Friday 4 May 2012

Pemetaan Standar Isi PAI Genap


PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU



7. Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi














































7.1  Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38





7.2  Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38





7.3  Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari



C1








C1










P2













·        Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·        Mampu mengidentifikasi Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.

·        Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·        Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·        Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis.

·        Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
·        Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38

C1



C1




C1


C1



C1




P2



P2

Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38








Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38









Ali Imran : 159
Asy-Syura : 38
























Al Qur’an



















2 x 45 menit









2 x 45 menit










2 x 45 menit













































PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012


SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU



8.Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.












































8.1   Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat




8.2    Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari


C1








P1
























·       Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
·       Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
·       Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.

·       Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
·       Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat


·       Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
·       Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat

C1


C1



C1


C1







P2


C2


Beriman kepada Malaikat :
Tanda-tanda berimaan kepada Malaikat





Beriman kepada Malaikat :
Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat



Beriman kepada Malaikat :
Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat













      Akidah



















2 x 45 menit









2 x 45 menit







2 x 45 menit













































PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012


SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU



9.Membiasakan perilaku terpuji.









9.1    Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu

9.2    Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

9.3    Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari



C1











P1











P2











·   Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
·   Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
·   Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
·   Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu



·   Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
·   Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
·   Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
·   Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu.


C1


C1

C1

C1





P2

P2


P2


P2



P1


P2

P2


P2

Pengertian:
Adab dalam berpakaian.
Adab dalam berhias
Adab dalam perjalanan
Adab dalam bertamu dan menerima tamu



Contoh-contoh adab dalam :
berpakaian
berhias
perjalanan
bertamu atau menerima tamu.





Praktik adab dalam:
Berpakaian
Berhias
Perjalanan
Bertamu dan atau menerima tamu.

        Akhlak



















2 x 45 menit











2 x 45 menit












2 x 45 menit










































PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012


SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU




10.Menghindari Perilaku Tercela









  10,1 Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi



10.2        Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.


10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.



C1










C1























.

·         Mampu menjelaskan pengertian hasad
·         Mampu menjelaskan pengertian riya.
·         Menjelaskan pengertian riya.
·         Menjelaskan pengertian diskriminasi


·         Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

·         Mampu menghindari perilaku hasad.
·         Mampu menghindari perilaku riya.
·         Mampu menghindari perilaku aniaya.
·         Mampu menghindari perilaku diskriminasi.



C1

C1

C1


C1




C1

C1


C1



P2

P2

P2

P2



.
Perilaku Tercela :
Pengertian Hasad
Pengertian Riya
Pengertian Aniaya
Pengertian     Diskriminasi





Contoh-contoh perilaku tercela :
Hasad
Riya
Aniaya
Diskriminasi







     
Akhlak




















2 x 45 menit










2 x 45 menit









2 x 45 menit












































PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012


SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU



11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf









11.1  Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf



11,2  Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf


11.3.Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.



C1











C1









P1













.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.




·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf

·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf

C1


C1


C1






C1


C1

C1






P2


P2


P2


Perundang-undangan tentang pengelolaan :
Zakat,  Haji, Wakaf.








Contoh-contoh pengelolaan : Zakat
Haji, Wakaf







Ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan : Zakat, Haji, Wakaf.


          Fikih



















2 x 45 menit












1 x 45 menit







1 x 45 menit













































PEMETAAN STANDAR ISI

MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER           : X / Genap
TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012


SK

KD

Tahap berpikir

INDIKATOR

Tahap Berpikir

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

WAKTU




12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah






12.1  Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah

12.2  Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah



C1







C1






















.
·                     
·  Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah
·  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.

·  Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
·  Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.


C1


C1



C1


P2





Keteladanan Rasulullah SAW:
- Sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah


Keteladanan Rasulullah SAW:
- Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah


     Tarikh




















2 x 45 menit







2 x 45 menit









































1 comments :