Sunday 18 August 2013

STANDAR LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH

STANDAR LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH



SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI

STANDAR LABORATORIUM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA SEKOLAH

KEMENTERIAN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN ISLAM
DIREKORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH
TAHUN 2010




BAB I
STANDAR LABORATORIUM PAI


A. Latar Belakang

Agama  memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan agama dimaksud untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan berakhlak  mulia.  Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan  dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual  ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya  bertujuan pada  optimalisasi berbagai potensi  yang dimiliki manusia  yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar laboratorium sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. lebih menitik beratkan pencapaian pemanfaatan dan pemberdayaan  laboratorium Pendidikan Agama Islam;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan penggunaan laboratorium untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B.  Tujuan

Laboratorium Pendidikan Agama Islam di Sekolah bertujuan untuk:
  1. mendukung proses pembelajaran PAI dalam menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang  Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  2. Menyediakan alat peraga dan laboratorium dalam rangka memperkuat akidah, berakhlak mulia, memperluas pengetahuan agama, dan rajin beribadah.

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup Laboratorium Pendidikan Agama Islam di Sekolah  meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

D.  Tujuan laboratorium :
1.   Memberi keterampilan dan pelatihan mengajar pada siswa.
2.   Membuat media pembelajaran agama.
3.   Mengevaluasi proses belajar mengajar di sekolah dan mengembangkannya.

E.  Kegiatan :
1.   Mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah.
2.   Mengatur dan melaksanakan kegiatan pembekalan Praktek Pelatihan Lapangan.
3.   Mengadakan pelatihan dan penyeliaan pengajaran bagi guru  PAI.
4.   Mengadakan eksperimen dan diskusi-diskusi tentang teori-teori pengajaran dan pendidikan agama Islam.
5.   Membuat modul dan media pengajaran agama Islam.

F.   Laboratorium Pendidikan Agama Islam

1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas, disesuaikan  dengan kebutuhan tiap sekolah dengan luas minimum 42 m² atau 6 m x 7 m, kedap suara, beralaskan karpet.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek pendidikan agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel dibawah ini.
4)      Mempunyai daya listrik minimal 450 Watt

Ruang Laboratorium :
-          Luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC
-          Kedap suara
-          Beralaskan karpet.




Isi Laboratorium  :

  1. 1 Set multimedia :
-          Komputer : CPU, Monitor, keyboard
-          Printer.
-     LCD Proyektor
-     Layar LCD
-     VCD/DVD player
  1. Fasilitas internet, hotsport, dan jaringan SIAMOLEK
  2. Almari  
  3. Meja dan kursi Operator
  4. Meja dan kursi peserta didik : 30 set
  5. Model  tubuh manusia : untuk praktek memandikan jenazah
  6. Daya listrik minimal 450 Watt
  7. CD Pembelajaran PAI berbasis IT
  8. CD Pembelajaran PAI
  9. CD Manasik Haji
  10. CD Pelaksanaan Sholat
  11. CD Pelaksanaan Wudhu
  12. CD Al Qur’an : yang dapat mencari ayat, kalimat dan terjemahannya
  13. CD Al Hadits : yang dapat mencari hadit tertentu, kalimat dan terjemahannya
  14. CD Tafsier Alqur’an
  15. CD penciptaan alam semesta : Harun Yahya
  16. Kit Alqur’an
  17. Maket Ka’bah
  18. Maket : Sai, thawaf, wukuf  di Arafah, Mabil di Mina
  19. Gambar peraga wudhu,
  20. Gambar peraga sholat dua dimensi / tiga dimensi
  21. Kain Ikhrom
  22. Kompas penentu arah kiblat
  23. Theodolic : untuk melihat /menentukan awal bulan, akhir bulan, awal ramadhan
  24. Peta, globe
  25. Peta negara-negara Islam, dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam

















BAB II

STANDAR LABORATORIUM PAI
A.   Sekolah Dasar

1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas, dengan criteria luas : 6 x 7 m = 42 m, ber AC, kedap suara, beralaskan karpet, daya listrik minimal 450 watt.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 1

Tabel 1 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1
Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman. Ukuran me-madai untuk me-nyimpan seluruh alat peraga. Tertutup dan dapat dikunci. Dapat memanfaatkan lemari yang terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan


 2
Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah

3
Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah

4
Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah

5
Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah

6
Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah


Media
Pendidikan


7
Peralatan
Multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari
-1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer),
- TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
-      Fasilitas internet, hotsport, dan jarinan SIAMOLEK
8
CD Pembelajaran PAI berbasis IT
1 set/sekolah

9
CD pelaksanaan salat
1 set/sekolah

10
CD pelaksanaan wudlu
1 set/sekolah

11
CD pelaksanaan ibadah haji
1 set/sekolah

12
CD pelaksanaan ibadah lain
1 set/sekolah

13

CD pembelajaran PAI  berbasis IT untuk SD
1 set/sekolah

14
CD Al Qur’an : yang da-pat mencari ayat, kalimat dan terjemahannya
1 set/sekolah

15
CD Al Hadits : yang dapat mencari hadit tertentu, kalimat dan terjemahannya
1 set/sekolah

16
CD Tafsier Alqur’an


17
CD penciptaan alam semesta : Harun Yahya


18
Kit Alqur’an
1 set/sekolah

19
Maket Ka’bah
1 set/sekolah

20
Maket : Sai, thawaf, wukuf  di Arafah, Mabil di Mina
1 set/sekolah

21
Gambar peraga wudhu
1 set/sekolah

22
Gambar peraga sholat dua dimensi / tiga dimensi
1 set/sekolah

23
Kain Ikhrom
20 set/sekolah

24
Kompas penentu arah kiblat
1 set/sekolah

25
Theodolic :
1 set/sekolah
untuk melihat menentukan awal bulan, akhir bulan, awal ramadhan
26
Peta, globe
1 set/sekolah

27
Peta negara-negara Islam, dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain


28
Buku inventaris
1 buah/sekolah

29
Tempat sampah
1 buah/ruang

30
Kotak kontak
1 buah/ruang

31
Jam dinding
1 buah/ruang

32
Model tubuh
manusia
1 buah/sekolah
Untuk praktek me-mandikan, mengka-fani, dan mensalat-kan mayat dan pe-mulasaraannya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.


B.   Sekolah Dasar Luar Biasa

1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 2.3.


Tabel 2.3. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI

No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1
Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan


 2
Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah

3
Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah

4
Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah

5
Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah

6
Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah





7
Media
Pendidikan


8
Peralatan
multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari
-1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer),
- TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.
Fasilitas internet, hotsport, dan jarinan SIAMOLEK
9
CD/kaset pelaksana-an salat
1 set/sekolah

10
CD/kaset pelaksana-an wudlu
1 set/sekolah

11
CD/kaset pelaksana-an ibadah haji
1 set/sekolah

12
CD/kaset pelaksana-an ibadah lain
1 set/sekolah

13
CD pembelajaran PAI SD
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain


14
Buku Iqro’ Braille
30 paket/sekolah
Iqro dan juz amma untuk SD,








15
Buku inventaris
1 buah/sekolah

16
Tempat sampah
1 buah/ruang

17
Kotak kontak
1 buah/ruang

18
Jam dinding
1 buah/ruang



C.   Sekolah Menengah Pertama

Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 2..

Tabel 2.2. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah


Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah


Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah


Media
Pendidikan



Peralatan
multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurang-nya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV, radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.

CD pelaksanaan salat
1 set/sekolah


CD pelaksanaan wudlu
1 set/sekolah


CD pelaksanaan ibadah haji
1 set/sekolah


CD pelaksanaan ibadah lain
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Kotak kontak
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1)   Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek ibadah.
2)   Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum pada Tabel 2.4.

Tabel 2.4. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Model tubuh
manusia
1 buah/sekolah
Untuk praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.

Buku Iqro’
30 paket/sekolah
Iqro dan juz amma untuk SD

Peralatan rebana
1 set/sekolah


Peralatan marawis
1 set/sekolah


Peralatan khat dan kaligrafi
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


D.   Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa

Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 2.3.

Tabel 2.2. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah


Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah


Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah


Media
Pendidikan



Peralatan
multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV, radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.

CD/kaset pelaksanaan salat
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan wudlu
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan ibadah haji
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan ibadah lain
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Kotak kontak
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1)   Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek ibadah.
2)   Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum pada Tabel 2.4.

Tabel 2.4. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Model tubuh
manusia
1 buah/sekolah
Untuk praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasara-annya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.

Buku Iqro’ braille
30 paket/sekolah
Iqro dan juz amma untuk SD,

Peralatan rebana
1 set/sekolah


Peralatan marawis
1 set/sekolah


Peralatan khat dan kaligrafi
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang



E.   Sekolah Menengah Atas

Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 2.3.

Tabel 2.2. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah


Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah


Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah


Media
Pendidikan



Peralatan
multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV, radio, dan pemutar VCD/DVD.

CD pelaksanaan salat
1 set/sekolah


CD pelaksanaan wudlu
1 set/sekolah


CD pelaksanaan ibadah haji
1 set/sekolah


CD pelaksanaan ibadah lain
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Kotak kontak
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1)   Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek ibadah.
2)   Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum pada Tabel 2.4.

Tabel 2.4. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Model tubuh
manusia
1 buah/sekolah
Untuk praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.

Buku Iqro’
30 paket/sekolah
Iqro dan juz amma untuk SD,

Peralatan rebana
1 set/sekolah


Peralatan marawis
1 set/sekolah


Peralatan khat dan kaligrafi
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


F.    Sekolah Menengah Atas Luar Biasa

Laboratorium Pendidikan Agama Islam
1)   Laboratorium PAI dapat memanfaatkan ruang kelas.
2)   Sarana laboratorium PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek agama Islam.
3)   Setiap sekolah dilengkapi sarana laboratorium PAI seperti tercantum pada Tabel 2.3.

Tabel 2.2. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Ruang Laboratorium PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Gambar simulasi pelaksanaan ibadah haji
1 buah/sekolah


Gambar Ka’bah
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan wudlu
1 buah/sekolah


Gambar pelaksanaan salat
1 buah/sekolah


Penunjuk waktu salat
1 buah/sekolah


Media
Pendidikan



Peralatan
multimedia
1 set/sekolah
Sekurang-kurangnya terdiri dari 1 set komputer (CPU, monitor minimum 15 inci, printer), TV, radio tape, pemutar VCD/DVD, dan LCD Projector.

CD/kaset pelaksanaan salat
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan wudlu
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan ibadah haji
1 set/sekolah


CD/kaset pelaksanaan ibadah lain
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Kotak kontak
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang


Alat Peraga Pendidikan Agama Islam
1)   Alat Peraga PAI berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan praktek ibadah.
2)   Setiap sekolah dilengkapi seperangkat alat peraga PAI seperti tercantum pada Tabel 2.4.

Tabel 2.4. Jenis, Rasio, dan Deskripsi Alat Peraga PAI
No.
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot



Lemari/rak
1 buah/sekolah
Kuat, stabil, dan aman.
Ukuran memadai untuk menyimpan
seluruh alat peraga.
Tertutup dan dapat dikunci.
Dapat memanfaatkan lemari yang
terdapat di ruang kelas.

Peralatan Pendidikan



Model tubuh
manusia
1 buah/sekolah
Untuk praktek memandikan, mengkafani, dan mensalatkan mayat dan pemulasaraannya. Tinggi minimum 125 cm. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik. Dapat dibongkar pasang. Mudah dibawa.

Buku Iqro’
30 paket/sekolah
Iqro dan juz amma untuk SD,

Peralatan rebana
1 set/sekolah


Peralatan marawis
1 set/sekolah


Peralatan khat dan kaligrafi
1 set/sekolah


Perlengkapan
Lain



Buku inventaris
1 buah/sekolah


Tempat sampah
1 buah/ruang


Jam dinding
1 buah/ruang







BAB III
PENUTUP

Demikian pedoman standar Laboratorium PAI disusun sebagai bahan acuan bersama dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program di lingkungan Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Hal-hal yang belum tercantum dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut.



3 comments :

  1. Info yg sangat berharga di saat kami akan visitasi akreditasi prodi pai... Trimakasih... Trus maju dalam pembinaan dan pengembangan anak bangsa yg bertaqwa pada Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat.. My blog

    ReplyDelete
  3. terima kasih sangat bermanfaat

    ReplyDelete