Friday, 4 May 2012

Identifikasi SK/KD PAI Genap


                                                                         IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARN            : 2011 /2012

Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sink antar sk/kd
Sinkronantar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri

7. Memahami ayat-ayat   Al-Qur’an tentang Demokrasi



7.1  Membaca QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38


P Kn, PAI,

·        Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
·        Mampu mengidentifikasi Tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.


Guru
- Menjelaskan tata cara membaca dengan fasih  QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
- Menjelaskan identifikasi tajwid  QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38
-Mempraktekkan bacaa tajwid QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38



-Mengumpulkan bacaan tajwid tentang izhar safawi, ikhfa’ safawi dan idgham mutamatsilain
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan membuat daftar mufradat


7.2  Menyebutkan arti QS Ali Imran 159: dan QS Asy Syura: 38


·        Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·       Mampu menyimpulkan kandungan isi Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
·       Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang bersifat demokratis
Guru
- Menjelaskan arti perkata Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Menjelaskan arti  per-ayat Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Menterjemahkan arti  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Mendiskusikan  kandungan arti  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38

-Menyimpulkan kandungan
  Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38

-Mengumpulkan jenis bacaan tajwid terkait dengan hukum mim mati bertemu huruf hijaiyyah


7.3  Menampilkan perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38 dalam kehidupan sehari-hari



·        Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung Ali Imran;159
·      Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38
 Guru
-Mengidentifikasi perilaku demokrasi sesuai Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Mempraktikkan perilaku demokrasi sesuai Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38
-Menunjukkan perilaku demokrasi  dalam kehidupan sehari - hari
-Mendiskusikan dan mereview perilaku demokrasi
-Mengkliping tentang praktek demokrasi di Indonesia  melalui media cetak dan internet






















                                                                     
IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARN            : 2011/2012

Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sink antar sk/kd
Sinkronantar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri

8.Meningkatkan keimanan kepada Malaikat

8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat


P Kn, PAI,

·       Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat
·       Mampu menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya
·       Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.

Guru
-Menjelaskan pengertian beriman pada malaikat
-Menjelaskan tanda-tanda beriman pada malaikat


-Mengumpulkan ayat tentang beriman pada malaikat
-Peserta didik ditugasi menunjukkan enam rukun iman
- Menyebutkan sepuluh malaikat beserta tugasnya


8.2     Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat



·       Menjelaskan contoh-contoh perilaku  beriman kepada Malaikat
·       Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat
Guru
-Menjelaskan contoh – contoh perilaku beriman pada malaikat
-Menampilkan contoh perilaku beriman pada malaikat

-Menyimpulkan kandungan  ayat tentang  beriman pada malaikat
-Meresume contoh perilaku beriman pada malaikat


8.3     Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari



·        Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada malaikat.
·       Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat
Guru
-Mengidentifikasi perilaku beriman pada malaikat
- Memberikan contoh perbedaan antara orang yang beriman dan yang tidak beriman

-Mendiskusikan dan mereview perilaku sebagai orang yang beriman pada malaikat
-Mengkliping tentang perilaku  beriman pada malaikat dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet

                                                                        IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARN            : 2011/2012

Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sinkantar sk/kd
Sinkronisasi antar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri

 9. Membiasakan perilaku terpuji.

 

9.1     Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.


P Kn, PAI, Sosiologi

·   Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
·   Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
·   Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
·   Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu

Guru
-Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian  Menjelaskan pengertian adab dalam berhias
-Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu



-Menyimpulkan tentang pengertian berpakaian islami
-Mengumpulkan klippig tentang berpakaian islami dan pendapatnya masing-masing


9.2     Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.



·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam berhias.
·       Mampu menunjukkan contoh adab dalam perjalanan
·       Mampu menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.

Guru
-Mengidentifikasi adab dalam berpakaian, berhias, bertamu atau menerima tamu
-Mempraktekkan adab dalam berpakaian, berhias, bertamu atau menerima tamu
-Menunjukkan perilaku dalam berpakain, berhias, bertamu dan menerima tamu


-Mengumpulkan contoh-contoh berpakaian islami

-Mengumpulkan contoh kisah nyata tentang bepakaian islami


9.3     Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari



·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berpakaian
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam berhias
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam perjalanan
·          Mampu mempraktikkan perilaku yang baik dan benar dalam bertamu dan menerima tamu
Guru
-Mengidentifikasi perilaku berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu
-Mempraktikkan perilaku dalam berpakaian, berhias, bertamu dan menerima tamu
-Menunjukkan perilaku adab berhias, berpakaian, bertamu dan menerima tamu
-Mendiskusikan dan mereview perilaku adab berpakaian, berhias,bertamu dan menerima tamu
-Mengkliping tentang perilaku  berpakaian, berhias, brtamu dan menerima tamu dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet























                                                                        IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARN            : 2011/2012

Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sink antar sk/kd
Sinkronisasi antar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri

 10. Menghindari Perilaku Tercela
10.1      Menjelaskan pengertian  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi


P Kn, PAI, Sosiologi

·  .  Mampu menjelaskan pengertian hasad
·       Mampu menjelaskan pengertian riya.
·       Menjelaskan pengertian riya.
·        Menjelaskan pengertian diskriminasi


Guru
- Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi
- Menjelaskan identifikasi hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi




-Mengumpulkan macam- macam perilaku tercela
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan membuat daftar sifat – sifat tercela


 10.2  Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.



·         Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi

Guru
- Menyebutkan contoh perilaku tercela dalam kehidupan sehari - hari
-Menjelaskan contoh-contoh perilaku hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi dalam cerita di masyarakat
-Mendiskusikan  tentang hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
-Menyebutkan contoh perilaku tercela dalam kehidupan sehari - hari
-Mengumpulkan macam-macam sifat tercela selain tersebut di atas


10. .3    Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.



·         Mampu menghindari perilaku hasad.
·         Mampu menghindari perilaku riya.
·         Mampu menghindari perilaku aniaya.
·         Mampu menghindari perilaku diskriminasi.

Guru
-Mengidentifikasi perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
-Mempraktikkan perilaku menghindari sifat hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari

-Mendiskusikan dan mereview menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya dan diskriminasi
-Mengkliping tentang perilaku  hasad, riya’ aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet









































                                                                        IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARN            : 2011/2012

Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sinkantar sk/kd
Sinkronisasi antar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri


11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf


11.1  Menjelaskan   perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf




P Kn, PAI, Sosiologi

·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.


Guru
- Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, pengelolaan haji dan pengelolan wakaf
- Menjelaskan identifikasi tentang zakat, haji dan wakaf





-Mengumpulkan kitab undang-undang tentang zakat, haji an wakaf

-Peserta didik ditugasi mencari data tentang pengelolan zakat, haji dan wakaf


11.2  Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf



·       Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat
·       Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji
·       Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf
Guru
-Menunjukkan contoh pengelola zakat (BAZIZ), rumah zakat, pengelola haji (DEPAG) dan badan wakaf
-Mencari data tentang pengelola zakat, pengelola haji, dan pengelola wakaf di daerah tempat tinggal
-Mengumpulkan data pengelola zakat, haji dan wakaf di desa, kecamatan dan kabupaten


11.3    Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.



·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.

- Guru
-Mengidentifikasi penerapan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
-Survey tempat pengelola zakat, haji dan wakaf di daerah setempat

-Mendiskusikan dan mereview tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf
-Mengkliping tentang penerapan ketentuan perundang-undangan pengelolaan zakat, haji dan wakaf dalam kehidupan nyata melalui media cetak dan internet




























                                                                        IDENTIFIKASI SK/KD
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER              : X / GENAP
TAHUN PELAJARAN         : 2011/2012


Minggu
ke


SK

Kompetensi Dasar
Sink
antar sk/kd
Sinkronisasi antar mapel
Indikator
Kegiatan Pembelajaran

Tatap Muka

Tugas Terstruktur

  Kegiatan Mandiri


.
12. Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah


12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah


P Kn, PAI, Sejarah
·        Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
·       Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Madinah.

Guru
-Menceritakan tentang sejarah dakwah Rasul periode Mekkah
- Menjelaskan identifikasi profil dakwah Rasul periode Madinah



-Mengumpulkan bacaan sejarah tentang dakwah Rasul periode Madinah
-Peserta didik ditugasi mengulang materi dan meresume sejarah dakwah Rasul periode Madinah


12.2    Mendeskripsikan strategi dakwah  Rasulullah SAW periode Madinah



·       Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
·       Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Guru
- Menjelaskan strategi dakwah Rasul periode Madinah
-Memberikan  contoh strategi keteladanan Rasul dalam dakwah periode Madinah
-Menyimpulkan  strategi dakwah Rasul periode Madinah
-Mengkliping  strategi dakwah Rasul periode Madinah dari sumber yang ada

Kudus,   Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus                                       Guru Mapel



Drs.H.Shodiqun,M.Ag.                                              Ulin Nuha,M.Ag.






0 comments :

Post a Comment