Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA NU
AL MA’RUF KUDUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : X (Sepuluh) /
Gasal
Materi Pokok : Asma’ul Husnah
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 Pertemuan)
A.
TujuanPembelajaran
Diharapkan siswa mampu:
1.
Menjelaskan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.
Menunjukkan contoh perilaku: keluhuran
budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
3.
Menunjukkan sikap yang mencerminkan:
keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku
adil.
4.
Menceritakan kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian,
member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
B. Kompetensi Dasar
3.5. Memahami
makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3.Berperilaku
yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menjelaskan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
2.
Mampu menunjukkan
contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal
dan berperilaku adil.
3.
Mampu menunjukkan
sikap yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman,
tawakkal dan berperilaku adil.
4.
Mampu menceritakan
kisah teladan yang
mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan
berperilaku adil.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,
al-‘adl dan al-akhiir )
2.
Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal
dan berperilaku adil.
3. Sikap yang mencerminkan: keluhuran budi,
kokoh pendirian, member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
4. Kisah teladan yang mencerminkan: keluhuran budi, kokoh pendirian,
member rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
E.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Praktik
F. Media Pembelajaran
Alat : - Al-Qur'an dan terjemahnya
- Hadits Imam Buchory dan Muslim
- LCD
- Lap top
G. Sumber Belajar
1.
Al Quran terjemahan Departemen
Agama RI dan hadits Imam Buchory dan
Muslim
2.
Buku Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
3.
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
d. Memberikan motivasi tentang pentingnya menghafal dan
mengamalkan Asmaul Husna
e.
Menanyakan materi yang pernah
diajarkan dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
· Mencermati bacaan teks
tentang Asmaul Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir ).
·
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media
lainnya.
b.
Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
· Mengapa Allah memiliki
nama yang begitu banyak?
· Apa yang harus
dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?
c.
Mengumpulkan data/Mengexplorasi
·
Peserta didik
mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman makna Asmaul Husna ( al-kariim,
al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,
al-‘adl dan al-akhiir ).
· Guru mengamati
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku
adil melalui lembar pengamatan
di sekolah.
·
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a. Pendidik meminta agar para peserta didik
sekali lagi membaca Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )sebagai
penutup materi pembelajaran.
b. Pendidik
meminta agar para peserta didik membiasakan membaca dan menghafal Asmaul Husna
a.
Pendidik menanyakan tentang
proses belajar
b.
Pendidik menugaskan membuat presentasi tentang biografi
Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang dikaitkan dengan pengamalan Asmaul
Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
c.
Pendidik menginformasikan
rencana pembelajaran selanjutnya dengan membagi 7 kelompok a kelompok 5 siswa
d.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah dan doa.
e.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Peserta didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang
akan dipresentasikan
d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
e. Memberikan
motivasi tentang pentingnya menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
f. Melanjutkan materi yang diajarkan pada
pertemuan pertama
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengumpulkan data/explorasi
f.
Peserta didik
mendiskusikan biografi
Rasulullah dan Khulafaurrasyidin yang dikaitkan dengan pengamalan Asmaul
Husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil,
al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan
al-akhiir )
·
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
melalui lembar pengamatan di sekolah.
· Guru berkolaborasi
dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
b. Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan
hasil diskusi tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Asmaul Husna (
al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir ) sebagai penutup materi pembelajaran.
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca dan menghafal Asmaul Husna
c.
Pendidik menanyakan tentang
proses belajar
d.
Pendidik menugaskan membuat
cerita singkat tentang tokoh di Indonesia yang sudah berbuat dan mengamalkan
sebagian dari asmaul husna( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin,
al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir )
e.
Pendidik menginformasikan
rencana pembelajaran selanjutnya
f.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah dan doa.
g.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25
menit
|
Pertemuan
ke 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an dan terjemahnya
c. Peserta didik menyiapkan lap top dan LCD serta bahan yang
akan dipresentasikan sesuai dengan tugas masing-masing
d. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
e. Memberikan motivasi tentang pentingnya menghafal dan
mengamalkan Asmaul Husna
f.
Melanjutkan materi yang
diajarkan pada pertemuan kedua
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengumpulkan data/explorasi
· Masing-masing peserta
didik mempresentasikan tokoh dari Indonesia yang sudah mengamalkan sebagian
dari Asmaul Husa sesuai dengan yang ditugaskan
· Guru mengamati
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku
adil melalui lembar pengamatan
di sekolah.
· Guru berkolaborasi
dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di
rumah.
b.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang Iman
Kepada Allah melalui Asmaul Husna
c. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang Iman Kepada
Allah melalui Asmaul Husna
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Asmaul Husna (
al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adl dan al-akhiir ) sebagai penutup materi pembelajaran.
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
menghafal dan mengamalkan Asmaul Husna
c.
Pendidik menanyakan tentang
proses belajar apakah menyenangkan atau tidak
d.
Pendidik menginformasikan
rencana pembelajaran selanjutnya
e.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah dan doa.
f.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25
menit
|
I.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
·
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil)
Observasi
· Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat:
-
Isi diskusi
-
Sikap yang ditunjukkan saat
pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
a.
Proses
LEMBAR PENGAMATAN PROSES
PEMBELAJARAN
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan Proses
|
Nilai
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Eksplorasi
|
Asosiasi
|
Komunikasi
|
|||
1.
1
|
|||||||
2.
2
|
b.
Penilaian Diri
Petunjuk: Isilah dengan tanda (v)
sesuai dengan kenyataan dan pengalaman kalian secara jujur!
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama
: ……………
Kelas
: ……………
No
|
Kriteria
|
Jawaban
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya
tidak suka berbohong
|
||
2.
|
Saya
tidak suka berkata-kata kotor
|
||
3.
|
Saya
tidak suka mencemooh/menghina teman
|
||
4.
|
Saya
tidak pernah mengecewakan/melawan orang tua
|
||
5.
|
Saya
selalu sabar jika didzolimi orang lain
|
||
6.
|
Saya
tidak gampang terpengaruh orang lain
|
||
7.
|
Saya
tidak suka tawuran dan pergaulan bebas
|
||
8.
|
Saya
tidak suka teman yang mempengaruhi orang lain untuk berbuat perbuatan tercela
|
||
9.
|
Saya tidak akan menghajar orang yang
menghina teman saya
|
||
10.
|
Saya suka bekerja keras
|
||
11.
|
Saya selalu berdoa kepada Allah
sebelum melakukan sesuatu
|
||
12.
|
Saya selalu meminta yang terbaik
kepada Allah setelah mendirikan shalat
|
||
13.
|
Saya tidak mau memecah belah umat
|
||
14.
|
Saya menghargai perbedaan dalam
kehidupan
|
||
15.
|
Saya selalu berusaha untuk adil
|
||
Jumlah (a,b)
|
|||
Jumlah skor
(ax2)+(bx1)
|
|||
Nilai ((Jml
Skor:30)x100)
|
Portofolio
·
Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
Tes
tulis
·
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (
al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’,al-‘adl dan al-akhiir )
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Jelaskan makna al-Kariim!
|
Al-karim artinya maha mulia
|
2.
|
Jelaskan makna al-Mu’min!
|
Al-mumin artinya maha memberi
keamanan
|
3.
|
Jelaskan makna al-Wakiil!
|
Al-wakiil artinya maha
menggantikan/mewakili
|
4.
|
Jelaskan makna al-Matiin!
|
Al-matiin artinya maha kokoh
|
5.
|
Jelaskan makna al-Jaami’!
|
Al-jami artinya maha
mengumpulkan
|
6.
|
Jelaskan makna al-‘Adl!
|
Al-adl artinya maha adil
|
7.
|
Jelaskan makna al-akhir!
|
Al-akhir artinya maha akhir/belakangan
|
Tes
lisan
·
Mempresantasikan hasil
diskusi
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|||||
2.
2
|
Amir
|
|||||
3.
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 –
79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru
PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag.
RPP KELAS X KURIKULUM 2013
ReplyDelete