IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARN : 2011 /2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sink antar sk/kd
|
Sinkronantar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
||||||
|
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi |
7.1 Membaca QS
Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
|
|
P Kn, PAI,
|
·
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan
benar.
·
Mampu
mengidentifikasi Tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik
dan benar.
|
Guru
- Menjelaskan tata cara membaca dengan fasih QS
Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
- Menjelaskan identifikasi tajwid QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
-Mempraktekkan bacaa tajwid QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
|
-Mengumpulkan bacaan tajwid tentang izhar safawi, ikhfa’
safawi dan idgham mutamatsilain
|
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan membuat
daftar mufradat
|
|
|
7.2 Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
|
|
|
·
Mampu
menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
· Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran;
159 dan Asy-Syura; 38
· Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri orang yang bersifat demokratis
|
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S. Ali Imran; 159 dan
Asy-Syura; 38
-Menjelaskan arti per-ayat Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Menterjemahkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Mendiskusikan kandungan arti Q.S. Ali Imran;
159 dan Asy-Syura; 38
|
-Menyimpulkan kandungan
Q.S. Ali Imran;
159 dan Asy-Syura; 38
|
-Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait dengan hukum
mim mati bertemu huruf hijaiyyah
|
|
|
7.3 Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS
Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
·
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali
Imran;159
· Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
|
Guru
-Mengidentifikasi
perilaku demokrasi sesuai Q.S. Ali Imran; 159 dan
Asy-Syura; 38
-Mempraktikkan
perilaku demokrasi sesuai Q.S. Ali Imran; 159 dan
Asy-Syura; 38
-Menunjukkan
perilaku demokrasi dalam kehidupan
sehari - hari
|
-Mendiskusikan dan mereview perilaku demokrasi
|
-Mengkliping tentang praktek demokrasi di Indonesia melalui media cetak dan internet
|
IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARN : 2011/2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sink antar sk/kd
|
Sinkronantar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
||||||
|
8.Meningkatkan keimanan kepada Malaikat |
8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
|
P Kn, PAI,
|
·
Mampu
menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
· Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
· Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Malaikat.
|
Guru
-Menjelaskan pengertian beriman pada malaikat
-Menjelaskan tanda-tanda beriman pada malaikat
|
-Mengumpulkan ayat tentang beriman pada malaikat
|
-Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun
iman
- Menyebutkan sepuluh malaikat beserta tugasnya
|
|
|
8.2
Menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat
|
|
|
·
Menjelaskan contoh-contoh perilaku
beriman kepada Malaikat
·
Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
|
Guru
-Menjelaskan contoh – contoh perilaku beriman pada malaikat
-Menampilkan contoh perilaku beriman pada malaikat
|
-Menyimpulkan kandungan ayat tentang beriman pada malaikat
|
-Meresume contoh perilaku beriman pada malaikat
|
|
|
8.3
Menampilkan perilaku
sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
·
Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
· Membedakan orang yang
beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
|
Guru
-Mengidentifikasi
perilaku beriman pada malaikat
- Memberikan
contoh perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman
|
-Mendiskusikan dan mereview perilaku sebagai orang yang
beriman pada malaikat
|
-Mengkliping tentang perilaku beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata
melalui media cetak dan internet
|
IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARN : 2011/2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sinkantar sk/kd
|
Sinkronisasi antar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
||||||
|
9. Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1
Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau
menerima tamu.
|
|
P Kn, PAI, Sosiologi
|
·
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
·
Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
·
Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
· Menjelaskan pengertian adab
dalam bertamu dan menerima tamu
|
Guru
-Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
-Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima
tamu
|
-Menyimpulkan tentang pengertian berpakaian islami
|
-Mengumpulkan
klippig tentang berpakaian islami dan pendapatnya masing-masing
|
|
|
9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian,
berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
|
|
|
·
Mampu
menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
·
Mampu
menunjukkan contoh adab dalam berhias.
· Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
·
Mampu
menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
|
Guru
-Mengidentifikasi adab dalam berpakaian, berhias, bertamu atau menerima
tamu
-Mempraktekkan adab dalam berpakaian, berhias, bertamu atau menerima tamu
-Menunjukkan perilaku dalam berpakain, berhias, bertamu dan menerima tamu
|
-Mengumpulkan contoh-contoh
berpakaian islami
|
-Mengumpulkan contoh kisah nyata tentang bepakaian
islami
|
|
|
9.3
Mempraktikkan adab
dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·
Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·
Mampu
mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu
|
Guru
-Mengidentifikasi
perilaku berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu
-Mempraktikkan
perilaku dalam berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu
-Menunjukkan
perilaku adab berhias, berpakaian, bertamu dan menerima tamu
|
-Mendiskusikan dan mereview perilaku adab berpakaian,
berhias,bertamu dan menerima tamu
|
-Mengkliping tentang perilaku berpakaian, berhias, brtamu dan menerima
tamu dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARN : 2011/2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sink antar sk/kd
|
Sinkronisasi antar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
|||||||
|
10.
Menghindari Perilaku Tercela
|
10.1 Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi
|
|
P Kn, PAI, Sosiologi
|
· . Mampu
menjelaskan pengertian hasad
·
Mampu
menjelaskan pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian riya.
·
Menjelaskan
pengertian diskriminasi
|
Guru
- Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi
- Menjelaskan identifikasi hasad, riya’, aniaya dan
diskriminasi
|
-Mengumpulkan macam- macam perilaku tercela
|
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan
membuat daftar sifat – sifat tercela
|
|
|
|
10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
|
|
|
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·
Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
|
Guru
- Menyebutkan contoh perilaku tercela dalam kehidupan sehari - hari
-Menjelaskan contoh-contoh perilaku hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi
dalam cerita di masyarakat
-Mendiskusikan tentang hasad,
riya’, aniaya dan diskriminasi
|
-Menyebutkan contoh perilaku
tercela dalam kehidupan sehari - hari
|
-Mengumpulkan macam-macam sifat tercela selain tersebut
di atas
|
|
|
|
10. .3 Menghindari
perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
·
Mampu
menghindari perilaku hasad.
·
Mampu
menghindari perilaku riya.
·
Mampu
menghindari perilaku aniaya.
·
Mampu
menghindari perilaku diskriminasi.
|
Guru
-Mengidentifikasi
perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
-Mempraktikkan
perilaku menghindari sifat hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi dalam
kehidupan sehari-hari
|
-Mendiskusikan dan mereview menghindari perilaku hasad,
riya’, aniaya dan diskriminasi
|
-Mengkliping tentang perilaku hasad, riya’ aniaya dan diskriminasi dalam
kehidupan nyata melalui media cetak dan internet
|
|
IDENTIFIKASI
SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARN : 2011/2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sinkantar sk/kd
|
Sinkronisasi antar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
||||||
|
11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf
|
11.1
Menjelaskan perundang-undangan
tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
|
|
P Kn, PAI, Sosiologi
|
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
|
Guru
- Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, pengelolaan
haji dan pengelolan wakaf
- Menjelaskan identifikasi tentang zakat, haji dan
wakaf
|
-Mengumpulkan kitab undang-undang tentang zakat, haji an
wakaf
|
-Peserta didik ditugasi mencari data tentang
pengelolan zakat, haji dan wakaf
|
|
|
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf
|
|
|
·
Mampu
menyebutkan contoh pengelolaan zakat
·
Mampu
menyebutkan contoh pengelolaan haji
·
Mampu
menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
|
Guru
-Menunjukkan contoh pengelola zakat (BAZIZ), rumah zakat, pengelola haji
(DEPAG) dan badan wakaf
|
-Mencari data tentang
pengelola zakat, pengelola haji, dan pengelola wakaf di daerah tempat tinggal
|
-Mengumpulkan data pengelola zakat, haji dan wakaf di
desa, kecamatan dan kabupaten
|
|
|
11.3
Menerapkan ketentuan
perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
|
|
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·
Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.
|
- Guru
-Mengidentifikasi
penerapan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
-Survey tempat
pengelola zakat, haji dan wakaf di daerah setempat
|
-Mendiskusikan dan mereview tentang pengelolaan zakat,
haji dan wakaf
|
-Mengkliping tentang penerapan ketentuan perundang-undangan
pengelolaan zakat, haji dan wakaf dalam kehidupan nyata melalui media cetak
dan internet
|
IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN
: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : X / GENAP
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
Minggu
ke
|
SK
|
Kompetensi Dasar
|
Sink
antar sk/kd
|
Sinkronisasi antar mapel
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Kegiatan Mandiri
|
|
.
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah
|
12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode
Madinah
|
|
P Kn, PAI, Sejarah
|
·
Mampu
menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
·
Mampu
menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.
|
Guru
-Menceritakan tentang sejarah dakwah Rasul periode
Mekkah
- Menjelaskan identifikasi profil dakwah Rasul periode
Madinah
|
-Mengumpulkan bacaan sejarah tentang dakwah Rasul
periode Madinah
|
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan meresume
sejarah dakwah Rasul periode Madinah
|
|
|
12.2
Mendeskripsikan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode
Madinah
|
|
|
·
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode
Madinah.
·
Mampu
meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
|
Guru
- Menjelaskan strategi dakwah Rasul periode Madinah
-Memberikan contoh strategi
keteladanan Rasul dalam dakwah periode Madinah
|
-Menyimpulkan strategi dakwah Rasul periode Madinah
|
-Mengkliping
strategi dakwah Rasul periode Madinah dari sumber yang ada
|
Kudus, Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al
Ma’ruf Kudus Guru Mapel
Drs.H.Shodiqun,M.Ag. Ulin
Nuha,M.Ag.
0 comments :
Post a Comment