PROGRAM TAHUNAN
NAMA SEKOLAH :
SMA NU Al Ma’ruf Kudus
MATA PELAJARAN :
Pendidikan Agama Islam
KELAS :
X
TAHUN PELAJARAN :
2013/2014
No
|
SMSTR
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
I
|
1. Memahami ayat-ayat Al Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai
khalifah di bumi
2. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang
keikhlasan dalam beribadah
3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui
pemahaman sifat-sifatNya dalam Asma’ul Husna
4. Membiasakan perilaku terpuji
5. Memahami sumber hukum Islam
6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam
membina umat periode Makkah
|
1.1. Membaca Q.S.Al Baqarah: 30, Q.S Al
Mukminun: 12-14, Q.S Adz Dzariyat: 56, Q.S An Nahl: 78
1.2.
Menyebutkan arti Q.S Al Baqarah: 30, Q.S Al Mukminun: 12-14, Q.S Adz
Dzariyat: 56, Q.S An Nahl: 78
1.3. Menampilkan perilaku sebagai
khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S Al Baqarah: 30, Q.S Al
Mukminun: 12-14, Q.S Adz Dzariyat: 56, Q.S An Nahl: 78
2.1.
Membaca Q.S Al An’am: 162-163 dan Al bayyinah: 5
2.2.
Menyebutkan arti Q.S Al An’am: 162-163 dan Al bayyinah: 5
2.3.
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S Al
An’am: 162-163 dan Al bayyinah: 5
3.1.Menyebtkan
10 sifat Allah dalam Asma’ul Husna
3.2. Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asma’ul Husna
3.3.Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asma’ul
Husna
4.1.Menyebutkan
pengertian perilaku husnudhan
4.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudhan terhadap Allah, diri sendiri dan
sesama manusia
4.3.Membiasakan
perilaku husnudhan dalam kehidupan sehari-hari
5.1.Menyebutkan
pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
5.2.
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3.Menerapkan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
6.1.Menceritakan
sejarah Rasulullah periode Makkah
6.2.
Mendiskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
|
6 Jam
6 Jam
6 Jam
4 Jam
6 Jam
4 Jam
|
JUMLAH
|
32 Jam
|
No
|
SMSTR
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
2
|
II
|
7. Memahami Ayat-Ayat Al Qur’an Tentang
Demokrasi
8. Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat
9. Membiasakan Perilaku Terpuji
10. Menghindari perilaku tercela
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan
wakaf
12. Memahami
keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
|
7.1. Membaca Q.S. Ali Imran: 159 Dan
Asy Syura 38
7.2.
Menyebutkan Arti Q.S. Ali Imran: 159 Dan Asy Syura 38
7.3.
Menampilkan Perilaku Hidup Demokratis Seperti Terkandung Dalam Q.S. Ali
Imran: 159 Dan Asy Syura 38 Dalam Kehidupan Sehari-Hari
8.1.
Menjelaskan Tanda-Tanda Beriman Kepada Malaikat
8.2.
Menampilkan Contoh-Contoh Perilaku Beriman Kepada Malaikat
8.3.
Menampilkan Perilaku Sebagai Cerminan Beriman Kepada Malaikat Dalam Kehidupan
Sehari-Hari
9.1.
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu
dan atau menerima tamu
9.2. Menampilkan
contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu
9.3.
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
10.1.Menjelaskan
pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
10.2.
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
10.3.Menghindari
perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
11.1.Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
11.2.Menyebutkan
contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
12.2.Menceritakan sejarah dakwah
Rasulullah periode Madinah
12.2.Mendeskripsikan
strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah
|
6 Jam
4 Jam
6 Jam
6 Jam
6 Jam
4 Jam
|
JUMLAH
|
32 Jam
|
|||
TOTAL
|
64 Jam
|
Kudus, Januari 2014
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru
Mata Pelajaran PAI
Drs.H.Shodiqun,M.Ag Ulin
Nuha, M.Ag.
0 comments :
Post a Comment