Sunday 20 July 2014

RPP KELAS X KURIKULUM 2013-ASMAUL HUSNA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

downloAD

Nama Sekolah             : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh) /  Gasal
Materi Pokok              : Asma’ul Husnah
Alokasi Waktu            : 9 x 45 menit (3 Pertemuan)


A.       TujuanPembelajaran   
Diharapkan siswa mampu:
1.    Menjelaskan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.    Menunjukkan contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.    Menunjukkan sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4.    Menceritakan kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.

B.       Kompetensi Dasar                     
        3.5. Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,   al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3.Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.    Mampu menunjukkan contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.    Mampu menunjukkan sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4.    Mampu menceritakan kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.

D.      Materi Pembelajaran
1.    Makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.    Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.    Sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4.   Kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.

E.       Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya jawab
4.    Praktik


F.       Media Pembelajaran
       Alat          :  - Al-Qur'an dan terjemahnya
                           -  Hadits Imam Buchory dan Muslim
         -  LCD 
   -  Lap top
 
G.      Sumber Belajar
1.    Al Quran terjemahan Departemen Agama RI dan hadits Imam Buchory dan Muslim
2.    Buku Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
3.    Internet

H.      Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c.    Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
d.   Memberikan motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
e.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan


15 menit
2.
Kegiatan Inti

a.    Mengamati
·      Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir ).
·      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.    Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
·      Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
·      Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?
c.    Mengumpulkan data/Mengexplorasi
·      Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir ).
·      Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
·      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.

100
menit
3.
Penutup
a.     Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca  Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir )sebagai penutup materi pembelajaran.
b.  Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca dan menghafal Asmaul Husna
a.         Pendidik menanyakan tentang proses belajar
b.        Pendidik menugaskan membuat presentasi tentang biografi Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang dikaitkan dengan pengamalan Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir )
c.         Pendidik menginformasikan rencana pembelajaran selanjutnya dengan membagi 7 kelompok a kelompok 5 siswa
d.        Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
e.         Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

Pertemuan ke 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c.      Peserta didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang akan dipresentasikan
d.     Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
  e. Memberikan motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
f.   Melanjutkan materi yang diajarkan pada pertemuan pertama


15 menit
2.
Kegiatan Inti

a.      Mengumpulkan data/explorasi
f.         Peserta didik mendiskusikan biografi Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang dikaitkan dengan pengamalan Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir )
·      Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
·      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil  di rumah.
b.      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c.     Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang Iman Kepada Allah melalui Asmaul Husna


100
menit
3.
Penutup
a.       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca  Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir ) sebagai penutup materi pembelajaran.
b.      Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca dan menghafal Asmaul Husna
c.       Pendidik menanyakan tentang proses belajar
d.      Pendidik menugaskan membuat cerita singkat tentang tokoh di Indonesia yang sudah berbuat dan mengamalkan sebagian dari asmaul husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir )
e.       Pendidik menginformasikan rencana pembelajaran selanjutnya
f.       Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
g.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit

Pertemuan ke 3
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c.    Peserta didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang akan dipresentasikan sesuai dengan tugas masing-masing
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.    Memberikan motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
f.     Melanjutkan materi yang diajarkan pada pertemuan kedua


15 menit
2.
Kegiatan Inti

a.      Mengumpulkan data/explorasi
·      Masing-masing peserta didik mempresentasikan tokoh dari Indonesia yang sudah mengamalkan sebagian dari Asmaul Husa sesuai dengan yang ditugaskan
·      Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
·      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil  di rumah.
b.      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c.    Mengkomunikasikan
    Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang Iman Kepada Allah melalui Asmaul Husna

100
menit
3.
Penutup
a.       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca  Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,  al-‘adl dan al-akhiir ) sebagai penutup materi pembelajaran.
b.      Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
c.       Pendidik menanyakan tentang proses belajar apakah menyenangkan atau tidak
d.      Pendidik menginformasikan rencana pembelajaran selanjutnya
e.       Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan doa.
f.       Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


25 menit


I.         Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·    Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil)
Observasi
·     Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan
·     Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Isi diskusi
-          Sikap yang ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok

a.         Proses

LEMBAR PENGAMATAN PROSES PEMBELAJARAN
No
Nama Siswa
Keterampilan Proses
Nilai
Mengamati
Menanya
Eksplorasi
Asosiasi
Komunikasi








1.           1







2.           2








b.         Penilaian Diri
Petunjuk: Isilah dengan tanda (v) sesuai dengan kenyataan dan pengalaman kalian secara jujur!
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama : ……………
Kelas : ……………

No
Kriteria
Jawaban
Ya
Tidak
1.
Saya tidak suka berbohong


2.
Saya tidak suka berkata-kata kotor


3.
Saya tidak suka mencemooh/menghina teman


4.
Saya tidak pernah mengecewakan/melawan orang tua


5.
Saya selalu sabar jika didzolimi orang lain


6.
Saya tidak gampang terpengaruh orang lain


7.
Saya tidak suka tawuran dan pergaulan bebas


8.
Saya tidak suka teman yang mempengaruhi orang lain untuk berbuat perbuatan tercela


9.
Saya tidak akan menghajar orang yang menghina teman saya


10.
Saya suka bekerja keras


11.
Saya selalu berdoa kepada Allah sebelum melakukan sesuatu


12.
Saya selalu meminta yang terbaik kepada Allah setelah mendirikan shalat


13.
Saya tidak mau memecah belah umat


14.
Saya menghargai perbedaan dalam kehidupan


15.
Saya selalu berusaha untuk adil


Jumlah (a,b)


Jumlah skor (ax2)+(bx1)

Nilai ((Jml Skor:30)x100)



Portofolio
·    Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,al-‘adl dan al-akhiir )

No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan makna al-Kariim!
Al-karim artinya maha mulia
2.
Jelaskan makna al-Mu’min!
Al-mumin artinya maha memberi keamanan
3.
Jelaskan makna al-Wakiil!
Al-wakiil artinya maha menggantikan/mewakili
4.
Jelaskan makna al-Matiin!
Al-matiin artinya maha kokoh
5.
Jelaskan makna al-Jaami’!
Al-jami artinya maha mengumpulkan
6.
Jelaskan makna al-‘Adl!
Al-adl artinya maha adil
7.
Jelaskan makna al-akhir!
Al-akhir artinya maha akhir/belakangan


Tes lisan
·     Mempresantasikan hasil diskusi
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Amar





2.           2
Amir





3.           3
Umar





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E
              


Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                               Ulin Nuha, M.Ag.






1 comments :