KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) |
SMA NU AL MA'RUF
KUDUS |
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam |
|
|
Semester : Genap |
Kelas
: X (Sepuluh) |
|
|
Tahun
Pelajaran : 2011/2012 |
No |
STANDAR KOMPETENSI/ |
Kriteria ketuntasan Minimal |
KKM |
KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR |
Kompleksitas |
Daya Dukung |
Intake |
(%) |
7 |
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an |
|
|
|
|
|
tentang Demokrasi |
|
|
|
|
|
7.1 Membaca QS
Ali Imran: 159 |
|
|
|
|
|
dan QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
·Dapat
mengeja huruf yang terdapat |
75 |
80 |
75 |
77 |
|
terdapat dalam QS Ali Imran:
159 |
|
|
|
|
|
dan QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
·Dapat
melafalkan QS Ali Imran: 159 |
70 |
80 |
70 |
73 |
|
dan QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2 Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159: |
|
|
|
|
|
dan QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
·Dapat
mengartikan masing-masing |
70 |
75 |
70 |
72 |
|
kata dalam QS Ali Imran: 159
dan |
|
|
|
|
|
QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.3.Menampilkan
perilaku hidup |
|
|
|
|
|
demokratis seperti terkandung
dalam |
|
|
|
|
|
QS Ali Imran;159, dan QS Asy
Syura: 38 |
|
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
· Dapat
menunjukkan contoh perilaku |
75 |
80 |
75 |
77 |
|
hidup demokratis seperti
terkandung |
|
|
|
|
|
dalam QS Ali Imran;159, |
|
|
|
|
|
dan QS Asy Syura: 38 |
|
|
|
|
|
·Dapat
melakukan perilaku hidup |
70 |
80 |
70 |
73 |
|
demokratis seperti terkandung
dalam |
|
|
|
|
|
QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura:
38 |
|
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Meningkatkan keimanan
kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
8.1.Menjelaskan
tanda-tanda beriman |
|
|
|
|
|
kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
· Dapat
menjelaskan Iman |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
·Dapat
menjelaskan tanda-tanda |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
beriman kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.2.Menampilkan
contoh perilaku |
|
|
|
|
|
beriman kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
·Dapat
menunjukkan contoh-contoh |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
perilaku beriman kepada malaikat |
|
|
|
|
|
8.3.Menampilkan
perilaku sebagai |
|
|
|
|
|
cerminan beriman kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
di dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
·Dapat
menampilkan perilaku mulia |
70 |
80 |
70 |
73 |
|
sebagai cerminan iman kepada
Malaikat |
|
|
|
|
|
·Dapat membedakan
antara orang |
70 |
80 |
75 |
75 |
|
yang beriman dan orang yang |
|
|
|
|
|
tidak beriman kepada Malaikat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Membiasakan Perilaku
Terpuji |
|
|
|
|
|
9.1 Menjelaskan pengertian adab |
|
|
|
|
|
dalam berpakaian, berhias, bertamu, |
|
|
|
|
|
menerima tamu dan bepergian |
|
|
|
|
|
·Dapat
menyebutkan pengertian |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
adab dalam berpakaian,
berhias, |
|
|
|
|
|
bertamu, mdenerima tamu |
|
|
|
|
|
dan bepergian |
|
|
|
|
|
·
Dapat memahami pakaian atau |
75 |
80 |
75 |
77 |
|
busana muslim dan muslimah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.2. Menampilkan
contoh-contoh |
|
|
|
|
|
adab dalam berpakaian, berhias, |
|
|
|
|
|
bertamu, menerima tamu |
|
|
|
|
|
dan bepergian |
|
|
|
|
|
· Dapat
menunjukkan contoh-contoh |
75 |
75 |
70 |
73 |
|
adab dalam berpakaian,
berhias, |
|
|
|
|
|
bertamu,mdenerima tamu |
|
|
|
|
|
dan bepergian |
|
|
|
|
|
· Dapat
membedakan pakaian |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
muslim dan muslimah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.3.Mempraktekkan
adab dalam |
|
|
|
|
|
berpakaian, berhias, bertamu, |
|
|
|
|
|
menerima tamu dan bepergian |
|
|
|
|
|
·Dapat
mempraktekkan adab yang |
70 |
80 |
70 |
73 |
|
benar dalam dalam berpakaian, |
|
|
|
|
|
berhias, bertamu,mdenerima
tamu |
|
|
|
|
|
dan bepergian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
10. Menghindari
Perilaku Tercela |
|
|
|
|
|
10.1.
Menjelaskan pengertian hasad, |
|
|
|
|
|
riya, aniaya dan
diskriminasi |
|
|
|
|
|
·
Dapat menjelaskan pengertian |
75 |
80 |
75 |
77 |
|
hasad, riya dan aniaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.2. Menyebutkan
contoh-contoh |
|
|
|
|
|
perilaku hasad, riya, aniaya
dan |
|
|
|
|
|
diskriminasi |
|
|
|
|
|
· Menunjukkan
contoh perilaku |
70 |
75 |
70 |
72 |
|
hasad, riya dan aniaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.3. Menghindari
perilaku hasad, |
|
|
|
|
|
riya, aniaya dan diskriminasi
dalam |
|
|
|
|
|
kehidupan sehari-hari |
|
|
|
|
|
·
Menyebutkan cara-cara |
70 |
75 |
70 |
72 |
|
menghindari perilaku hasad,
riya |
|
|
|
|
|
dan aniaya |
|
|
|
|
11 |
11. Memahami Hukum
Islam |
|
|
|
|
|
Tentang Zakat, Haji dan Wakaf |
|
|
|
|
|
11.1 Menjelaskan perundang- |
|
|
|
|
|
undangan tentang pengelolaan
zakat, |
|
|
|
|
|
haji dan
wakaf |
|
|
|
|
|
·Siswa
dapat menjelaskan undang |
70 |
80 |
70 |
73 |
|
-undang
tentang zakat, haji, dan Wakaf |
|
|
|
|
|
11.2.Menyebutkan
contoh-contoh |
|
|
|
|
|
pengelolaan
zakat, haji dan wakaf |
|
|
|
|
|
· Mampu
menyebutkan contoh |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
pengelolaan zakat |
|
|
|
|
|
·
Mampu menyebutkan contoh |
75 |
85 |
75 |
78 |
|
pengelolaan
haji |
|
|
|
|
|
· Mampu
menyebutkan contoh |
70 |
75 |
70 |
72 |
|
pengelolaan
wakaf |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
12. Memahami
Keteladanan |
|
|
|
|
|
Rasulullah SAW. Dalam
Membina |
|
|
|
|
|
Umat periode Madinah |
|
|
|
|
|
12.1
Menceritakan sejarah dakwah |
|
|
|
|
|
Rasulullah periode Madinah |
|
|
|
|
|
· Dapat
menyebutkan arti hijrah. |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
·
Dapat menyebutkan tujuan |
75 |
75 |
75 |
75 |
|
Rasulullah berhijrah ke madinah |
|
|
|
|
|
· Dapat
menyebutkan peperangan |
75 |
80 |
75 |
77 |
|
yang terjadi ketika di Madinah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.1. Menceritakan
sejarah dakwah |
|
|
|
|
|
Rasulullah periode Madinah |
|
|
|
|
|
·Dapat menjelaskan
strategi dakwah |
75 |
80 |
70 |
75 |
|
Rasulullah di Madinah. |
|
|
|
|
|
·Dapat meneladani
strategi dakwah |
75 |
75 |
70 |
73 |
|
Rasulullah periode Madinah. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
75 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kudus, Januari 2012 |
|
|
|
|
|
|
Mengetahui |
|
|
|
|
Kepala SMA NU Al Ma'ruf Kudus |
|
Guru PAI |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Drs.H.Shodiqun,M.Ag |
|
Ulin Nuha,
M.Ag. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 comments :
Post a Comment