Sunday 20 July 2014

RPP KELAS X KURIKULUM 2013 - SUMBER HUKUM ISLAM



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

DOWNLOAD

Nama Sekolah             : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh) /  Gasal
Materi Pokok              : Sumber Hukum Islam
Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit (4 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti   :
(K1)    : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,  ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)     :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)   :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.8  Memahami kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6  Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam.

C.      Indikator
1.    Peserta didik  menjelaskan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam    
2.      Peserta didik  menyebutkan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam  
3.      Peserta didik  menyebutkan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan  Ijtihad sebagai sumber   hukum Islam  
4.      Peserta didik  menyebutkan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an
5.      Peserta didik  menyebutkan macam-macam Al-Hadits    
6.      Peserta didik menjelaskan fungsi ijtihad sebagai sumber   hukum Islam 
7.      Peserta didik menjelaskan hasil ijtihad di masa lampau dan sekarang 


D.      Tujuan Pembelajaran
Melalui metode diskusi dan tanya jawab, peserta didik diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
2.    Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam.
3.    Menjelaskan kebenaran Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.    Mampu menyebutkan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan  Ijtihad sebagai sumber   Hukum Islam.
5.    Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Al-Hadits, dan  Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

E.       Materi Pembelajaran  
1.      Pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam   
2.      Kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber Hukum Islam 
3.      Fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan  Ijtihad sebagai sumber   Hukum Islam 
4.      Fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an
5.      Macam-macam Al-Hadits 
6.      Fungsi ijtihad sebagai sumber   hukum Islam 
7.      Hasil ijtihad di masa lampau dan sekarang 

F.     Model dan MetodePembelajaran
a.       Model Pembelajaran : Inkuiri
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik

G.      Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power Point, al-Qur’an Digital
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

H.      SumberBelajar
1.    Tafsir al-Quran dan buku-buku hadits
2.    Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3.    Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X

I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.         Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.        Memulai pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.         Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema al Qur’an sebagai sumber hukun Islam
d.        Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
e.         Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
f.         Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
g.        Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
-            Mencermati bacaan teks tentang kedudukan al-Quran,  
-            Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.   Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-            Mengapa  Al-Quran sebagai sumber hukum Islam?
-            Apa yang Anda pahami tentang Al-Quran?
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-            Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran sebagai sumber hukum Islam
-            Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran  sebagai sumber hukum Islam
-            Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran  di rumah.
d.   Mengasosiasi
-            Membuat kesimpulan tentang al Qur’an sebagai sumber hukum Islam.
e.     Mengkomunikasikan:
-            Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang sumber hukum Islam


100 menit
3.
Penutup
a.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang menguasasi materi
c.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikut
d.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
e.    Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam


25 menit

Pertemuan Ke 2

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.    Memulai pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema Hadits sebagai sumber hukum Islam
d.   Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
e.    Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
f.     Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
g.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.     Mengamati
-            Mencermati bacaan teks tentang kedudukan Hadits sebagai sumber hukum Islam
-            Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.   Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-            Mengapa  Hadits  sebagai sumber hukum Islam?
-            Apa yang Anda pahami tentang  Hadits?
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-            Peserta didik mendiskusikan makna Hadits  sebagai sumber hukum Islam
-            Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Hadits sebagai sumber hukum Islam
-            Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Hadits di rumah.
d.   Mengasosiasi
-            Membuat kesimpulan tentang Hadits  sebagai sumber hukum Islam.
e.     Mengkomunikasikan:
-            Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang Hadits  sebagai sumber hukum Islam




100 menit
3.
Penutup
a.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang menguasasi materi
c.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikut
d.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
e.    Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam


25 menit

Pertemuan Ke 3

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.     Memulai pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema ijtihad sebagai umber hukum Islam
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
e.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
f.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
g.     Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
-            Mencermati bacaan teks tentang kedudukan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-            Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.   Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-            Mengapa Ijtihad sebagai sumber hukum Islam?
-            Apa yang Anda pahami tenang Ijtihad ?
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-            Peserta didik mendiskusikan makna sebagai sumber hukum Islam
-            Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-            Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Ijtihad di rumah.
d.   Mengasosiasi
-            Membuat kesimpulan tentang ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
e.     Mengkomunikasikan:
-            Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

100 menit
3.
Penutup
a.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang menguasasi materi
c.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikut
d.   Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
e.    Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam


25 menit

Pertemuan Ke 4

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.    Memulai pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan tema macam-macam sumber hukum Islam.
d.   Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
e.    Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
f.     Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
g.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.     Mengamati
-            Mencermati bacaan teks tentang macam-macam sumber hukum Islam.
-            Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
b.   Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-            Mengapa  Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam?
-            Apa yang Anda pahami tentang macam-macam sumber hukum Islam.?
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-            Peserta didik mendiskusikan macam-macam sumber hukum Islam.
-            Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-            Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
d.   Mengasosiasi
-            Membuat kesimpulan tentang macam-macam sumber hukum Islam..
e.     Mengkomunikasikan:
-            Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang macam-macam sumber hukum Islam.

100 menit
3.
Penutup
f.     Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
g.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan menmberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang menguasasi materi
h.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikut
i.      Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
j.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam


25 menit


J.        Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Jenis                 : Perbuatan dan tulis
2.      Bentuk             : Produk
3.      Prosedur Penilaian :

No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu penilaian
1
Sikap
Non Tes (Pengamatan)
Proses KBM
2
Pengetahuan
Tes
Setelah KBM
3
Keterampilan
Non Tes (Pengamatan)
Di luar KBM

  1. Instrumen Tes
·      Tugas
-          Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).

·     Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-       Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·     Portofolio
-       Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

·     Tes tulis
-  Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan  uraian tentang  kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

·     Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya

Lembar Soal
1.    Tes Tulis

No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Apa pengertian al Qur’an itu secara bahaa dan istilah?
Al-Qur’an berasal dari kata qara’a, artinya membaca dan bentuk masdarnya qiraa’atan artinya bacaan.  Al-Qur’an adalah Firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. melalui Malaikat Jibril dengan lafad dan maknanya
2.
Apa pengertian al Hadis itu secara bahaa dan istilah?
Al-Hadits adalah Secara bahasa Hadis adalah baru, edangkan ecara istilah perkataan, perbuatan, dan keadaan Rasulullah saw. atau segala sesuatu yang bersumber dari Rsulullah saw.
( hadits Qauliyah, Fi’liyyah, dan Taqririyyah

3
Apa kedudukan Al-Qur’an. Dakam hukum Islam?

Al-Qur’an sebagai wahyu Allah swt. Merupakan sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam.

4.
Jelaskan empat fungsi al Hadits :

·      Merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Ql-Qur’an.
·      Merupakan penjelasan bagi hukum-hukum yang terkandung dalam Al-Qur’an.
·      Merupakan contoh keteladanan Rasulullah saw.
·      Menjadi tolok ukur bagi umat Islam dalam meneladani pelaksanaan huklum Islam.

5.
Jelaskan fungsi al Ijtihad :

Ijtihad sangat diperlikan untuk memecahkan berbagai persoalan hukum yang belum dijelaskan oleh Al-Qur’an dan hadist secara terperinci. Hal itu disebabkan adanya dua macam ayat Al-Qur’an. Ayat Al-Qur’an ada yang muhkamaat (samar) yang mungkin belum dijelaskan oleh hadist.


2.    Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1
Amar





2
Amir





3
Umar





Dst
Dst..........................







Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


 
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,                                                                      
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                            Guru PAI


Drs. H. SHodiqun, M.Ag.                                        Ulin Nuha, M.AgSUMBER

2 comments :

  1. alhadulillah terima kasih atas ilmu yang berbagi Pak guru, semoga bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete