan
multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya
terdiri dari
-1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer),
- TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
Fasilitas internet, hotsport, dan jarinan SIAMOLEK
|
9
|
CD/kaset
pelaksana-an salat
|
1 set/sekolah
|
|
10
|
CD/kaset
pelaksana-an wudlu
|
1 set/sekolah
|
|
11
|
CD/kaset
pelaksana-an ibadah
haji
|
1 set/sekolah
|
|
12
|
CD/kaset
pelaksana-an ibadah
lain
|
1 set/sekolah
|
|
13
|
CD pembelajaran PAI SD
|
1 set/sekolah
|
|
Perlengkapan
Lain
|
|||
14
|
Buku Iqro’
Braille
|
30 paket/sekolah
|
Iqro dan
juz amma untuk SD,
|
15
|
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
|
16
|
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
|
17
|
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
|
18
|
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
C.
Sekolah Menengah Pertama
Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
praktek agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel 2..
Tabel 2.2.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Media
Pendidikan
|
|||
Peralatan
multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurang-nya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer),
TV, radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.
|
|
CD
pelaksanaan salat
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan wudlu
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan ibadah haji
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan ibadah lain
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1) Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
ibadah.
2) Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum
pada Tabel 2.4.
Tabel 2.4.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Model tubuh
manusia
|
1 buah/sekolah
|
Untuk
praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya.
Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.
|
|
Buku Iqro’
|
30 paket/sekolah
|
Iqro dan
juz amma untuk SD
|
|
Peralatan
rebana
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan
marawis
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan khat
dan kaligrafi
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
D.
Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa
Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
praktek agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel 2.3.
Tabel 2.2.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Media
Pendidikan
|
|||
Peralatan
multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya
terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV,
radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.
|
|
CD/kaset
pelaksanaan salat
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan wudlu
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan ibadah haji
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan ibadah lain
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1) Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
ibadah.
2) Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum
pada Tabel 2.4.
Tabel 2.4.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Model tubuh
manusia
|
1 buah/sekolah
|
Untuk
praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasara-annya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh
peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.
|
|
Buku Iqro’
braille
|
30 paket/sekolah
|
Iqro dan
juz amma untuk SD,
|
|
Peralatan
rebana
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan
marawis
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan khat
dan kaligrafi
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
E.
Sekolah Menengah Atas
Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
praktek agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel 2.3.
Tabel 2.2.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Media
Pendidikan
|
|||
Peralatan
multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya
terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV,
radio, dan pemutar VCD/DVD.
|
|
CD
pelaksanaan salat
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan wudlu
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan ibadah haji
|
1 set/sekolah
|
||
CD
pelaksanaan ibadah lain
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1) Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
ibadah.
2) Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum
pada Tabel 2.4.
Tabel 2.4.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Model tubuh
manusia
|
1 buah/sekolah
|
Untuk
praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya.
Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.
|
|
Buku Iqro’
|
30 paket/sekolah
|
Iqro dan
juz amma untuk SD,
|
|
Peralatan
rebana
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan
marawis
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan khat
dan kaligrafi
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
F.
Sekolah Menengah Atas Luar Biasa
Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1) Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2) Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan
praktek agama Islam.
3) Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada
Tabel 2.3.
Tabel 2.2.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Gambar
simulasi pelaksanaan ibadah haji
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
Ka’bah
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan wudlu
|
1 buah/sekolah
|
||
Gambar
pelaksanaan salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Penunjuk
waktu salat
|
1 buah/sekolah
|
||
Media
Pendidikan
|
|||
Peralatan
multimedia
|
1 set/sekolah
|
Sekurang-kurangnya
terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV,
radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.
|
|
CD/kaset
pelaksanaan salat
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan wudlu
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan ibadah haji
|
1 set/sekolah
|
||
CD/kaset
pelaksanaan ibadah lain
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Kotak kontak
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1) Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek
ibadah.
2) Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum
pada Tabel 2.4.
Tabel 2.4.
Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
|
Jenis
|
Rasio
|
Deskripsi
|
1
|
Perabot
|
||
Lemari/rak
|
1 buah/sekolah
|
Kuat,
stabil, dan aman.
Ukuran
memadai untuk menyimpan
seluruh
alat peraga.
Tertutup
dan dapat dikunci.
Dapat
memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.
|
|
Peralatan Pendidikan
|
|||
Model tubuh
manusia
|
1 buah/sekolah
|
Untuk
praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya.
Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.
Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.
|
|
Buku Iqro’
|
30 paket/sekolah
|
Iqro dan
juz amma untuk SD,
|
|
Peralatan
rebana
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan
marawis
|
1 set/sekolah
|
||
Peralatan khat
dan kaligrafi
|
1 set/sekolah
|
||
Perlengkapan
Lain
|
|||
Buku inventaris
|
1 buah/sekolah
|
||
Tempat sampah
|
1 buah/ruang
|
||
Jam dinding
|
1 buah/ruang
|
BAB III
PENUTUP
Demikian pedoman
standar Laboratorium PAI disusun
sebagai bahan acuan bersama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
program di lingkungan Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Hal-hal yang
belum tercantum dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.
Info yg sangat berharga di saat kami akan visitasi akreditasi prodi pai... Trimakasih... Trus maju dalam pembinaan dan pengembangan anak bangsa yg bertaqwa pada Allah SWT.
ReplyDeleteterima kasih sangat bermanfaat
ReplyDeleteSOP LABnya adakah pak?
ReplyDelete