Thursday 17 July 2014

PROFIL-KU



Ulin Nuha, itulah nama pemberian orangtuaku. Saya dilahirkan di Tuban Jawa Timur tanggl 1 Mei 1975. Tepatnya di Desa Banjarjo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. Saya mengenyam pendidikan mulai dari Teman Kanak Kanak (1981) kemudian melanjutkan pendidikan di SD Bulujowo 1 (1987). Untuk menambah pengetahuan agama, sore harinya saya belajar di Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Qulub Bulujowo (1988). Setelah itu di MTs Hasyimiyah Bulu (1990), kemudian melanjutkan ke Madrasah Aliyah Karangasem Paciran Lamongan sekaligus mondok di Pondok pesantrennya (1993).
Saya mulai kuliah tahun 1993 di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (wisuda 1998). Di sini, saya sempat aktif di berbagai organisasi, baik intra maupun ekstra kampus. Untuk intra saya pernah dipercaya menjadi wakil sekretaris Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Tarbiyah, juga di Lembaga Perotakan (LPO) sebuah lembaga yang consent dalam bidang keilmuan dengan berbagai macam diskusinya. Untuk Ekstra kampus, saya di PMII sebagai sekretaris Rayon Tarbiyah dan pernah menjadi salah satu pengurus PMII Komisariat Walisongo Semarang. Kemudian saya melanjutkan studi S.2 saya di kampus yang sama, yaitu di Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang (wisuda 2004).
Sesuai dengan Ijazah yang saya miliki, saya mengabdi di dunia pendidikan mulai dari TPQ Al Wahdah SD 01 Purwoyoso Ngaliyah Semarang (th 1996-2000), SD Islamic Center Semarang (sekarang menjadi SD Isrihati 2) (th 2000), MI Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus (th 2002-2013), Dosen Luar Biasa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (th 2003-2006). Dan dunia pendidikan yang sedang saya tekuni sampai sekarang adalah menjadi Guru Agama di SMA NU Al Ma’ruf Kudus (th 2005-sekarang), Dosen Agama di PGSD Universitas Muria Kudus (UMK) (th 2009-sekarang) dan Guru Agama Islam di SMA 1 Kudus (th 2014-sekarang)
Supaya idealisme saya tidak “terkubur” dan untuk meneruskan tradisi intelektual muslim, saya membuat beberapa tulisan yang telah dipublikasikan, yaitu “Studi Orientalisme dan Oksidentalisme (Pengaruhnya Terhadap Studi Islam) (dalam Jurnal Studi Islam, volume 02, Pebruari 2002, Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang), “Epistemologi Ibnu Khaldun dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam” (dalam Jurnal Studi Islam, volume 03, Pebruari 2003, Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang), “Dialog Dalam Shalat Jumat” (Harian Suara Merdeka, halaman IV, 13 Juni 2003), “Paradigma Keberagamaan Dalam Pendidikan Islam” (Majalah Rindang Depag Jawa Tengah, April 2003), “Beragama Inklusif (Sulusi Problem Keberagamaan Masa Depan)” (Majalah Rindang Depag Jawa Tengah, September, 2003), “Menuju Pendidikan Agama Yang Pluralis (Menyikapi Tahun Ajaran baru 2004/2005)” (Majalah Rindang Depag Jawa Tengah,Agustus, 2004). Disamping itu Saya membuat Bulletin Dwi Mingguan untuk kalangan pelajar dan umum. Buletin tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap keberagamaan masyarakat terutama pelajar yang masih sangat membutuhkan biimbingan dan sekaligus sebagai syiar agama Islam. Buletin tersebut baru saya mulai bulan Mei, dan sampai sekarang sudah terbit bebeapa edisi. Misalnya edisi pertama berjudul “Mengapa Aku Beragama Islam”, edisi kedua “Mengapa Aku Harus Shalat” dan sebagainya. Dan insya Allah semua karya tersebut sudah bisa di buka dan didownload melalui wbsite saya www.ulinnuhatuban.blogspot.com.









PROFIL
Nama                                      : Ulin Nuha
Tempat dan Tanggal Lahir    : Tuban, 1 Mei 1975
Alamat                                    : Demangan RT 02 RT 03 Kota Kudus Jawa Tengah
Motto Hidup                            : Jadilah Yang Terbaik, Tapi jangan Merasa Yang Paling Baik
Email                                       : ulinnuhazulfa@gmail.com
Website                                   : www.ulinnuhatuban.blogspot.com.
Riwayat Pendidikan
1982 – 1997                            : SD Bulujowo 1
1997 – 1990                            : Mts Hasyimiyah Bulu
1990 – 1993                            : MA Lamongan
1993 – 1998                            : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
2000 – 2004                            : Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang
Riwayat Mengajar
1996 – 2000                            : Guru TPQ Al Wahdah SD 01 Purwoyoso Ngaliyan Semarang
2002 – 2013                            : Guru MI NU Matholiul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus
2003 – 2006                             : Dosen Luar Biasa Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
2005 – Sekarang                     : Guru Agama Islam SMA NU Al ma’ruf Kudus
2009 – sekarang                     : Dosen Universitas Muria Kudus (UMK)
2014 – sekarang                     : Guru Agama Islam SMA 1 Kudus

Artikel Yang Telah Dipublikasikan

0 comments :

Post a Comment