RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMA NU AL MA’RUF KUDUS
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Kontrol
diri, Prasangka baik dan Ukhuwah
Alokas Waktu : 9 X 45 Menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta
damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS.
Al-Hujurat (49) : ,
dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs),
prasangka baik (Husnuzzhan), dan
persaudaraan (al-Ukhuwah).
4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12,
dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.
C. Indikator PencapaianKompetensi
1. Menganalisis
isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs),
prasangka baik (Husnuzzhan), dan
persaudaraan (al-Ukhuwah).
3. Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS.
Al-Hujurat (49) : 12, dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.
D. TujuanPembelajaran
1. Menganalisis
isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10 ; serta hadits tentang
control diri (Mujahadah an- nafs), prasangka baik (Husnuzzhan) dan persaudaraan (al-Ukhuwah)
2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (Mujahadah an-nafs),
prasangka baik (Husnuzzhan), dan
persaudaraan (al-Ukhuwah).
3. Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 , dan QS.Al-Hujurat (49) : 10
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4. Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12,
dan QS. Al-Hujurat (49) : 10.
E.
Materi Pembelajaran
a.
Dalil al-Qur’an
-
QS. Al-Anfal (8) : 72
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang ber-iman dan berhijrah serta berjihad de-ngan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan
orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi perto-longan (kepada
Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada
kewajiban sedikit pun bagimu melin-dungi
mereka, sampai mereka berhij-rah. (Tetapi) jika mereka meminta
pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan
pertolongan kecuali ter-hadap kaum yang telah terikat perjan-jian antara kamu
dengan mereka. Dan Allah
Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
-
QS. Al-Hujurat/49 : 10
Artinya :
orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah
hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu
mendapat rahmat.
-
QS. Al-Hujurat/49 : 12
Artinya
: “Hai
orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena
sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang
dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang
suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik
kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima
taubat lagi Maha Penyayang”
b.
Hikmah Mujahadah An-Nafs (Kontrol Diri)
o
Tidak tergesa – gesa melakukan sesuatu.
Mujahadah al-nafs adalah perjuangan sungguh-sungguh atau jihad
melawan egoisme (nafsu
pribadi). Rasulullah bersabda :
قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا
الْجِهَادُ اْلأَكْبَرِ؟ قاَلَ اَلْجِهَادُ فِى النَّفْسِ
Artinya : “Telah kembalilah kita dari sebuah perlawanan yang kecil (perang
Badar dengan orang Kaum Kafir Quraisy waktu itu), menuju peperangan yang agung,
bertanyalah para sahabat: Ya Rasulallah, apa yang engkau maksudkan peperangan
yang besar, rasul menjawab: Perang melawan hawa nafsu”.
c. Hikmah Prasangka
Baik
1) Percaya diri
2) Meningkatkan focus.
3) Lebih sukses dalam hidup
4)
Akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.
d. Hikmah Ukhuwah
1) Mewujudkan persaudaraan,
2) Menjaga
persatuan dan kesatuan
3) Menebarkan
sifat rahmat bagi sesama manusia.
4) Hidup menjadi mudah.
F.
Model dan MetodePembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inkuiri
b.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, dan
Praktik
G.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : Lembar Kerja, Power
Point, al-Qur’an Digital
b. Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD
H. SumberBelajar
1. Tafsir al-Qur’an dan buku-buku
hadits
2. Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
3. Buku pegangan siswa PAI SMA/SMK kelas X
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10
menit)
4.
Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
5.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü
Mencermati kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
b. Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan kaidah tajwid dan
makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi kaidah tajwid dan
makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49): 10;
ü
Menganalisis kaidah tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10;
d. Asosiasi
Membuat
kesimpulan kaidah tajwid dan makharijul huruf
dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
e. Komunikasi.
ü Menpresentasikan kaidah tajwid dan
makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang kaidah
tajwid dan makharijul huruf dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat
(49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada
para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
20 menit
|
Pertemuan ke 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10
menit)
4.
Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
5.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü
Mencermati isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
b. Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji
yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12,
dan al-Hujurat (49): 10;
ü
Menganalisis isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10;
d. Asosiasi
Membuat
kesimpulan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
e. Komunikasi.
ü Menpresentasikan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang isi
kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat
(49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada
para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
Pertemuan ke 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
2.
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3.
Secara bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
4.
Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan
dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan
dicapai.
5.
Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
ü Menyimak bacaan Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10.
ü
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media pembelajaran
lainnya.
b. Menanya
ü Menanyakan tentang cara menghafal Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10,
ü Menanyakan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10, serta hadits terkait.
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji
yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49): 12,
dan al-Hujurat (49): 10;
ü
Menganalisis manfaat dan hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8):
72, prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49):
12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
d. Asosiasi
ü Membuat kesimpulan manfaat dan
hikmah kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72,
prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
e. Komunikasi.
ü Menpresentasikan manfaat dan hikmah
kontrol diri pada Q.S. al-Anfal (8): 72,
prasangka baik pada QS. al-Hujurat (49): 12, dan Ukhuwah
pada QS. al-Hujurat (49): 10;
ü Menyampaikan hasil diskusi tentang
manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8):
72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 serta hadits terkait.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49):
10 sebagai penutup materi pembelajaran;
ü Pendidik meminta agar para peserta
didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat
(49): 12, dan al-Hujurat (49): 10 dalam shalat;
ü Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
ü Pendidik mengucapkan salam kepada
para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
25 menit
|
J.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Tes (tulis)
NO.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Identifikasikan hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49): 10
|
|
2
|
Jelaskan isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. al-Anfal (8): 72, al-Hujurat (49):
12, dan al-Hujurat (49): 10
|
1)
Isi Kandungan Qs.
Al-Anfal:72 berisi perintah untuk hijrah dan berjihad.
2)
Isi Kandungan Qs. Al
Hujurat: 12 berisi larangan untuk berprasangka buruk, mencari kesalahan orang
lain dan menggunjing
3)
Isi Kandungan Qs. Al
Hujurat: 10 berisi perintah untuk saling bersaudara.
|
3
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah
an-nafs) !
|
Tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu
|
4
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan)
!
|
Terhindar dari berburuk sangka,
akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.
|
5
|
Jelaskan manfaat dan hikmah dari persaudaraan (ukhuwah) !
|
1) Mewujudkan persaudaraan,
2) Menjaga
persatuan dan kesatuan
3) Menebarkan
sifat rahmat bagi sesama manusia.
4) Hidup menjadi
mudah.
|
2.
Tes Lisan
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
|
NILAI
|
||
0 -100
|
0 – 100
|
0 – 100
|
||||
Kelancaran
|
Ketepatan
Tajwid
|
Irama
Tartil
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
·
Tugas : mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah);
·
Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah)
terhadap teman sejawat atau orang lain;
·
Portofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar
kerja dan diserahkan kepada pendidik).
Kudus, 3 Desember 2013
Mengetahui,
Kepala SMA NU Al Ma’ruf Kudus Guru
PAI
Drs. H. SHodiqun, M.Ag. Ulin
Nuha, M.Ag.
kenapa gak bisa didownload ya??
ReplyDeletegak ada link yg lain admin>??