PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi |
7.1 Membaca QS Ali Imran: 159 dan
QS Asy Syura: 38
7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS
Asy Syura: 38
7.3 Menampilkan perilaku hidup demokratis
seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam
kehidupan sehari-hari
|
C1
C1
P2
|
·
Mampu membaca Q.S. Ali
Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·
Mampu mengidentifikasi
Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·
Mampu menyebutkan arti
Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·
Mampu menyimpulkan
kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·
Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.
·
Mampu menunjukkan
perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
·
Mampu menunjukkan
perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
C1
C1
C1
C1
C1
P2
P2
|
Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38
Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38
Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38
|
Al Qur’an
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
8.Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
8.2
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada Malaikat
8.3 Menampilkan perilaku
sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
C1
P1
|
·
Mampu menjelaskan
pengertian beriman kepada Malaikat
· Mampu menyebutkan
nama-nama malaikat beserta tugasnya
·
Mampu menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
·
Menjelaskan
contoh-contoh perilaku beriman kepada
Malaikat
·
Mampu menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
·
Mampu menampilkan
perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
·
Membedakan orang yang
beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
|
C1
C1
C1
C1
P2
C2
|
Beriman kepada Malaikat :
Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat
Beriman kepada Malaikat :
Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
Beriman kepada Malaikat :
Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat
|
Akidah
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
9.Membiasakan
perilaku terpuji.
|
9.1
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu
9.2
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
9.3
Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
|
C1
P1
P2
|
·
Menjelaskan pengertian
adab dalam berpakaian.
·
Menjelaskan pengertian
adab dalam berhias
·
Menjelaskan pengertian
adab dalam perjalanan.
·
Menjelaskan pengertian
adab dalam bertamu dan menerima tamu
·
Mampu menunjukkan contoh
adab dalam berpakaian.
·
Mampu menunjukkan contoh
adab dalam berhias.
·
Mampu menunjukkan contoh
adab dalam perjalanan
·
Mampu menunjukkan adab
dalam bertamu dan menerima tamu.
·
Mampu mempraktikkan
perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·
Mampu mempraktikkan
perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·
Mampu mempraktikkan
perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·
Mampu mempraktikkan
perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.
|
C1
C1
C1
C1
P2
P2
P2
P2
P1
P2
P2
P2
|
Pengertian:
Adab dalam berpakaian.
Adab dalam berhias
Adab dalam perjalanan
Adab dalam bertamu dan menerima tamu
Contoh-contoh adab dalam :
berpakaian
berhias
perjalanan
bertamu atau menerima
tamu.
Praktik adab dalam:
Berpakaian
Berhias
Perjalanan
Bertamu
dan atau menerima tamu.
|
Akhlak
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
10.Menghindari
Perilaku Tercela
|
10,1 Menjelaskan pengertian
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh
perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi.
10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
C1
C1
|
.
·
Mampu menjelaskan
pengertian hasad
·
Mampu menjelaskan
pengertian riya.
·
Menjelaskan pengertian
riya.
·
Menjelaskan pengertian
diskriminasi
·
Mampu menyebutkan
contoh perilaku hasad
·
Mampu menyebutkan
contoh perilaku riya
·
Mampu menyebutkan
contoh perilaku aniaya
·
Mampu menyebutkan
contoh perilaku diskriminasi
·
Mampu menghindari perilaku
hasad.
·
Mampu menghindari perilaku
riya.
·
Mampu menghindari perilaku
aniaya.
·
Mampu menghindari perilaku
diskriminasi.
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C1
P2
P2
P2
P2
|
.
Perilaku Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian
Aniaya
Pengertian Diskriminasi
Contoh-contoh perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
Diskriminasi
|
Akhlak
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
|
11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan
zakat, haji dan wakaf
11,2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat,
haji dan wakaf
11.3.Menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
C1
C1
P1
|
.
·
Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·
Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·
Menjelaskan
perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
·
Mampu menyebutkan contoh
pengelolaan zakat
·
Mampu menyebutkan contoh
pengelolaan haji
·
Mampu menyebutkan contoh
pengelolaan wakaf
·
Mampu menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·
Mampu menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·
Mampu menerapkan
ketentuan perundang-undangan tentang wakaf
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
P2
P2
P2
|
Perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat, Haji, Wakaf.
Contoh-contoh pengelolaan : Zakat
Haji,
Wakaf
Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan
: Zakat, Haji, Wakaf.
|
Fikih
|
2 x 45 menit
1 x 45 menit
1 x 45 menit
|
PEMETAAN STANDAR ISI
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Agama
Islam
KELAS/SEMESTER : X / Genap
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
SK
|
KD
|
Tahap
berpikir
|
INDIKATOR
|
Tahap
Berpikir
|
MATERI
POKOK
|
RUANG
LINGKUP
|
WAKTU
|
|
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
|
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
12.2
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
C1
C1
|
.
·
· Mampu
menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah
· Mampu
menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
· Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah.
· Mampu
meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
C1
C1
C1
P2
|
Keteladanan Rasulullah SAW:
- Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah
Keteladanan Rasulullah SAW:
- Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
|
Tarikh
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
gimana untuk bisa ngedownload
ReplyDelete