Friday, 4 May 2012

RPP PAI Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR’AN

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1
ALOKASI WAKTU              : 2 X 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI  :7.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
KOMPETENSI DASAR        :7.1 Membaca Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
INDIKATOR                         :
1. Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
2. Mampu mengidentifikasi Tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melatih  membaca dengan baik dan benar
2.      Mamapu mengidentifikasi bacaan tajwid
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Peduli Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Membaca Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38 
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi kelompok
3.      Pemberian tugas (porto folio)
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.    KEGIATAN AWAL
1.      Guru mengadakan appersepsi
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B.     KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang
a. Cara membaca satu kata dan satu kalimat dengan baik dan benar
b. Mengenal jenis-jenis bacaan tajwid
c. Mengetahui  hukum bacaan idhar, idgham, ikhfa’, iqlab dan qalqalah
d. Mendemonstrasikan  hukum bacaan idhar, ikhfa’, idgham, iqlab dan qalqalah
3. Melibatkan peserta didik secara aktif untuk mengidentifikasi hukum bacaan idhar, idgham, ikhfa’, iqlab dan qalqalah dalam Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Peduli Tanggung-jawab

Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang mengidentifikasi hukum bacaan idhar, idgham, ikhfa’, iqlab dan qalqalah dalam Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan menganalisis hukum bacaan tajwid secara ilmiah, menyeluruh, kreatif, dan inovatif
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami hukum bacaan tajwid
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Peduli Tanggung-jawab

Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami hukum bacaan tajwid
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksploarasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Gemar Membaca, Peduli Tanggung-jawab

B.     KEGIATAN AKHIR
1.      Peserta didik melaporkan hasil diskusi
2.      Guru memberikan penekanan dan kesimpulan hasil diskusi
3.      Peserta didik mengumpulkan tugas portofolio (tentang hukum bacaan)
V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      Buku tajwid



VI. PENILAIAN
1.      Bacalah dengan baik dan benar Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2.      Tulislah dalam portofolio bacaan idgham mutamatsilain, ikhfa’ syafawi dan idhar syafawi

No
Bacaan
Idgham mutamatsilain
Ikhfa’ syafawi
Idhar syafawi
Jumlah
1.
Q.S Ali Imran: 159




2.
Q.S Asy Syura: 38





JUMLAH














JUMLAH PEROLEHAN
 



X 100
 

NILAI
 


 


=
JUMLAH MAXIMUM
 
                       





Kudus,      Januari 2012
Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AL-QUR’AN

MATA PELAJARAN                                    : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                                    : X/2
PERTEMUAN KE                             : 2 dan 3
ALOKASI WAKTU                          : 4 X 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI              :7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
KOMPETENSI DASAR                   :
7.2. Menyebutkan arti Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
7.3. Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam Q.S Ali     Imran: 159 dan Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR : Peserta didik dapat :
1.      Menyebutkan arti mufrodat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2.      Menerjemahkan dengan benar Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
3.      Menyimpulkan kandungan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4.      Mengidentifikasi perilaku yang demokratis yang terdapat dalam Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
5.      Menunjukkan manfaat perilaku yang demokratis dalam masyarakat
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Mampu menyebutkan arti mufrodat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2.      Mampu menyebutkan arti kalimat/ayat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
3.      Mampu menyimpulkan isi kandungan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4.      Mampu mengidentifikasi perilaku demokratis yang terdapat dalam Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
5.      Mampu menunjukkan manfaat perilaku yang demokratis dalam masyarakat
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab


II. MATERI PEMBELAJARAN
Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38 
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Tanya jawab dan diskusi
2.      Penugasan individu dan portofolio
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1.      Guru mengadakan appersepsi dan menjelaskan SD serta KD
2.      Ketua kelas membagi kelompok diskusi
B. KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang mufrodat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38 dan menerjemahkan ayat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
3. Melibatkan peserta didik secara aktif untuk mengartikan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang mengartikan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan menerjemahkan surat dan ayat tersebut
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami terjemahan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Konfirmasi
1.      1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami arti Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

B. KEGIATAN INTI
2.      Peserta didik membaca bersama-sama Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
3.      Peserta didik menerjemahkan mufrodat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
4.      Peserta didik menerjemahkan ayat Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38
5.      Peserta didik mendiskusikan isi kandungan Q.S Ali Imran: 159 dan Asy Syura: 38, mendiskusikan tujuan, tata cara, serta larangan dalam bermusyawarah sebagai refleksi dari perilaku demokratis, daan mendiskusikan manfaat perilaku demokratis dalam masyarakat
6.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

C. KEGIATAN AKHIR
1.      Guru memberikan pelurusan dan penegasan materi
2.      Guru memberikan tugas mengerjakan BKS

V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      BKS
VI. PENILAIAN
1.      Penilaian individu
2.      Penilaian dalam bentuk subyektif tes
       



Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AQIDAH

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1
ALOKASI WAKTU              : 2 X 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI  : 8. Meningkatkan keimanan kepada malaikat
KOMPETENSI DASAR        : 8.1. Menjelaskan Tanda-Tanda Beriman Kepada Malaikat

INDIKATOR                            :
1. Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
2. Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
3. Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
3.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat
4.      Peserta didik mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
5.      Peserta didik mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat
6.      Peserta didik membaca ayat-ayat Al Qur’an tentang malaikat
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Malaikat dan tanda-tanda beriman kepada malaikat 
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah bervariasi (disertai tanya jawab)
2.      Penugasan individu
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
1.      Guru mengadakan appersepsi
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.      Guru menugaskan kepada peserta didik untuk mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
4.      Secara bersama-sama, peserta didik membaca ayat-ayat Al Qur’an tentang malaikat
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

B.  KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
3. Melibatkan peserta didik secara aktif untuk mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
4. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Elaborasi
1. Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
3. Memberi kesempatan untuk berpikir dan menganalisis mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya secara ilmiah, menyeluruh, kreatif, dan inovatif
4. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
5. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
6. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami mencari pengertian, nama-nama malaikat beserta tugasnya dan tanda-tanda beriman kepada malaikat serta nama-nama malaikat dan tugasnya
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksploarasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

C.  KEGIATAN AKHIR
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil diskusi
V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Al Hadits
3.      Buku PAI SMA kelas X
VI. PENILAIAN
            Tes lisan
1.      Malaikat malik dan ridwan tugasnya adalah.......
2.      Malaikat yang bertugas menanyai dalam kubur ialah.......
3.      Apakah pengertian beriman kepada malaikat?
4.      sebutkan tanda-tanda beriman kepada malaikat










JUMLAH PEROLEHAN
 



X 100
 

NILAI
 


 


=
JUMLAH MAXIMUM
 
                       


       


Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AQIDAH

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 2
ALOKASI WAKTU              : 2 X 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI  : 8. Meningkatkan keimanan kepada malaikat
KOMPETENSI DASAR        :
8.3. Menampilkan perilaku beriman kepada malikat dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR                            :
1. Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
2.  Mampu menampilkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
3. Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
2.      Peserta didik mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
3.      Peserta didik mampu menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Penugasan individu dan porto folio
2.      diskusi
3.      Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
1.      Guru menjelaskan SK dan KD yang harus dikuasai oleh peserta didik
2.      Guru menugaskan ketua kelas untuk membagi kelompok diskusi (1 kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

B.  KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
 3. Melibatkan peserta didik secara aktif untuk mencari tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
4. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Elaborasi
1. Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
3. Memberi kesempatan untuk berpikir dan menganalisis mencari tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.secara ilmiah, menyeluruh, kreatif, dan inovatif
4. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
5. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
6. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami tentang contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat, mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat dan  menyebutkan perbedaan orang yang beriman dan tidak beriman kepada malaikat.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksploarasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran

2.      Peserta didik mendiskusikan tentang contoh-contoh perilaku beriman 6. kepada malaikat
3.      Guru mengamati dan menilai kegiatan peserta didik

Karakter yang ingin dicapai :
                       
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

C.  KEGIATAN AKHIR
1.      Peserta didik melaporkan hasil diskusi dan mengumpulkannya
2.      Guru menyimpulkan dan menegaskan hasil diskusi
3.      Guru memberi tugas mengerjakan BKS

V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Al Hadits
3.      Buku PAI SMA kelas X
VI. PENILAIAN
Mengamati proses kerja peserta didik melalui lembar pengamatan


NO

NAMA
KEGIATAN PESERTA DIDIK
BERTANYA
MENJAWAB
MERESPON
a
b
c
a
b
c
a
b
c













           
            Mengamati perilaku peserta didik yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat


NO

NAMA
Perilaku Peserta didik Yang Mencerminkan Perilaku Beriman Kepada Malaikat
TAAT
HATI-HATI
SYUKUR
a
b
c
a
b
c
a
b
c

















Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran




Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AKHLAK

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU              : 4 X 45 Menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI  :     9. Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR     :
9.1.  Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
9.2.  Menampilkqn contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
9.3.  Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
INDIKATOR                            :
1. Peserta didik menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
2. Peserta didik menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
3. Peserta didik mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Membaca dan mengali dari buku sumber tentang pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu Peserta didik mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
2.      Memberikan contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
3.      Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
II. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian dan contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Penugasan individu dan portofolio
3.      Pemberian contoh
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
1.      Guru melekukan appersepsi
2.      Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok
3.      Penentuan materi diskusi:
a.       Kelompok 1 tentang adab dalam berpakaian
b.      Kelompok 2 tentang adab dalam berhias
c.       Kelompok 3 tentang adab dalam perjalanan
d.      Kelompok 4 tentang  adab dalam bertamu
e.       Kelompok 5 tentang adab dalam menerima tamu
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
B.  KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu, memberikan contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu serta Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
3. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan memahami Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami Membiasakan perilaku sesuai adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

   C.  KEGIATAN AKHIR
1.      Pelurusan dan penegasan hasil diskusi
2.      Peserta didik mengerjakan BKS
V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      BKS
VI. PENILAIAN
1.      Penilaian proses   : Individu dan kelompok
2.      Penilaian akhir     :
Ø      Aspek kognitif           : Memberikan tes tulis
Ø      Aspek afektif             : Memberikan soal tentang contoh perilaku
No
NAMA
SOAL
SKOR
Apabila berpakaian harus dapat menarik perhatian orang ,meski harus membuka aurat

STS

TS

S

SS








Keterangan:
  • STS (Sangat Tidak Setuju)     87-100 = A
  • TS (Tidak Setuju)                    75-86   = B
  • S (Setuju)                                60-74   = C
  • SS (Sangat Setuju)                  50-59   = D



Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK AKHLAK

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU              : 4 X 45 Menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI  :    10. Menghindari perilaku tercela
KOMPETENSI DASAR     :
10.1.  Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
10.2.  Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
10.3.  Menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR                            :
1. Peserta didik menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
2. Peserta didik menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
3. Peserta didik menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Membaca/ mengali dari buku sumber tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
2.      Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
3.      Mampu menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
4.      Mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Penugasan individu dan portofolio
3.      Tanya jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
1.      Guru melekukan appersepsi
2.      Peserta didik mambaca dan mencari pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

B.  KEGIATAN INTI
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
3. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan memahami tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami tentang pengertian hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi, menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dan mampu berprilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

C.  KEGIATAN AKHIR
1.      Pelurusan dan penegasan hasil diskusi
2.      Peserta didik mengerjakan BKS
V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      BKS
VI. PENILAIAN
1.      Penilaian proses   : Individu dan kelompok
2.      Penilaian akhir     :
Ø      Aspek kognitif           : Memberikan tes tulis
Ø      Aspek afektif             : Memberikan soal tentang contoh perilaku

No

NAMA
SOAL
SKOR
Di sekolah, Fena hanya mau berteman dengan teman gengnya yang terkenal cantik-=cantik dan kaya

STS

TS

S

SS








Keterangan:
  • STS (Sangat Tidak Setuju)     87-100 = A
  • TS (Tidak Setuju)                    75-86   = B
  • S (Setuju)                                60-74   = C
  • SS (Sangat Setuju)                  50-59   = D


Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK FIQIH

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1, 2 dan 3
ALOKASI WAKTU              : 2 x 45 Menit (3 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI  :11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji, wakaf
KOMPETENSI DASAR        :11.1.Menjelaskan perundang-undangan tentang haji
 11.2.Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan haji
 11.3.Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan haji
INDIKATOR                          : 1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian haji
  2. Peserta didik dapat menjelaskan syarat, rukun dan  wajib  haji
                                                  3. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan haji dan umrah
                                                  4.Peserta didik dapat menjelaskan rute perjalanan haji tamattu’ gelombang I dan II

I. TUJUAN PEMBELAJARAN      
1.      Membaca referensi dan mencari informasi serta mendiskusikan tentang haji
2.      Membaca referensi dan mencari informasi serta mendiskusikan tentang syarat, rukun, wajib dan yang membatalkan atau melarang haji
3.      Membaca referensi dan mencari informasi serta mendiskusikan tentang rute perjalanan haji gelombang I dan gelombang II
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Pelaksanaan ibadah haji dan ketentuannya

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Penugasan individu dan portofolio
3.      Tanya jawab
4.      Pemberian contoh
5.      Demostrasi

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL (5 menit)
1.      Guru melakukan appersepsi tentang ketentuan haji
2.      Guru menjelaskan KD dan indikator yang akan dicapai
3.      Ketua kelas membentuk kelompok diskusi
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
B.  KEGIATAN INTI (75 menit)
       Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik untuk menggali informasi tentang pengertian tentang haji
3. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang pengertian zakat, haji, wakaf
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan memahami tentang haji.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami pengertian tentang haji.
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami tentang haji.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

C.  KEGIATAN AKHIR (10 menit)
1.      Guru memberikan penyelaras akhir untuk melengkapi, merevisi dan memantapkan pencapaian hasil belajar

V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      Buku tentang haji dan masalahnya
4.      BKS
5.      Lapotop dan LCD untuk memutar rute perjalanan haji

VI. PENILAIAN
A.    Penilaian proses belajar (afektif) terlampir
B.     Penilaian hasil belajar (kognitif) terlampir

A.    Penilaian proses belajar (afektif)
NO
INDIKATOR
YA
TIDAK
1
2
3
4
5
6
7
8
Hadir tepat waktu
Aktif dalam diskusi
Aktif mengemukakan pendapat
Aktif  mengapresiasikan pendapat peserta didik lain
Ikut menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Mengerjakan tugas individu
Membantu dalam presentasi
Aktif mencatat hal-hal penting dalam pembelajaran


Kriteria penilaian:
«        Baik, apabila skor jawaban mencapai minimal 7
«        Cukup, apabila skor jawaban mencapai minimal 5
«        Kurang, apabila skor jawaban mencapai minimal 3
«        Sangat kurang, apabila skor jawaban kurang dari 3
B.     Penilaian hasil belajar (kognitif)
Memberikan tes tulis atau soal uraian dan praktik
1.      Sebutkan pengertian haji !
2.      Sebutkan syarat-syarat haji !
3.      Sebutkan 6 rukun haji !
4.      Sebutkan 7 wajib haji !
5.      Sebutkan pengertian haji ifrad, tamattu’ dan qiran !

Kunci jawaban :
              i.                                                      Berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan serangkaian ibadah sesuai dengan syarat, rukun dan waktu yang telah ditentukan
            ii.                                                      Islam, berakal, baligh, merdeka, ada bekal dan mampu (ilmu, kesehatan dan harta)
          iii.                                                      Ihram, wukuf, thawaf, sa’i, tahallul, tertib
          iv.                                                      Ihram dari miqat, mabit di muzdalifah, melempar jumrah aqabah, melempar ketiga jumrah, bermalam di mina, thawaf wada’ dan meninggalkan larangan haji.
            v.                                                      Ifrad à melakukan haji lebih dahulu kemudian umrah
Tamattu’ à mendahulukan umrah kemudian haji
Qiran à ibadah haji dan umrah secara bersama
Penilaian : Benar 1            skor = 20
                  Benar 2            skor = 40
                  Benar 3            skor = 60
                  Benar 4            skor = 80
                        Benar 5            skor = 100
Kudus,      Januari 2012
Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                           Guru Mata Pelajaran

Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                              Ulin Nuha, M.Ag
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ASPEK TARIKH

MATA PELAJARAN                        : Pendidikan Agama Islam
KELAS/ SEMESTER                        : X/2
PERTEMUAN KE                 : 1 dan 2
ALOKASI WAKTU              : 4 X 45 Menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI  :12.   Memahami keteladanan Rasullullah SAW dalam membina umat periode Madinah
KOMPETENSI DASAR     :12.1      Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
12.2.  Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
INDIKATOR                            :
1.      Mampu menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah
2.      Mampu menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah
3.      Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
4.      Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah
5.      Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
6.      Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
7.      Mampu menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik membaca buku sejarah dan berdiskusi tentang dakwah Rasulullah periode Madinah
2.      Peserta didik membaca buku sejarah dan berdiskusi tentang strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
3.      Peserta didik dapat meneladani sejarah dan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab

II. MATERI PEMBELAJARAN
Sejarah dan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi kelompok
2.      Tanya jawab
3.      Pemberian tugas
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.  KEGIATAN AWAL
1.      Pembentukan kelompok (4 kelompok)
2.      Penentuan materi diskusi
a.       Kelompok 1 tentang latar belakang hijrah Rasulullah ke Madinah
b.      Kelompok 2 tentang sejarah dakwah Rasulullsh periode Madinah
c.       Kelompok 3 tentang strategi dakwah Rasulullah periode Madinah
d.      Kelompok 4 tentang keberhasilan dan keteladanan yang diperoleh dari strategi dakwah Rasulullah periode Madinah


Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab
B.  KEGIATAN INTI
Eksplorasi
1. Memfasilitasi peserta didik melakukan pembagian kelompok diskusi
2. Melibatkan peserta didik menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah, menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah, menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah, Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah, meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah dan menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
3. Menginspirasi budaya interaktif antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran
5. Memberi semangat peserta didik dalam proses pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Elaborasi
Peserta didik mendiskripsikan semua kegiatan dalam proses pembelajaran
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas tentang koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah, menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah, menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah, Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah, meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah dan menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
2. Memberi kesempatan untuk berpikir dan memahami koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah, menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah, menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah, Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah, meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah dan menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
3. Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam memhami menunjukkan koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah, menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah, menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah, Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah, meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah dan menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
4. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan secara tertulis dan individu
5. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik dan penguatan dalam bentuk lisan / verbal terhadap keberhasilan peserta didik dalam memahami koleksi kisah-kisah perjuangan Rasulullah periode Madinah, menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah periode Madinah menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah, menunjukkan profil dakwah Rasulullah periode Madinah, Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah, meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah dan menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah dalam dakwahnya pada periode Madinah
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan kolaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi dan review terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
o       Berfungsi sebagai narasumber / fasiltator untuk menjawab peserta didik yang mengalami kesulitan
o       Membantu menyelesaikan masalah
o       Memberi acuan peserta didik untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi
o       Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
o       Memberi motivasi peserta didik yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran
Karakter yang ingin dicapai :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Cinta Damai, Gemar Membaca, , Peduli Sosial, Tanggung-jawab

   C.  KEGIATAN AKHIR
1.      Pelurusan dan penegasan hasil diskusi
2.      Peserta didik mengerjakan BKS
V. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR
1.      Al-Qur’an dan terjemahnya
2.      Buku PAI SMA kelas X
3.      Buku sejarah Islam
4.      BKS
VI. PENILAIAN
1.      Penilaian proses: Individu dsn kelompok
2.      Penilaian akhir (kognitif): Tes tulis




Kudus,      Januari 2012

Mengetahui                                                                
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                       Guru Mata Pelajaran



Drs. H.Shodiqun,M.Ag                                                          Ulin Nuha, M.Ag

               

0 comments :

Post a Comment