Sunday 29 April 2012

Soal-soal Ke NU an


BADAN PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SUNAN DJA’FAR SHADIQ
SMA NU AL MA’RUF KUDUS
TERAKREDITASI  A
Alamat : Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No.2 ( 438939 Kudus * 59348
 


ULANGAN UMUM SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
                                                               LEMBAR SOAL                                
Mata Pelajaran          : Ke NU an
Kelas                           : X (Sepuluh)
Hari/Tanggal             : Selasa, 31 Mei 2011
Waktu                        : 11.45 – 13.15 WIB.
Petunjuk Umum :
1. Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor peserta.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab dengan menggunakan bolpoin.
3. Periksa dan baca dengan teliti petunjuk khusus dan soal sebelum menjawab.
4. Dahulukan menjawab soal-soal yang mudah.
5. Periksalah kembali pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Petunjuk Khusus :
A. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d atau e sebagai jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Lima elemen pondok pesantren yang dapat membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya adalah ….
a. kyai, kurikulum, masjid, kitab kuning
b. santri, asrama, kyai, kurikulum, ustadz
c. kurikulum, santri, asrama, majalah, pengurus
d. ustadz, asrama, masjid, kitab kuning, dana
e. kyai , santri, masjid, asrama, kitab kuning
2. Santri dibiasakan hidup dalam kesalehan ritual dan kyai sebagai peimpin yang kharismatik merupakan ciri dalam ….
a. pesantren kilat
b. pondok pesantren khalafi
c. pondok pesantren modern
d. pondok pesantren toriqot
e. pondok pesantren salafi
3. Metode yang digunakan kyai di pondok pesantren dengan cara membacakan, menterjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut …
a. Musyawarah                                          d. Jam'iyah
b. Bandongan                                            e. Taqrir
c. Mudarasah 
4. Salah satu nama Walisongo yaitu Syekh Maulana Malik Ibrahim dikenal sebagai sunan …
a. Sunan Bonang                                       d. Sunan Kalijaga
b. Sunan Muria                                          e. Sunan Gresik
c. Sunan Kudus
5. Firman Allah SWT. yang dijadikan dasar pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berdasarkan Tafaqqahu Fiddin adalah ….
a. Q.S. At Taubah : 194                            d. QS. Ali Imran : 122
b. QS. At Taubah 122                               e.  QS. Al Qashas : 77
c. QS. Al Hujurat : 11
6. Berdirinya NU merupakan peran dua tokoh yang kharismatik dalam perjuangannya demi kemashlahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan harkat martabat manusia, beliau adalah …
a. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mas Mansyur
b. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
c. KH. Hasyim ASy’ari dan KH. Ahmad Dahlan
d. KH. Bisri Syamsuri dan KH. Ridwan
e. KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Dahlan Ahyad

7. Sebelum NU lahir sebenarnya para ulama telah membentuk kelompok diskusi yang diberi nama ….
a. Tashwirul Wathon                                 d. Tashwirul Afkar
b. Nahdlatul Tujjar                                    e. Nahdlatul Wathon
c. Tashwirul Tujjar
8. Pada Muktamar yang ke-32 tahun 2010 dilaksanakan di …
a. Jakarta                                                   d. Medan
b. Semarang                                              e. Makasar
c. Surabaya
9. Ketua Umum terpilih pada Muktamar NU ke-32 di Makasar tahun 2010 adalah ….
a. KH. M.A. Sahal Mahfudz
b. KH. Wahid Hasyim
c. KH. Abdul Wahab Hasbullah
d. KH. Said Agil Siraj
e. KH. Ilyas Ruhyat
10. Pada masa penjajahan Belanda, Nahdlatul Ulama bersikap Non Cooperaion yang berarti….
a. tidak mau bekerja sama                         d. bersedia bekerja sama
b. bekerja sama dalam hal tertentu            e. menolak penjajahan
c. siap berperang
11. Muktamar Nahdlatul Ulama ke-II di Banjarmasin pada tahun 1936 memutuskan Indoensia sebagai….
a. Negara Kesatuan Republik Indonesia   d. Dar al Islam
b. Negara Federal                                      e. Dar al Um
c. Khilafah
12. Resolusi jihad yang dikeluarkan Nahdlatul Ulama pada tanggal 22 Oktober 1945 memberikan inspirasi lahirnya peristiwa….
a. Hari Pahlawan                                       d. Palagan Ambarawa
b. Sumpah Pemuda                                   e. Proklamasi Kenerdekaan
c. Pendidikan Nasional
13. Pemimpin Laskar Hizbullah dan Sabilillah adalah….
a. KH. Zainul Arifin dan KH. Masykur
b. KH. Zainul Arifin dan KH. Abdul Wahid Hasyim
      c. KH. Masykur dan KH. KH. Abdul Wahid Hasyim
d. KH. Masykur dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
e. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdul Wahid Hasyim
14. Laskar Hibullah dan Sabilillah dibentuk pada tanggal….
a. 11 Oktober 1944                                   d. 13 Oktober 1944
b. 12 Oktober 1944                                   e. 14 Oktober 1944
e. 11 Oktober 45
15. Tokoh Nahdlatul Ulama yang pernah ditahan oleh Jepang adalah….
a. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdul Wahid Hasyim
b. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Mahfudz Shiddiq
c. KH. Abdul Wahid Hasyim dan KH. Mahfudz Shiddiq
      d. KH. Abdul Wahid Hasyim dan KH. Ahmad Shiddiq
e. KH. Mahfudz Shiddiq dan KH. Ahmad Shiddiq
16. Nahdlatul Ulama ikut memprakarsai berdirinya Majelis Islam A'la Indonesia pada tahun….
a. 1935                                                      d. 1938
b. 1936                                                      e. 1939
c. 1937
17. Pada masa Jepang perjuangan diplomasi Nahdlatul Ulama dilakukan melalui….
a. MIAI                                                     d. Volksraad
b. Masyumi                                               e. Shumubu
c. Seikere
18. Piagam Jakarta yang dirumuskan oleh Panitia Sembilan ditandatangani pada tanggal….
a. 22 Juni 1945                                          d. 22 Juli 1945
      b. 23 Juni 1945                                          e. 23 Juli 1945
c. 21 Juni 1945
19. Tokoh Nahdlatul Ulama yang menjadi salah satu anggota Panitia Sembilan adalah….
a. KH. Hasyim Asy'ari                              d. KH. Abdul Wahid Hasyim
b. KH. Abdul Wahab Hasbullah               e. KH. Ahmad Shiddiq
c. KH. Cholil Bangkalan
20. Nahdlatul Ulama senantiasa berusaha memegang teguh prinsip Ukhuwah dan Tasammuh. Makna Ukhuwah dan Tasammuh adalah….
a. pesaudaraan dan toleransi                     d. persaudaraan dan bersikap adil
      b. saling menghargai dan menghormati    e. saling menghargai dan tepo seliro
c. persaudaraan dan keseimbangan
21. Nahdlatul Ulama merupakan Jam'iyyah Diniyyah Islaniyyah artinya….
a. organisasi keagamaan dan sosial kemsyarakatan
      b. organisasi keagamaan Islam
      c. organisasi keagamaan dan ekonomi
      d. organisasi keagamaan dan politik
e. organisasi Islam
22. Cita-cita keagamaan NU yaitu Izzul Islam wal Muslimin menuju Rahmatan Lil’alamin. Cita-cita tersebut sebagaiman firman Allah SWT dalam al Quran, yaitu ….
a. Surat al Baqarah ayat 30                       d. Surat al MAidah ayat 3
b. Surat An NAhl ayat 78                                     e. Surat al Mukminun ayat 12-14
c. Surat al Anbiya’ ayat 107
23. Pendiri Nahdlatul Wathan adalah….
      a. KH. Hasyim Asy'ari                              d. KH. Abdul Wahid Hasyim
      b. KH. Abdul Wahab Hasbullah               e. KH. Ridwan
      e. KH. Abdurrahman Wahid


24. Cikal bakal Nahdlatul Ulama dibidang pendidikan adalah….
      a. Nahdlatul Wathan                                 d. Syirkah Inan
      b. Nahdlatul Tujjar                                    e. Tashwirul Afkar
      e. Lajnatun Nashihin
25. Tujuan Nahdlatul Ulama dibidang ekonomi disebutkan dalam Anggaran Dassar pasal….
a. pasal 6 huruf a                                       d. pasal 6 huruf c
      b. pasal 6 huruf b                                      e. pasal 6 huruf d
c. pasal 5 huruf d
26. Inti dari usaha yang dilakukan Nahdlatul Ulama dibidang ekonomi adalah….
      a. adanya pemerataan kesempatan berusaha
      b. menciptakan lapangan kerja
      c. memberikan pelatihan kerja
      d. menyiapkan tenaga kerja siap pakai
      e. mencerdaskan bangsa
27. Lembaga Pendidikan Ma'arif yang diberi kewenangan Nahdlatul Ulama untuk mengatur pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama berdiri pada tanggal….
      a. 19 September 1929                               d. 21 September 1929
      b. 20 September 1929                               e. 23 September 1929
      c. 21 September 1929
28. 1. Adanya tahapan-tahapan materi keilmuan
2. Adanya hirarkhi kitab yang menjadi bahan kajian
3. Adanya metodologi pengajaran yang bervariasi
4. Adanya jaringan pesantren yang menggambarkan tingkatan pesantren
5. Adanya ilmu-ilmu agama saja
Yang termasuk tradisi keilmuan di pesantren adalah ….
a. 1, 2, 4, 5                                             d. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5                                             e. 1, 2, 3, 5
c. 1, 3, 4, 5
29. Nahdlatul Ulama menjadi peserta Pemilu pada tahun….
      a. 1955 dan 1971                                      d. 1971 dan 1978
      b. 1955 dan 1978                                      e. 1971 dan 1983
      c. 1955 dan 1983
30. Di bawah ini yang tidak termasuk tokoh reformasi adalah….
      a. KH. Abdurrahman Wahid                    d. Prof. DR. Amin rais
      b. Megawati Soekarno Putri                     e. Susilo Bambang Yudhoyono
      c. B.J. Habibie
31. Awal mulanya masa Reformasi ditandai dengan….
      a. runtuhnya orde lama  
      b. runtuhnya orde baru
      c. penyerahan kekuasaan dari Soekarno kepada Soeharto
      d. penyerahan kekuasaan dari Soeharto kepada KH. Abdurrahman Wahid
      e.  adanya demonstrasi
32. Qunut dalam shalat shubuh dilakukan….
      a. setelah mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat pertama
      b. setelah mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat kedua
      c. sebelum mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat pertam
      d. sebelum mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat kedua
      e. sebelum sujud dalam rakaat pertama
33  . Doa qunut yang dibaca pada shalat shubuh, menurut Imam Syafi'i hukumnya….
      a. wajib                                                      d. sunnah muakkad
      b. diperbolehkan                                       e. dipebolehkan waktu-waktu tertentu
      c. mubah
34. Qunut yang dibaca kaum muslimin dalam shalat fardlu ketika umat Islam menghadapi bahaya, wabah penyakit. Tantanga, bencana dan permusuhan dari orang-orang kafir, disebut….
      a. qunut subuh                                           d. qunut tarawih
      b. qunut witir                                            e. qunut Nazilah
      c. qunut sunnah
35. Apabila lupa membaca doa qunut pada shalat shubuh, yang harus dilakukan adalah….
      a. sujud syukur                                          d. sujud tilawah
      b. sujud sahwi                                           e. sujud besama-sama
      c. sujud sunnah
36. Dalam melakukan ziarah kubur perlu diperhatikan beberapa petunjuk, antara lain….
      a. ziarah dilakukan dengan penuh khidmat dan khusyu
      b. memakai pakaian serba putih
      c. memakai minyak wangi
      d. dilakukan secara bersama-sama
      e. membawa tasbih
37. Ziarah kubur sudah dilakukan sejak….
      a. masa Rasulullah SAW.                          d. masa tabi'it tabi'in
      b. masa sahabat e. masa ulama                  e. masa Walisongo
      c. masa tabi'in
38. Biasanya waktu yang dipilih untuk melaksanakan ziarah kubur adalah hari…
      a.kamis sore atau jumat pagi        
      b. Kamis sore atau jumat sore                   d. Jumat dan sabtu
      c. Jumat pagi atau jumat sore                    e. malam jumat dan malam sabtu
39. Pada masa awal Islam ziarah kubur sempat dilarang oleh Rasulullah SAW. Hal itu dimaksudkan….
      a. Mendoakan orang yang sedang meninggal dunia
      b. Bertawassul pada rasulullah SAW
      c. Menjaga akidah mereka yang belum kuat
      d. Mendapatkan barakah
      e.akidahnya sudah kuat
40. Di bawah ini yang tidak termasuk hikmah ziarah kubur, yaitu….
      a. mengingat akan alam akhirat                 d. meminta sesuatu pada ahli kubur
      b. berzuhud terhadap dunia                      e. mencari harta
      c. mengambil suri tauladan
B. Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
1. Jelaskan peran Nahdlatul Ulama pada masa penjajahan Jepang!
2. Lembaga di Nahdlatul Ulama yang berwenang mengelola pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama adalah LP Ma’arif. Kapan LP Ma’arif berdiri dan sebutkan Misi LP Ma’arif NU!
3. Nahdlatul Ulama merupakan organisasi keagamaan Islam. Sebutkan ciri keagamaan NU!
4. Nhdlatul Ulama akrab dengan budaya Ziarah Kubur. Bagaimana tata cara/petunjuk ziarah kubur?
5. Tulislah dalil tentang diperbolehkannya melakukan ziarah kubur beserta artinya!

4 comments :